Kisah Sukses ASDP: Bagaimana Teknologi Cloud Dapat Mendukung Perusahaan Anda

28 Desember 2021

Kisah Sukses ASDP: Bagaimana Teknologi Cloud Dapat Mendukung Perusahaan Anda

Perusahaan modern bergantung pada teknologi cloud untuk mendukung operasi mereka dengan sistem yang cepat, mudah diakses, dan aman. Teknologi cloud berfungsi sebagai alat ajaib untuk bisnis karena kemampuannya merampingkan beban kerja, memproses data dengan kecepatan kilat, memfasilitasi komunikasi, dan lembaga pendukung di banyak bidang lainnya. Karena kegunaannya, teknologi cloud dapat digunakan oleh semua jenis institusi. Cloud computing dapat meningkatkan efisiensi biaya institusi karena menghemat 15% biaya di departemen TI saja. Inilah sebabnya mengapa lembaga di berbagai sektor mendapat manfaat dari teknologi cloud.


Dihadirkan oleh Telkom DWS, neuCentrIX telah berhasil memberikan solusi cloud kepada banyak institusi di Indonesia. Dan salah satu contoh terbaik tentang bagaimana cloud NeuCentrIX dapat secara efektif mendukung bisnis adalah keberhasilan PT ASDP Indonesia Ferry. Sebagai lembaga operator feri milik negara, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mengawasi layanan jalur laut di lebih dari 200 rute di seluruh Indonesia. Pada 2021, perusahaan melakukan operasi di lebih dari 30 pelabuhan di Indonesia, termasuk Merak, Bakauheni, Ketapang, dan Gilimanuk – empat pelabuhan dengan lalu lintas penumpang feri tertinggi. Selain itu, lembaga ini mengawasi ratusan kapal dalam armadanya. Meningkatnya permintaan dan tingginya trafik dari pelabuhan-pelabuhan yang sibuk membuat ASDP mengambil langkah besar dan memutuskan untuk mulai menerapkan sistem pemesanan tiket online. Namun, tanpa didukung oleh sumber daya teknologi yang kuat dari pihak ketiga yang andal, platform pemesanan tiket online seperti Ferizy rentan terhadap masalah dan kegagalan sistem, yang menyebabkan pengalaman dan keluhan pengguna yang buruk. Itulah sebabnya, neuCentrIX Cloud telah dipilih untuk menjadi mitra ASDP.


Cara PT ASDP Indonesia Ferry Gunakan Cloud untuk Kembangkan Bisnisnya

Ada banyak area yang dapat ditingkatkan dengan penggunaan teknologi cloud. Berikut adalah beberapa area operasi PT ASDP yang telah didukung oleh teknologi cloud.


• Sistem Tiket Online yang Lebih Baik. Pertama-tama, lembaga ini telah meningkatkan sistem tiket online dengan menggunakan teknologi cloud NeuCentrIX. Awalnya, PT ASDP menerima banyak keluhan mengenai sistem tiket karena kegagalan pemesanan dan respons yang lambat. ASDP kemudian memperkuat aplikasinya (Ferizy) dengan jaringan premium dan dukungan ahli 24x7, berkat penggabungan cloud. Ini meningkatkan sistem tiket online, memungkinkan pemesanan yang jauh lebih cepat dan andal. Bahkan, dengan teknologi cloud, pelanggan dapat menjadwal ulang tiket mereka dua jam sebelum keberangkatan.


• Peningkatan pendapatan. PT ASDP Indonesia Ferry juga memanfaatkan teknologi cloud untuk meningkatkan pendapatannya. Dengan akses langsung ke 60% pengguna internet Indonesia, infrastruktur cloud DWS mendukung GTM (Go-to-Marketing) institusi kepada pengguna akhir, yang menyebabkan peningkatan jumlah tiket yang dijual secara online. Teknologi cloud juga telah memfasilitasi kemudahan pembayaran, dan sekarang pemesanan perjalanan di aplikasi didukung dengan berbagai jenis pembayaran. Selain itu, dengan teknologi cloud, PT ASDP Indonesia Ferry meminimalkan risiko human error, membangun sistem yang mendukung proses pembayaran yang lebih aman.


• Komunikasi dan Keamanan yang lebih baik. Selain sistem ticketing yang lebih efektif dan peningkatan pendapatan, sistem komunikasi dan keamanan ditingkatkan oleh pemanfaatan cloud ferry PT ASDP Indonesia. Layanan cloud telah memperbaiki dan meningkatkan sistem komunikasi di dalam institusi. Dulu ada jaringan dan aliran koordinasi yang tidak efisien, tetapi dengan menggabungkan teknologi cloud, institusi mengatasi masalah ini. Dengan menggabungkan solusi cloud, lembaga ini juga telah mengurangi biaya infrastruktur dan menekan latensi, selain meningkatkan manajemen data, karena sistem tiket online yang lebih baik mengurangi kebutuhan akan kontak manusia, dan penyimpanan cloud dengan aman mengamankan data institusi.


Teknologi cloud dapat membantu operasi institusi dengan berbagai cara. Kisah sukses PT ASDP Indonesia Ferry hanyalah salah satu contoh bagaimana teknologi cloud dapat menciptakan peluang dan membuka pintu kemungkinan bagi institusi Anda. Jika bisnis Anda ingin mengalami sistem, infrastruktur, dan dukungan cloud premium seperti itu, jangan ragu untuk menghubungi kami. Kami akan lebih dari senang untuk memberikan dukungan untuk pengembangan perusahaan Anda.


Apakah informasi ini membantu?

Artikel Populer

15 April 2022
Apakah Cloud Lebih Aman dan Lebih Aman?

Read More...