IoT untuk Industri Perawatan Kesehatan

30 Agustus 2022

IoT untuk Industri Perawatan Kesehatan

Internet of Things (IoT) telah membawa transformasi besar dalam kehidupan kita dan terutama di sektor perawatan kesehatan. Sebagai hasil dari solusi IoT, fasilitas medis menjadi lebih pintar dalam operasi mereka. Selain itu, tingkat kompleksitasnya tidak lagi sama karena penggunaan IoT, yang hadir dengan berbagai peluang. 

Karena IoT dipengaruhi oleh teknologi canggih lainnya seperti Artificial Intelligence (AI), nirkabel 5G, dan Big Data, industri perawatan kesehatan akan mengalami transformasi total. Artikel ini akan membahas bagaimana IoT menguntungkan sektor perawatan kesehatan dan beberapa contoh solusinya. 

Manfaat IoT dalam industri perawatan kesehatan

Memperkenalkan IoT ke perawatan kesehatan hadir dengan beberapa keuntungan. Di bawah ini adalah beberapa yang paling penting: 

  1. Hasil perawatan yang lebih baik: Perangkat medis IoT mengumpulkan data yang sangat akurat. Untuk alasan itu, praktisi dan fasilitas kesehatan dapat membuat keputusan yang tepat dengan meminimalkan kemungkinan kesalahan. Setelah pasien mengunjungi rumah sakit, informasi mereka dengan cepat diunggah dan dikirim ke platform cloud atau dokter. 
  2. Mengurangi biaya: Dengan bantuan perangkat IoT, pasien yang keluar dari bahaya tidak harus tinggal di rumah sakit. Perangkat ini dapat memantau kondisinya dan mengirimkan informasi penting ke fasilitas kesehatan. Ini berarti lebih sedikit hari di rumah sakit dan kunjungan praktisi, mempersempit beberapa biaya. 
  3. Manajemen obat yang lebih baik: Proses mengeluarkan pasien dengan obat-obatan otomatis, berkat aplikasi medis IoT. Seorang praktisi kesehatan dapat mengetahui dari jarak jauh apakah seorang pasien telah menggunakan narkoba; jika tidak, mereka selalu dapat diingatkan tentang hal itu. 
  4. Peningkatan kewaspadaan staf rumah sakit: Manfaat IoT terbesar lainnya adalah pasien dapat mencari bantuan segera dari perawatan medis secara real-time. Misalnya, dokter dan perawat dapat bekerja di luar kemampuan mereka selama pandemi dengan menggunakan alat IoT untuk memantau puluhan pasien. 

Contoh solusi IoT perawatan kesehatan

IoT tidak hanya terbatas pada gelang dan jam tangan pintar yang memantau detak jantung kita. Ini juga memberikan solusi kelas atas untuk masalah perawatan kesehatan Anda. Mari kita lihat aplikasi IoT yang paling umum di berbagai fasilitas medis. 

➢ Perangkat wearable medis IoT membantu pasien berbasis rumah dan orang tua untuk berkomunikasi dengan fasilitas kesehatan secara real-time. Selain itu, dokter dapat melacak status kesehatan pasien dan segera merespons. 

➢ Fasilitas kesehatan dengan IoT menawarkan keamanan tingkat lanjut melalui pintu keamanan berkemampuan ID dan kamera keamanan video. Akibatnya, ada ancaman yang diminimalkan dan keberangkatan dan masuk yang tidak sah. 

➢ IoT memungkinkan praktisi untuk mengunggah informasi pasien ke cloud dari rumah atau ambulans selama keadaan darurat. 

➢ Penyandang cacat menggunakan kursi roda pintar yang sepenuhnya otomatis melalui IoT. Misalnya, mereka menampilkan teknologi penginderaan multi-mode yang memastikan pemosisian dilakukan tepat waktu. Selain itu, IoT memungkinkan kursi roda pintar untuk mengirimkan data secara real-time. 

➢ Rumah sakit pintar dengan sistem IoT mengurangi sebagian besar kompleksitas yang dialami oleh petugas medis. Sistem ini mengumpulkan data pasien dan memeriksa kondisi mereka, termasuk suhu tubuh, laju pernapasan, detak jantung, dll. 


Dari peristiwa baru-baru ini, IoT memiliki masa depan di industri perawatan kesehatan karena banyak manfaat dan solusinya. Selain itu, ia hadir dengan teknologi raksasa seperti Big Data, 5G, dan AI yang mengangkat sektor perawatan kesehatan menjadikannya tempat yang lebih baik.


Apakah informasi ini membantu?

Artikel Terkait

15 September 2022
IoT untuk meningkatkan efisiensi tempat kerja

Saat ini, Internet of Things (IoT) telah mengubah setiap aspek kehidupan kita, dari cara kita berinteraksi hingga cara kita bekerja. Ini memungkinkan orang untuk bekerja sama dengan bantuan teknologi, yang mengarah pada peningkatan produktivitas.

Read More...

Artikel Populer

15 April 2022
Apakah Cloud Lebih Aman dan Lebih Aman?

Read More...