Masa depan keamanan siber

31 Oktober 2022

Masa depan keamanan siber

Teknologi berkembang dengan kecepatan yang sangat tinggi, dan dengan itu muncul banyak tantangan. Salah satu tantangan signifikan yang dihadapi perusahaan teknologi dan spesialis TI adalah keamanan siber. Meskipun langkah-langkah yang diperlukan telah diambil untuk mengatasi masalah ini, jalan kita masih panjang. 

Penelitian menunjukkan bahwa perusahaan menghadapi banyak tantangan dalam menghadapi serangan siber ini. Menurut survei oleh Forbes, perusahaan dengan situs web menghadapi setidaknya satu serangan dunia maya pada saat mereka beroperasi. Baca terus saat kami memberi tahu Anda lebih banyak tentang keamanan dunia maya dan mengapa ini penting bagi pelanggan dan bisnis.  

Komponen teknologi keamanan

Menciptakan sistem keamanan siber yang holistik mengandalkan empat komponen utama. Elemen-elemen ini berkontribusi pada keberhasilan sistem keamanan siber yang mencegah malware, pencurian identitas, dan banyak lagi. Mereka termasuk yang berikut ini.  

 ● Penangkalan: Ini adalah salah satu strategi teknologi keamanan paling efektif yang digunakan untuk mengurangi risiko yang timbul dalam pelanggaran keamanan. Cara kerjanya mirip dengan penghalang fisik atau pagar. 

 ● Penahanan: Penahanan termasuk menerapkan keamanan terbaru yang membantu perusahaan dengan cepat melihat pelanggaran keamanan. Itu dapat mengirim alarm untuk memperingatkan personel keamanan tentang pelanggaran apa pun secara real-time. 

 ● Pencegahan:  Elemen ini, yang berbeda dari pencegahan, bertujuan untuk menghentikan atau menghambat perkembangan serangan atau pelanggaran. Contoh teknologi keamanan di bidang ini termasuk pembatasan akses, perlindungan kata sandi, dan autentikasi multifaktor.

 ● Tanggapan: Hampir pasti, akan ada pelanggaran keamanan. Oleh karena itu, teknologi tepat guna membantu bisnis dalam menanggapi masalah secara tepat waktu dan tepat. Penguncian fasilitas, manajemen dan pemantauan jarak jauh, dan kemampuan untuk mengirimkan umpan rekaman langsung ke otoritas pertama adalah semua produk teknologi keamanan yang sangat baik yang mencakup komponen ini.

Ruang lingkup keamanan siber

Keamanan siber adalah bagian integral dari industri teknologi dan dilengkapi dengan berbagai sub-sektor terkait. Ini termasuk yang berikut: 

 ● Analisis keamanan cyber

 ● Keamanan jaringan

 ● Respons insiden

 ● Uji penetrasi

 ● Rekayasa DevSecOps

 ● Forensik  digital

Pentingnya keamanan siber bagi bisnis dan pelanggan 

Di masa lalu, banyak perusahaan dan pelanggan menganggap enteng keamanan dunia maya tetapi menderita rasa sakit akibat serangan dunia maya dan pencurian data. Hal ini membuat penting bagi perusahaan untuk menerapkan lebih banyak mekanisme keamanan siber. Berikut adalah beberapa alasan mengapa keamanan siber sangat penting bagi perusahaan dan pelanggan ini. 

Ini membantu bisnis dan pelanggan menghindari risiko yang datang dengan meningkatnya tingkat kejahatan dunia maya di seluruh dunia. 

Ini membantu mengurangi jumlah serangan yang dibawa oleh penggunaan konstan perangkat IoT dan perangkat bertenaga AI. 

Meningkatnya penggunaan teknologi dan ketergantungan pada layanan komputasi awan membutuhkan langkah-langkah keamanan siber yang lebih baik.

Keamanan dunia maya membantu bisnis menghindari risiko ransomware dan serangan lain dari web gelap dan penipuan kripto. 

Ini melindungi bisnis Anda agar tidak terkena akses data personel yang tidak sah.   

Keamanan siber adalah aspek penting dari industri teknologi, dan bisnis harus memperbaikinya. Sementara peningkatan signifikan telah dilakukan untuk memperingatkan terhadap ancaman ini, kemajuan signifikan seperti teknologi rantai blok akan memperkuat keamanan dunia maya.  


Apakah informasi ini membantu?

Artikel Terkait

25 November 2022
Risiko Keamanan Siber Dalam Sektor Pendidikan

Pada era ketika kegiatan pembelajaran online sudah semakin umum bagi masyarakat, sudahkah Anda memperhatikan risiko keamanan siber di sektor pendidikan?

Read More...

Artikel Populer

29 Desember 2021
Mengelola Big Data dengan Telkom Big Box

Read More...