IoT untuk Kelestarian Lingkungan

21 September 2022

IoT untuk Kelestarian Lingkungan

Saat ini, pertumbuhan teknologi banyak terkait dengan perawatan lingkungan. Inovasi seperti IoT memiliki banyak potensi untuk membuat masyarakat melindungi lingkungan.

Berbagai sektor mendapatkan keuntungan dari kasus penggunaan IoT untuk perawatan lingkungan. Posting ini akan melihat bagaimana IoT membantu mempertahankan lingkungan, aplikasinya, dan kasus penggunaan dalam mempertahankan lingkungan.

Cara IoT membantu dengan Kelestarian Lingkungan

IoT hadir untuk membantu melindungi lingkungan bahkan ketika teknologi terus berkembang dengan cara ini.

1. Efisiensi Energi

Sistem dan perangkat IoT membantu perusahaan dan pemerintah bertanggung jawab atas penggunaan energi. Ini bisa melalui pelaporan otomatis tentang penggunaan energi, pengumpulan data besar, dan analisis konsumsi daya. Selain mengurangi banyak pemborosan energi, IoT membantu perusahaan menciptakan energi terbarukan dengan cepat.

2. Lebih Sedikit Jejak Karbon

Kenaikan kadar karbon di atmosfer menyebabkan banyak pemanasan global. Akan ada lebih sedikit tingkat karbon di udara menggunakan sensor IoT dan teknologi analisis data seperti CarbFix. Data yang dikumpulkan perangkat membantu dalam membuat keputusan yang tepat dalam mengurangi kadar karbon.

3. Pengecekan limbah elektronik

Perusahaan menghabiskan banyak sumber daya untuk mengelola limbah elektronik. Namun melalui teknologi IoT, perusahaan dapat memiliki perangkat ramah lingkungan untuk memantau status kesehatan perangkat keras. Itu karena sistem pemantauan cerdas yang mengurangi tingkat limbah elektronik.

4. Pengawetan Air

Menghemat dan mengawetkan air adalah salah satu cara utama IoT membantu dunia. Melalui IoT dan Artificial Intelligence (AI), ada pengumpulan sampah yang tepat di badan air. Selain itu, mudah untuk mencatat atau memprediksi aktivitas ilegal yang mengurangi kualitas air.

5. Pertanian Produktif

Pertanian adalah salah satu faktor tulang punggung banyak negara. Kegiatan pertanian yang cerdas dan berbasis data mempromosikan kesehatan tanaman dan hewan serta status tanah dan mengurangi emisi gas rumah kaca.

Aplikasi IoT yang Menjaga Lingkungan

Berikut adalah tujuh aplikasi IoT terbaik yang dapat membantu melindungi lingkungan.

❖ Energi Cerdas

Saat ini, bisnis menggunakan perangkat IoT untuk mengelola rantai pasokan listrik mereka. Sistem manajemen pintar mengurangi uang yang dihabiskan untuk pelepasan energi dan karbon. Selain itu, data yang dikumpulkan perangkat membantu perusahaan mencapai kelestarian lingkungan.

❖ Pengelolaan Sampah Cerdas

IoT menggunakan sensor nirkabel untuk mengurangi masalah pengumpulan sampah dan sampah. Di sini, pengelola fasilitas sampah mengakses data real-time tentang sampah. Ini membantu mereka merencanakan cara membuang limbah tanpa merusak lingkungan.

❖ Manajemen Armada

Meningkatnya jumlah kendaraan menyebabkan peningkatan emisi karbon (IV) oksida. Sensor IoT dalam armada memberikan informasi penting tentang berbagai mobil. Ini membantu dengan perencanaan rute yang tepat, memelihara mobil, dan meningkatkan moral jalan.

❖ Pemantauan Air Cerdas

Melalui sensor IoT dan koneksi nirkabel, pihak berwenang dapat mengumpulkan data dari tempat air. Selain itu, sensor mendeteksi kebocoran dan menghindari pemborosan air.

❖ Pertanian Cerdas

Di sini, IoT menyediakan sistem pertanian cerdas untuk mempertahankan dunia hijau. Petani juga dapat mengumpulkan data tentang praktik pertanian. Jadi, mereka akan tahu lebih banyak tentang kondisi yang dapat mempengaruhi kesehatan tanaman dan hewan.

Kasus Penggunaan Pemantauan Lingkungan IoT

Mari cari tahu kasus penggunaan terbaik tentang bagaimana IoT melindungi lingkungan.

1. Pemantauan Kualitas Air

Melalui sistem pemantauan air pintar, perusahaan dapat menguji sumur air. Teknologi ini membantu mereka melihat kontaminan, oksigen, dan tingkat pH. Pada akhirnya, itu untuk kepentingan kesehatan masyarakat.

2. Memeriksa Kualitas Udara

Berbagai industri dan mesin melepaskan gas dan bahan kimia berbahaya ke udara. IoT memberi kota-kota wawasan untuk membuat mekanisme perencanaan yang benar untuk mengurangi emisi. Beberapa tempat menggunakan IoT untuk mengelola lalu lintas dan mengurangi polusi udara.

3. Pantau Daya

IoT hadir untuk membantu mengurangi kasus pemborosan energi di perusahaan. Selain itu, teknologi IoT menyediakan alat manajemen dan rencana untuk meningkatkan penggunaan energi.

4. Mendeteksi Gas Beracun

Perusahaan menggunakan perangkat dan sistem IoT pintar untuk meningkatkan kualitas udara di atmosfer. Menjadi mudah untuk mengetahui gas-gas berbahaya sebelum mereka menyebabkan bahaya lebih lanjut bagi orang-orang. Perangkat IoT mendeteksi dan memberikan peringatan dini dan kunci ke sistem untuk mengambil langkah-langkah keamanan yang diperlukan.

 

Teknologi seperti IoT sangat berdampak pada dunia yang lebih hijau dan aman. Pemerintah dan perusahaan sekarang mengadopsi berbagai praktik hijau menggunakan perangkat dan sistem IoT. Juga, mereka berinvestasi lebih banyak di IoT untuk melindungi lingkungan. Anda dapat menghubungi kami di WhatsApp di +62 821-4749-4005 untuk mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana IoT membantu menjaga lingkungan lebih hijau.


Apakah informasi ini membantu?

Artikel Populer

15 April 2022
Apakah Cloud Lebih Aman dan Lebih Aman?

Read More...