BerandaArtikelIstilah dalam CPaaS yang Perlu Anda Pahami
article-image

10 September 2020

Istilah dalam CPaaS yang Perlu Anda Pahami

Communications Platform as a Service (CPaaS) mengacu pada platform berbasis cloud yang menyederhanakan integrasi layanan komunikasi omnichannel menggunakan teknologi Application Program Interface (API) dan Software Development Kits (SDK) yang akan memungkinkan pengembang untuk membangun aplikasi khusus tanpa memulai dari awal. Memahami kompleksitas teknologi yang muncul ini, penting untuk meninjau istilah-istilah kunci seputar CPaaS untuk memutuskan strategi komunikasi dan peta jalan teknologi yang akan Anda terapkan dalam bisnis Anda.

Menghadirkan fitur komunikasi dengan Application Program Interface (API)

API adalah singkatan dari Application Program Interface, yaitu teknologi yang memungkinkan berbagai fitur untuk diintegrasikan ke dalam sistem bisnis atau aplikasi dengan mengekspos program perangkat lunak yang ditunjuk dan memungkinkan untuk berkomunikasi satu sama lain. API adalah salah satu elemen kunci dalam CPaaS yang memungkinkan perusahaan memiliki platform komunikasi terintegrasi dari berbagai saluran yang berbeda, termasuk SMS, email, video, pesan push dalam aplikasi, dan media sosial untuk berkomunikasi lebih baik dengan karyawan dan pelanggan. Ada dua jenis API yang berbeda, yaitu API privat dan publik. API Pribadi adalah teknologi internal yang digunakan oleh pengembang perusahaan untuk meningkatkan produk dan layanan Anda tetapi tidak tersedia untuk digunakan oleh pelanggannya. Sementara API publik dapat digunakan oleh siapa saja tanpa batasan.

Buat aplikasi kustom untuk platform tertentu dengan Software Development Kits (SDK)

Software Development Kits (SDK) adalah kumpulan alat pengembangan perangkat lunak dalam satu paket yang dapat diinstal. Mereka memudahkan pembuatan aplikasi dengan memiliki kompiler, debugger, dan mungkin kerangka kerja perangkat lunak. SDK dapat digunakan tidak hanya untuk aplikasi seluler tetapi juga dalam kaitannya dengan situs web dan platform digital lainnya. Terdiri dari API, sampel kode, dan panduan untuk pengembang, SDK memungkinkan pengembang membuat alat baru secara efisien karena banyak komponen sudah dibuat sebelumnya. Menggunakan SDK dalam teknologi CPaaS Anda, ini akan membantu perusahaan Anda mengelola strategi komunikasi dan peta jalan teknologi Anda secara efisien. SDK akan memungkinkan integrasi yang lebih cepat dengan biaya yang lebih rendah dan harga yang kompetitif namun fleksibel.

Optimalkan saluran dengan kemampuan Multisaluran

Multisaluran adalah strategi konten lintas saluran yang digunakan perusahaan untuk meningkatkan pengalaman pengguna dan mendorong hubungan yang lebih baik dengan pelanggan di seluruh titik kontak. Omnichannel berarti integrasi dan orkestrasi saluran sehingga pengalaman keterlibatan efisien dan lebih baik daripada menggunakan saluran tunggal secara terpisah. Komunikasi omnichannel penting karena dapat membantu Anda mengoptimalkan saluran yang tersedia, menggabungkan interaksi online dan offline, dan memungkinkan Anda memenuhi kebutuhan audiens yang lebih beragam. Bisnis yang ingin mendapatkan manfaat omnichannel dapat mengadopsi CPaaS karena dirancang untuk membantu membuka nilai sebenarnya dari omnichannel.

Memahami istilah seperti Application Program Interface (API), Software Development Kits (SDK), dan Omnichannel, Anda akan memiliki kejelasan lebih lanjut tentang apa manfaat CPaaS dapat membawa ke bisnis Anda. Menerapkan CPaaS Indonesia dalam bisnis Anda, Anda akan dapat meningkatkan pengalaman pelanggan Anda sambil menghadirkan kemampuan komunikasi yang aman dan andal dengan skalabilitas dan kelincahan ke perusahaan dengan mudah. Teknologi ini juga dapat membantu Anda membuka lebih banyak peluang di masa depan dan membantu bisnis Anda berkembang.

Apakah informasi ini membantu?

Related Article