Lingkungan kerja setelah pandemi

24 Mei 2022

Lingkungan kerja setelah pandemi

Munculnya pandemi COVID-19 telah secara dramatis mengubah cara kita hidup dan bekerja. Ini telah mengatur ulang berbagai tren kerja, dan sebagai hasilnya, para pemimpin SDM dipaksa untuk memikirkan kembali perencanaan karyawan dan tenaga kerja. Selain itu, karyawan harus belajar bagaimana mengacaukan perubahan seperti komunikasi online dengan klien dan kolega, teleworking, dan menghadapi tantangan teknologi. 

Sudah dua tahun ke depan sekarang, dan kami telah beradaptasi untuk hidup dengan sebagian besar perubahan ini. Tapi, apa yang akan terjadi di masa depan setelah pandemi berakhir? Di sini, kita akan melihat efek jangka panjang pandemi bahkan setelah berakhir dan pentingnya mengadopsi tempat kerja digital. 

Dampak pandemi COVID-19 bahkan ketika berakhir 

Setelah dunia dibuka kembali, banyak perusahaan akan mencoba mengembangkan aturan kerja baru. Jadi, perubahan yang telah kita lihat di tempat kerja kita selama pandemi hanya sementara. Di bawah ini adalah beberapa perubahan yang dapat Anda harapkan di lingkungan kerja pasca-COVID-19: 

Kerja jarak jauh kemungkinan akan berlanjut: - Ini adalah dampak nyata dari COVID-19. Karena pengalaman positif dengan tenaga kerja jarak jauh, beberapa perusahaan mempertimbangkan untuk beralih ke tempat kerja yang fleksibel dengan lebih sedikit karyawan. Oleh karena itu, akan ada penggunaan ekstensif konferensi video dan aspek pekerjaan baru lainnya. 

Lingkungan kerja dengan kedekatan fisik yang tinggi dapat mengadopsi AI dan otomatisasi cukup cepat: - Bahkan sebelum pandemi, sebagian besar bisnis mencoba mendesain ulang proses kerja dan mengadopsi otomatisasi. Dengan begitu, mereka dapat mengurangi pekerjaan yang membutuhkan tugas rutin, mengurangi ketidakpastian, dan mengendalikan biaya. Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2020 setelah COVID-19 menunjukkan bahwa semakin banyak perusahaan telah berinvestasi dalam AI dan otomatisasi. Bahkan di masa depan, kita cenderung melihat akselerasi besar dalam adopsi AI dan otomatisasi.

➢ Bekerja dari rumah akan bergeser ke bekerja dari mana saja: - Bahkan setelah pandemi, kerja jarak jauh akan tetap menjadi pilihan yang menarik bagi banyak pekerja. Ketika dunia mulai dibuka kembali, pekerja jarak jauh akan dapat bekerja dari mana saja selama mereka dapat mengakses koneksi dan daya internet. 

Karyawan mungkin harus beralih pekerjaan daripada sebelum COVID-19:- Menurut penelitian, akan ada konsentrasi yang lebih tinggi dari pekerjaan dengan gaji lebih baik dan penurunan pekerjaan bergaji rendah. Transisi tenaga kerja ini diperkirakan akan menantang di tahun-tahun mendatang. 

Pentingnya Digitalisasi Di Tempat Kerja

Tempat kerja digital dilengkapi dengan beberapa manfaat yang meningkatkan pengalaman keseluruhan bagi pengguna akhir dan pelanggan. Selain itu, ini memberikan pengalaman karyawan yang aman, konsisten, efektif, dan efisien kapan saja dan di mana saja di perangkat apa pun. Ini sangat bermanfaat selama dan bahkan setelah pandemi. 

Perusahaan yang merangkul digitalisasi di tempat kerja mereka dapat dengan mudah mengakses rapat virtual dan menghilangkan hambatan lokasi, waktu, jaringan, dan koneksi perangkat. Tempat kerja digital memberikan keseimbangan kehidupan kerja yang lebih baik bagi karyawan sambil juga meningkatkan produktivitas mereka bagi perusahaan.


Ketika pandemi dan akibatnya adalah subjek untuk dibahas, sebagian besar bisnis merasa sulit untuk mengikuti operasi. Karena mereka telah mengadopsi metode kerja baru setelah pandemi, mereka perlu memikirkan kembali strategi kembali bekerja. Kabar baiknya adalah bahwa menerapkan tempat kerja digital adalah pilihan, yang merupakan langkah strategis bagi perusahaan mana pun.

Apakah informasi ini membantu?

Artikel Populer

29 Desember 2021
Mengelola Big Data dengan Telkom Big Box

Read More...