Komponen Infrastruktur Pusat Data

30 Desember 2021

Komponen Infrastruktur Pusat Data

Pusat data terdiri dari beberapa komponen untuk menyimpan, memproses, dan mendistribusikan sejumlah besar data. Komponen tersebut tidak hanya tentang perangkat komputasi tetapi juga aspek pelengkap lainnya. Berikut adalah 14 komponen infrastruktur data center:

Rak

Kami menggunakan Rack untuk menempatkan perangkat keras dari pusat data. Penempatan Rack ini harus menghemat beberapa ruang untuk sistem kabel, sistem pendingin, dan / atau sirkulasi udara untuk mencegah overheat.

Konektivitas

Umumnya, pusat data memiliki beberapa koneksi kabel internet yang disediakan oleh beberapa sumber daya.

Bangunan

Data Center membutuhkan bangunan yang terletak di dekat listrik, jaringan yang baik, dan infrastruktur fisik lainnya seperti jalan untuk membantu karyawan atau mobilitas petugas lainnya ke pusat data.

Menyalakan

Biasanya, mesin di pusat data memiliki redundansi daya listrik. Cadangan daya seperti generator atau panel surya di pusat data adalah daya cadangan umum

Sistem kabel

Pemanfaatan sistem kabel adalah untuk menghubungkan pusat data ke sumber daya daya, jaringan, dan perangkat lainnya. Metode lantai yang ditinggikan adalah metode umum di pusat data untuk memfasilitasi akses kabel.

UPS (Sistem sumber daya yang tidak dapat diinterruptible)

UPS akan melindungi pusat data dari pemadaman listrik atau catu daya yang tidak stabil.

Pengontrol Lingkungan

Pengendali lingkungan berkaitan dengan pencegahan overheat. Beberapa aspek pengontrol adalah AC, ventilasi, humidifikasi, dan dehumidifikasi.

Pelindung Api

Infrastruktur pusat data harus menyediakan detektor asap ditambah alat pemadam kebakaran.

Ruang Meet-me

Meet-me Room (MMR) adalah lokasi untuk menghubungkan atau melakukan cross-connect di antara server. apakah itu dari rak ke konektivitas atau rak ke rak.

Keamanan

Keamanan di fasilitas pusat data harus menjadi prioritas utama. Oleh karena itu, mengintegrasikan tenaga kerja dan CCTV atau teknologi lainnya akan meningkatkan keamanan di lingkungan data center.

Pusat Operasi Jaringan

ini adalah ruang bagi staf operasional untuk mengelola, memantau, memelihara, dan mengamankan pusat data. Ini adalah garis depan untuk melakukan manajemen risiko dan kecelakaan.

Ruang Pementasan

Ruang pementasan adalah ruang untuk prosedur pengujian sebelum pengguna menginstal perangkat mereka ke pusat data.

Ruang Kerja

Ruang kerja adalah area kerja pengguna di infrastruktur pusat data. Ruangan ini terdiri dari perangkat kerja, koneksi internet, dan sedikit pantry untuk membuat beberapa minuman dan makanan ringan.

Ruang Masuk Jaringan (NER)

NER adalah ruang hosting untuk perangkat transmisi dan perangkat aktif milik operator lisensi lainnya (OLO) dan network access point (NAP).

Ke-14 komponen ini adalah komponen umum dalam infrastruktur data center. Tetap aman dan patuhi protokol kesehatan dalam situasi pandemi ini.

Apakah informasi ini membantu?

Artikel Populer

15 April 2022
Apakah Cloud Lebih Aman dan Lebih Aman?

Read More...