Manfaat Private Cloud untuk Akselerasi Bisnis Anda

25 November 2022

Manfaat Private Cloud untuk Akselerasi Bisnis Anda

Ada banyak manfaat private cloud untuk percepatan kemajuan bisnis Anda. Cek terlebih dahulu fakta-faktanya di sini sebelum Anda mengambil keputusan.

Private Cloud adalah jenis arsitektur cloud yang khusus untuk satu perusahaan atau organisasi. Apa bedanya dengan Public Cloud?

Pada Public Cloud, penyedia layanan cloud menyediakan sumber daya, seperti kapasitas penyimpanan, kepada pelanggan mereka. Private cloud, di sisi lain, memungkinkan organisasi dan bisnis untuk menggunakan infrastruktur mereka sendiri. Infrastruktur dapat di-host baik secara internal maupun eksternal.

Sebenarnya, private cloud memiliki beberapa karakteristik dasar yang mirip dengan public cloud: Sama-sama skalabel, memiliki kemampuan virtualisasi, dan dapat mengalokasikan sumber daya komputasi sesuai kebutuhan.

Untuk memahami secara menyeluruh tentang cara kerja private cloud, ingatlah konsep virtualisasi, karena ini merupakan tulang punggung cloud computing. Virtualisasi adalah proses pembuatan versi virtual dari hal-hal seperti sistem operasi, perangkat penyimpanan, server, atau sumber daya jaringan, yang dihosting semuanya dalam lingkungan cloud. Organisasi TI memanfaatkan praktik virtualisasi untuk mencapai efisiensi dan skala ekonomi yang lebih besar. Server private cloud adalah lingkungan yang terisolasi (atau dikenal sebagai penyewa tunggal) dan aman yang terdiri dari sumber daya yang dikumpulkan dari beberapa server menggunakan virtualisasi.

Inilah sejumlah keunggulan utama private cloud untuk bisnis Anda :

Biaya

Aspek terpenting untuk bisnis apa pun adalah TCO (Total Cost of Ownership), sering kali terkait dengan infrastruktur TI. Ini adalah poin utama di mana public cloud mungkin jadi tidak cocok untuk bisnis kecil, sementara private cloud bisa lebih inklusif diakses oleh bisnis dari berbagai ukuran.

Kontrol dan Efisiensi

Private Cloud di-hosting di lokasi atau di pusat data penyedia layanan cloud. Ini memberi Anda kontrol lebih besar atas data dan infrastruktur TI Anda. Ia juga memungkinkan intervensi cepat saat perubahan sistem diperlukan. Platform analitik dapat digunakan pada Departemen TI guna memprediksi dan mencegah downtime maupun insiden lainnya.

Koordinasi

Fitur utama dari private cloud adalah tingkat penyesuaian yang ditawarkan kepada perusahaan. Setiap organisasi biasanya memiliki kebutuhan teknis dan bisnisnya sendiri, sehingga persyaratannya juga bervariasi tergantung pada ukuran organisasi, industri, tujuan bisnis, dll. Kemampuan sistem untuk sepenuhnya memenuhi kebutuhan bisnis, inilah yang menjadi keunggulan private cloud juga.

Keamanan dan Perlindungan Data

Private cloud jika dibandingkan dengan public cloud lebih tinggi tingkat keamanannya. Hal ini dikarenakan semua data disimpan serta dikelola pada server tersendiri yang tidak dapat diakses pihak lain. Hal ini akan sangat membantu dalam meningkatkan privasi data perusahaan.

Aspek Kepatuhan

Bisnis, baik kecil maupun besar, harus mematuhi undang-undang dan peraturan setempat. Dalam hal ini, private cloud adalah pilihan yang ideal, karena dapat diimplementasikan sesuai dengan pedoman yang berlaku.

Informasi pelanggan dianggap sebagai data pengguna yang sensitif, sehingga harus dikelola dengan benar. Misalnya, jika terjadi pelanggaran data, mengakses log keamanan dari infrastruktur TI cloud publik Anda bisa jadi agak sulit.  Dalam dunia bisnis yang dinamis dan berubah ini, tidak ada jaminan bahwa penyedia cloud publik akan terus memenuhi harapan.

Ketika penyedia cloud publik tiba-tiba bangkrut, situasinya menjadi proses yang panjang bagi perusahaan. Memigrasikan semua aplikasi dan data Anda ke cloud baru dalam waktu singkat bisa jadi sulit. Jadi mengapa mengambil risiko tetap menggunakan cloud publik? Private cloud memastikan privasi, kontrol, dan ketenangan pikiran untuk kelangsungan bisnis.

Aspek Geografis

Akhirnya, bukan rahasia lagi bahwa public cloud tidak tersedia di mana-mana. Masih ada tempat di mana cloud publik tidak dapat diakses. Selain itu, jika bisnis Anda memiliki banyak kantor di seluruh dunia, private cloud mungkin merupakan solusi terbaik karena kepatuhan terhadap peraturan setempat sangat bervariasi menurut lokasi.

Diskusikan kebutuhan private cloud Anda dengan Telkom DWS!

Apakah informasi ini membantu?

Artikel Populer

29 Desember 2021
Mengelola Big Data dengan Telkom Big Box

Read More...