Memahami Apa Itu neuCentrIX dan Fungsinya

28 November 2022

Memahami Apa Itu neuCentrIX dan Fungsinya

Memahami Apa Itu neuCentrIX dan Fungsinya

Bergeraknya industri digital di sebagian besar perusahaan di Indonesia turut mengalami perkembangan juga. Salah satunya yaitu dengan menampungnya banyak data, baik data dari internal perusahaan maupun data dari eksternal perusahaan, seperti data pelanggan.

Kebutuhan pengelolaan data yang sangat besar tersebut merupakan bukti bahwa kebutuhan akan Data Center semakin dibutuhkan. Hal ini dijawab oleh PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) dengan layanan neuCentrIX. Apa itu neuCentrIX? Mari kita pelajari bersama.

Memahami Apa itu neuCentrIX

Pada event Indonesia Convention Cloud & Data Center 2019 lalu, Edwin Aristiawan selaku Direktur Wholesale and International Services Telkom memperkenalkan layanan data center yang dikelolanya, yakni neuCentrIX.

Apa itu neuCentrIX? NeuCentrIX merupakan layanan data center yang terkoneksi dengan network Telkom maupun operator lain baik domestik maupun global. Kemudahan yang ditawarkan dalam neuCentrIX adalah content provider domestik cukup menggunakan layanan neuCentrIX di kota terdekatnya dan dapat merasakan manfaat akses global.

Bagaimana Perkembangan neuCentrIX

Melihat kebutuhan data center pada banyak industri di Indonesia, Telkom DWS terus memperluas jangkauan layanannya. Hingga saat ini neuCentrIX terdapat di 17 lokasi, di 11 kota di dalam negeri, 3 lokasi di Singapura dan 1 lokasi di Hong Kong.

Dibangun dengan fasilitas kelas dunia yang memenuhi standar internasional, neuCentrIX telah dan terus berusaha mengakomodasi peluang pasar konten provider di Indonesia. Lebih dari 260 juta masyarakat Indonesia yang regional yang terhubung dengan neuCentrIX. Selain itu jutaan orang dari seluruh penjuru dunia juta turut terkoneksi melalui keberadaan 65 point of presences melalui neuCentrIX.

Memahami Fungsi neuCentrIX secara Spesifik

NeuCentrIX merupakan bagian dari inisiatif TelkomGroup yang mendorong terjadinya Indonesia Global Digital Hub. Hal ini diimplementasikan dengan menyelesaikan proyek Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL), Indonesia Global Gateway (IGG) yang mengkoneksikan sistem kabel dari dua benua, yakni Eropa dan Amerika.

Salah satu wujud nyata dari dukungan Indonesia Global Digital Hub adalah dengan menyediakan data center guna mendukung percepatan pembangunan ekosistem digital di Indonesia.

Memahami Fungsi NeuCentrIX Sebagai Data Center

Sebagai data center, neuCentrIX tentu memiliki fungsi utama sebagai tempat penyimpanan dan pengolahan data. Lebih dari itu, neuCentrIX beberapa fungsi lain yang tepat bagi bisnis Anda sebagai berikut:

1. Sebagai tempat penyimpanan data skala besar, baik itu lembaga pemerintah, perusahaan besar atau perusahaan multinasional. Yang mana data yang mereka miliki tentu tidak kecil. Pada institusi, organisasi dan perusahaan berskala besar, penyimpanan cloud saja tidak cukup, sehingga dibutuhkan ruang penyimpanan yang lebih besar untuk memproses dan menyebarkan data kepada pengguna yang membutuhkan.

2. Sebagai private cloud, di mana neuCentrIX membantu proses hosting aplikasi bisnis internal Anda. Contoh sederhananya adalah penggunaan software bagi divisi CRM (customer relationship management) dan divisi ERP (enterprise resource planning).

Komponen Penting dalam NeuCentrIX selaku Data Center

Sebagai data center, neuCentrIX juga menawarkan beberapa fasilitas dan infrastruktur yang menunjang proses kerja dari pusat data itu sendiri. Beberapa elemen inti dari data center adalah sebagai berikut:

1. Peralatan komputer, meliputi desktop, server, dan rack.

2. Infrastruktur jaringan, seperti modem, router, switch, dan komponen lainnya yang menghubungkan data center dengan server, storage, hingga ke user.

3. Uninterruptible Power Sources (UPS) yang terdiri dari sumber daya listrik, cadangan baterai, hingga generator untuk memastikan bahwa aliran listrik tidak akan terhenti.

4. Infrastruktur penyimpanan yang terdiri dari solid-state drive (SSD) maupun hard disc drive (HDD), tape drive, dan backup storage yang digunakan untuk menyimpan seluruh data.

5. Climate control system yaitu computer room yang berisikan air conditioner dan heating, ventilasi sehingga menjaga stabilitas temperatur ruangan.

Security yang mencakup keamanan fisik (contoh: CCTV, petugas keamanan, biometrics, dan mantraps) dan keamanan digital (contoh: firewall).

Apakah Anda membutuhkan tenaga profesional di bidang teknologi? Hubungi Telkom DWS segera!

Apakah informasi ini membantu?

Artikel Populer

Apakah Cloud Lebih Aman dan Lebih Aman?
15 April 2022

Apakah Cloud Lebih Aman dan Lebih Aman?

Read More...