BerandaArtikelMekanisme dan Penggunaan API Verifikasi Lokasi
article-image

26 October 2021

Mekanisme dan Penggunaan API Verifikasi Lokasi

Salah satu cara untuk memverifikasi identitas seseorang adalah dengan memeriksa mobilitas seseorang. Tempat-tempat yang sering kita kunjungi (misalnya, rumah kita, kantor kita, kedai kopi favorit kita, dll.) dapat memberi tahu banyak tentang siapa kita dan apa yang kita lakukan. Data tentang mobilitas kami membantu bisnis dalam banyak cara, mulai dari menyesuaikan pengalaman pengguna hingga mengamankan transaksi. Dalam keadaan normal, data lokasi pelanggan membantu perilaku bisnis berjalan lancar. Tetapi bagaimana jika data lokasi dibuat atau dirusak?


Penipuan alamat adalah jenis penipuan umum di mana seseorang menggunakan alamat yang dibuat-buat atau milik orang lain. Dengan mencuri dokumen atau menggunakan generator data palsu, penipu tidak hanya dapat membuat orang lain membayar utang yang belum mereka buat, tetapi juga menempatkan lembaga keuangan pada risiko besar. Dengan penipuan alamat yang sangat umum dan mudah dibuat, verifikasi manual tidak akan cukup untuk mengejar laju penipuan alamat. Di sinilah alat yang berguna seperti API Verifikasi Lokasi dapat berguna.


Apa itu API Verifikasi Lokasi?

Seperti namanya, API verifikasi lokasi adalah layanan berbasis API untuk memverifikasi lokasi seseorang (seperti alamat rumah atau kantor). Dengan beberapa data, API verifikasi lokasi dapat memperkirakan lokasi pelanggan saat ini yang sebenarnya. Alat ini berguna untuk membangun kredibilitas pelanggan di depan lembaga bisnis. Beberapa API verifikasi lokasi dilengkapi dengan geocoding, yang merupakan proses menerjemahkan alamat ke geolokasi berdasarkan garis lintang dan bujur. Menurut Google, jenis API ini dapat membuatnya lebih mudah diakses melalui permintaan HTTP.


Bagaimana cara kerjanya, sungguh?

Jawaban singkatnya: itu tergantung pada platform. Untuk mempermudah, kita dapat melihat MSIGHT, platform yang andal dengan layanan API Verifikasi Lokasi. Pertama, mitra terdaftar harus menghubungi API dengan MSISDN (istilah sederhana: nomor telepon) yang terhubung dengan alamat rumah / kantor. Beberapa data diperlukan agar API berfungsi: MSISDN, informasi alamat (hingga tingkat kecamatan /kelurahan), dan kode pos. API kemudian akan menghitung skor terkait jarak berdasarkan permintaan mitra terdaftar.


Ada cara lain bagi MSIGHT untuk menghitung skor. Mekanisme ini lebih praktis karena Telkomsel akan menjadi orang yang menetapkan lokasi kerja/rumah berdasarkan mobilitas pengguna, data yang dikumpulkan sebagai wawasan. Kumpulan data yang diperlukan untuk ini adalah lokasi kerja/rumah MSISDN dan Telkomsel pengguna, yang diperoleh setelah berbulan-bulan pengamatan dari langkah sebelumnya. Setelah itu, API akan mengukur jarak antara lokasi kerja/rumah Telkomsel dan informasi wilayah (alamat), sebelum akhirnya menghitung skor.


Estimasi API Verifikasi Lokasi MSIGHT dikategorikan ke dalam 7 skor / zona. Skor/zona 1 mencakup jarak 0-250 meter. Rentang jarak masing-masing 250 – 500 m, 501 – 750 m, dan 751 m – 1 km dikategorikan sebagai zona 2, 3, dan 4. Sementara itu, skor/zona 5 dan 6 menandakan jarak 1001 m – 2 km dan 2001 m – 4 km. Jarak di atas 4 kilometer diklasifikasikan sebagai skor / zona 7. Rata-rata, data dari penggunaan aktif dan efektif aktual oleh klien kami mencapai 300k ++ hits per bulan, yang sama dengan 3,6 juta hits per tahun.


Tapi apa artinya semua ini bagi bisnis saya?

API verifikasi lokasi dapat menguntungkan berbagai organisasi bisnis. Tetapi organisasi yang akan mendapatkan manfaat paling banyak dari API verifikasi lokasi adalah lembaga keuangan, terutama startup keuangan. Platform dengan API verifikasi lokasi yang andal seperti MSIGHT dapat mempersingkat waktu verifikasi data, mengurangi kemungkinan penipuan, dan menyediakan data terbaru dengan profil dinamis. API verifikasi lokasi MSIGHT melindungi lembaga keuangan dari risiko tingkat tinggi yang terkait dengan PENIPUAN ID dan alamat, memungkinkan pengembangan bisnis yang aman dan terjamin.


Apakah informasi ini membantu?

Related Article