Mari Pahami Perbedaan Mendasar Antara Data Center dan Cloud Computing

28 Desember 2022

Mari Pahami Perbedaan Mendasar Antara Data Center dan Cloud Computing

Mari Pahami Perbedaan Mendasar Antara Data Center dan Cloud Computing

Data center dan cloud computing mungkin dua hal yang sering terdengar di konteks pekerjaan sehari-hari. Namun, apakah kita sudah benar-benar paham perbedaan data center dan cloud computing?

Data center adalah tempat yang menyimpan dan memproses data untuk organisasi atau perusahaan. Data Center memungkinkan organisasi untuk menyimpan, mengelola, mengakses dan memproses data. Data center juga menyediakan infrastruktur teknologi informasi yang dibutuhkan untuk menyediakan layanan dan aplikasi yang diperlukan. Data Center menyediakan keamanan, uptime dan ketersediaan untuk organisasi dalam memenuhi kebutuhan teknologi informasi. Data Center dapat berupa pusat data fisik, pusat data virtual atau hybrid.

Cloud computing adalah cara untuk mengakses data dan layanan melalui Internet. Ini memungkinkan Anda untuk mengakses data dan layanan yang disimpan di server di luar jaringan Anda. Dengan cloud computing, Anda hanya perlu mengakses jaringan Internet dan menggunakan layanan yang dapat Anda akses dari sana. Anda tidak perlu membeli atau menginstal perangkat keras atau perangkat lunak, karena data dan layanan disediakan oleh server di luar jaringan Anda. Cloud Computing juga memungkinkan Anda untuk berbagi data dan layanan dengan orang lain dan berinteraksi dengan mereka melalui jaringan.

Kedua istilah tersebut mungkin sering terdengar berbarengan, karena memang ada keterkaitan antara data center dan cloud computing. Data center merupakan lokasi fisik untuk menyimpan server. Cloud computing adalah teknologi yang memungkinkan pengguna untuk mengakses aplikasi, data, dan layanan melalui jaringan internet. Data center adalah salah satu aspek penting dari cloud computing karena menyediakan infrastruktur teknis yang diperlukan untuk menjalankan layanan cloud. Data center menyimpan server, perangkat jaringan, dan perangkat lunak yang diperlukan untuk menjalankan layanan cloud. Selain itu, Data center juga menyediakan backup, konsolidasi, dan manajemen keamanan untuk layanan cloud.

Persamaan antara data center dan cloud computing adalah keduanya menyediakan infrastruktur teknologi informasi yang dapat digunakan oleh organisasi untuk menyimpan, mengakses, dan memproses data. Namun, data center menyediakan infrastruktur yang terpusat pada satu lokasi, sedangkan cloud computing menyediakan infrastruktur yang tersebar di berbagai lokasi dan dapat diakses melalui jaringan internet.

Data center menyediakan komputasi, jaringan, dan penyimpanan data melalui server fisik yang terhubung dengan jaringan lokal, sementara cloud computing menyediakan fasilitas yang sama melalui internet. Cloud computing memberikan fleksibilitas dalam hal penyimpanan data, karena data dapat didistribusikan di berbagai server di seluruh dunia. Cloud computing juga memungkinkan pengembangan aplikasi yang lebih cepat, karena tidak ada lagi infrastruktur fisik yang harus dipersiapkan.

Jadi, pilih mana, data center atau cloud computing? Ini tergantung pada tujuan Anda. Data center menawarkan fleksibilitas tingkat tinggi untuk menyesuaikan sistem komputasi Anda sesuai dengan kebutuhan Anda dan memungkinkan Anda untuk mengontrol keamanan dan privasi. Cloud computing menawarkan fleksibilitas yang lebih rendah, namun dapat memberikan biaya yang lebih rendah dan lebih banyak skalabilitas untuk aplikasi dan layanan yang berbasis web.

Masih bingung? Konsultasikan sekarang dengan Telkom DWS!

Apakah informasi ini membantu?

Artikel Populer

Mengelola Big Data dengan Telkom Big Box
29 Desember 2021

Mengelola Big Data dengan Telkom Big Box

Read More...