Istilah dalam CPaaS yang Perlu Anda Pahami

13 Mei 2022

Istilah dalam CPaaS yang Perlu Anda Pahami

Communications Platform as a Service (CPaaS) mengacu pada platform berbasis cloud yang menyederhanakan integrasi layanan komunikasi omnichannel menggunakan teknologi Application Program Interface (API) dan Software Development Kits (SDK) yang akan memungkinkan pengembang untuk membangun aplikasi khusus tanpa memulai dari awal. Memahami kompleksitas teknologi yang muncul ini, penting untuk meninjau istilah-istilah kunci seputar CPaaS untuk memutuskan strategi komunikasi dan peta jalan teknologi yang akan Anda terapkan dalam bisnis Anda.

Menghadirkan fitur komunikasi dengan Application Program Interface (API)

API adalah singkatan dari Application Program Interface, yang merupakan teknologi yang memungkinkan berbagai fitur untuk diintegrasikan ke dalam sistem bisnis atau aplikasi dengan mengekspos program perangkat lunak yang ditunjuk dan memungkinkan untuk berkomunikasi satu sama lain. API adalah salah satu elemen kunci dalam CPaaS yang memungkinkan perusahaan untuk memiliki platform komunikasi terintegrasi dari berbagai saluran yang berbeda, termasuk SMS, email, video, pesan push dalam aplikasi, dan media sosial untuk berkomunikasi dengan lebih baik dengan karyawan dan pelanggan. Ada dua jenis API, yaitu API pribadi dan publik. API pribadi adalah teknologi internal yang digunakan oleh pengembang perusahaan untuk meningkatkan produk dan layanan Anda tetapi tidak tersedia untuk digunakan oleh pelanggannya. Sementara API publik dapat digunakan oleh siapa saja tanpa batasan.

Buat aplikasi khusus untuk platform tertentu dengan Kit Pengembangan Perangkat Lunak (SDK)

Software Development Kits (SDK) adalah kumpulan alat pengembangan perangkat lunak dalam satu paket yang dapat diinstal. Mereka memudahkan pembuatan aplikasi dengan memiliki compiler, debugger dan mungkin kerangka kerja perangkat lunak. SDK dapat digunakan tidak hanya untuk aplikasi seluler tetapi juga sehubungan dengan situs web dan platform digital lainnya. Terdiri dari API, sampel kode, dan panduan untuk pengembang, SDK memungkinkan pengembang untuk membuat alat baru secara efisien karena banyak komponen yang sudah dibuat sebelumnya. Menggunakan SDK dalam teknologi CPaaS Anda, ini akan membantu perusahaan Anda mengelola strategi komunikasi dan peta jalan teknologi Anda secara efisien. SDK akan memungkinkan integrasi yang lebih cepat dengan biaya yang lebih rendah dan harga yang kompetitif, namun fleksibel.

Mengoptimalkan saluran dengan kemampuan Omnichannel

Omnichannel adalah strategi konten lintas saluran yang digunakan perusahaan untuk meningkatkan pengalaman pengguna dan mendorong hubungan yang lebih baik dengan pelanggan di seluruh titik kontak. Omnichannel berarti integrasi dan orkestrasi saluran sehingga pengalaman keterlibatan efisien dan lebih baik daripada menggunakan saluran tunggal secara terpisah. Komunikasi omnichannel penting karena dapat membantu Anda mengoptimalkan saluran yang tersedia, menggabungkan interaksi online dan offline, dan memungkinkan Anda memenuhi kebutuhan audiens yang lebih beragam. Bisnis yang ingin mendapatkan manfaat omnichannel dapat mengadopsi CPaaS karena dirancang untuk membantu membuka nilai sebenarnya dari omnichannel.

Memahami istilah-istilah seperti Application Program Interface (API), Software Development Kits (SDK), dan Omnichannel, Anda akan memiliki kejelasan lebih lanjut tentang apa manfaat CPaaS dapat membawa ke bisnis Anda. Menerapkan CPaaS Indonesia dalam bisnis Anda, Anda akan dapat meningkatkan pengalaman pelanggan Anda sambil membawa kemampuan komunikasi yang aman dan andal dengan skalabilitas dan kelincahan kepada perusahaan dengan mudah. Teknologi ini juga dapat membantu Anda membuka lebih banyak peluang di masa depan dan membantu bisnis Anda tumbuh.

Apakah informasi ini membantu?

Artikel Terkait

Invalid date
CPaaS: Cara Membuatnya Lebih Pribadi

Personalisasi akan menjadi pendorong utama kesuksesan pemasaran dalam waktu lima tahun. Inovasi dan kemajuan teknologi, data, dan analitik akan segera memungkinkan bisnis untuk mengembangkan banyak pengalaman pelanggan pribadi di seluruh saluran.

Read More...

Artikel Populer

15 April 2022
Apakah Cloud Lebih Aman dan Lebih Aman?

Read More...