BerandaArtikelKeamanan Berbasis IoT untuk Melindungi Aset Bisnis Anda
article-image

28 September 2021

Keamanan Berbasis IoT untuk Melindungi Aset Bisnis Anda

Pelacakan aset adalah komponen penting dalam menjalankan bisnis. Sebagai pemilik bisnis, seseorang perlu menyadari di mana aset berada dan waspada terhadap kemungkinan pencurian. Penyimpanan aset yang tidak efisien juga dapat menyebabkan alur kerja yang tidak efisien. Sebelum menggunakan sistem manajemen aset otomatis, misalnya, Departemen Layanan Antarpemerintah kota Dallas harus memakan waktu dua minggu untuk mengumpulkan data tentang asetnya senilai $ 15 juta (orang hanya bisa membayangkan kerumitan yang harus dilalui oleh departemen audit dan GA).


Dengan pandemi yang memukul bisnis dengan keras, pentingnya keamanan aset tidak dapat diremehkan. Kerja jarak jauh membuat lebih sulit bagi manajer untuk melacak item secara real-time, dan ini mendesak organisasi untuk memikirkan cara yang lebih efisien untuk penyimpanan inventaris. Gangguan dalam rantai pasokan juga mempengaruhi aliran barang, dan ini akan membuat pemantauan aset lebih sulit. Sehubungan dengan ini, ada juga kemungkinan masalah terkait dengan kapasitas penyimpanan untuk bisnis yang terkena Covid-19 di mana pasokan didistribusikan pada tingkat yang lebih lambat.


Masalah yang terkait dengan pelacakan aset hanya menunjukkan perlunya satu hal: Sistem Manajemen Aset. Sistem manajemen aset yang baik dapat membantu banyak pemilik bisnis bertahan selama masa-masa sulit seperti ini. Sistem manajemen aset menghemat banyak biaya dan mengurangi kesalahan. Selain itu, memfasilitasi pemilik bisnis yang bekerja dari rumah, karena secara virtual, semua layanan manajemen aset memanfaatkan aplikasi (seluler) dan cloud. Sistem ini menyediakan akses mudah ke informasi tentang lokasi inventaris.


Jika Anda khawatir tentang cara melacak aset Anda secara real-time, Telkom DWS menyediakan Layanan Pemantauan Aset yang aman menggunakan platform berbasis perangkat lunak yang dilengkapi dengan analisis data. Layanan pemantauan aset kami akan membantu Anda mendapatkan kontrol lebih besar atas aset yang perlu Anda pantau dari jarak jauh. Dari manajemen akses situs, pemantauan aset di tempat, hingga pemantauan aset luar ruangan, layanan kami akan memungkinkan manajer bisnis untuk memperkuat keamanan aset melalui sistem yang aman dan andal.


Manajemen Akses Situs

Karena WFH menjadi tren yang berkelanjutan, mungkin lebih sulit bagi manajer bisnis untuk mencari tahu siapa yang mengakses situs bisnis mereka. Di sinilah manajemen akses situs dapat membuat manajer merasa nyaman. Terhubung ke kunci pintar, sistem kami dapat memungkinkan manajer untuk mengakses informasi pada saat seseorang memasuki atau meninggalkan situs, berapa lama orang itu berada di dalam, dan siapa orang itu. Sistem kami juga memungkinkan manajer untuk memodifikasi izin masuk dan memverifikasi ID orang yang mengakses situs mereka.


Pemantauan Aset Dalam Situs

Selain akses situs, pemilik bisnis harus khawatir tentang aset di tempat mereka. Untuk membantu pemilik bisnis mengendalikan aset di tempat mereka dengan lebih baik, pemantauan aset di tempat kami menyediakan sistem untuk pemantauan jarak jauh (LoRa). Kotak kontrol dengan LoRa dapat memungkinkan manajer bisnis untuk memantau aset di tempat dengan cara yang efisien. Untuk pemantauan yang lebih rinci dan aman, manajer bisnis dapat membuka atau menutup lemari dari jarak jauh. Baterai untuk cadangan daya juga dapat dipantau melalui penggunaan sistem kami.


Pemantauan Aset Luar Ruangan

Selain ancaman terhadap aset di dalam lokasi, ada juga risiko yang terkait dengan aset luar ruangan. Inilah sebabnya mengapa pemantauan aset luar ruangan juga harus dilakukan melalui sistem yang andal. Sistem kami dapat memberikan kemudahan akses untuk pemantauan aset luar ruangan, termasuk pengelolaan kabel tembaga bawah tanah. Di antara fungsi lainnya, sensor LoRa kami dapat digunakan untuk memantau secara efisien dan aman apakah penutup kabel terbuka atau tertutup. Kabel udara dan sensor akselerometer juga dapat dipantau dari jauh.


Apakah informasi ini membantu?

Related Article