BerandaArtikelMemahami Cloud Security dan Manajemennya
article-image

28 October 2020

Memahami Cloud Security dan Manajemennya

Manfaat beralih ke teknologi cloud kini telah menjadi pilihan bagi semakin banyak perusahaan di pasar. Cloud computing membantu perusahaan untuk mengurangi biaya infrastruktur, serta memberi mereka kelincahan dan skalabilitas yang memberi bisnis keuntungan strategis. Dengan lebih banyak perusahaan yang melakukan fungsi komputasi bisnis yang penting, termasuk Platform Komunikasi mereka sebagai Layanan (CPaaS) di cloud saat ini, menerapkan keamanan cloud telah menjadi kebutuhan yang tidak dapat Anda abaikan.


Keamanan cloud mengacu pada jenis cybersecurity yang mencakup kebijakan, prosedur, dan teknologi yang memungkinkan perusahaan untuk melindungi data dan informasi mereka dalam sistem komputasi awan mereka. Ini mencegah dan mengamankan pelanggaran data, ransomware, peretasan, dan risiko cybersecurity lainnya dari menyerang data yang tersimpan di cloud dan aset digital lainnya. Memahami keamanan cloud, termasuk semua manfaatnya, dapat membantu organisasi untuk melindungi diri mereka sendiri dengan lebih baik. Berikut adalah beberapa praktik terbaik yang dapat Anda mulai terapkan di organisasi Anda untuk mengamankan bisnis Anda.


Menerapkan klasifikasi data untuk mengidentifikasi data sensitif atau teregulasi

Salah satu langkah pertama yang perlu dilakukan perusahaan untuk mengamankan data mereka dalam sistem komputasi awan mereka adalah menerapkan klasifikasi data untuk mengidentifikasi data sensitif atau teregulasi. Ini berarti mengembangkan kebijakan dan prosedur untuk mengevaluasi bagaimana data diakses, digunakan, dan dibagikan. Perusahaan perlu menentukan izin akses untuk file dan folder yang berisi informasi sensitif dan memastikan bahwa data penting Anda dipisahkan dari data lain. Penting juga untuk memiliki sistem gover0ce untuk memastikan data Anda yang sangat sensitif mengikuti persyaratan peraturan.


Mengidentifikasi aktivitas yang mencurigakan dengan memanfaatkan analisis perilaku pengguna dan entitas (UEBA)

Menangkap aktivitas yang mencurigakan sangat penting untuk melindungi data dan informasi Anda di sistem cloud Anda dan mencegah ancaman keamanan terjadi. Salah satu alat yang umumnya diimplementasikan dalam keamanan cloud adalah user and entity behavior analytics (UEBA). Alat ini akan membantu Anda melindungi data Anda dengan lebih baik di sistem cloud Anda dengan memberi Anda informasi mengenai perilaku pengguna yang tidak biasa dan jika terjadi akses yang tidak sah.


Lakukan pemantauan rutin untuk memperbaiki risiko keamanan cloud segera

Hal ini juga sangat penting untuk terus melakukan tugas pemantauan rutin untuk mendeteksi risiko keamanan untuk memperbaikinya segera ketika itu terjadi. Untuk keamanan cloud, penting bagi organisasi untuk menjadwalkan pemindaian kerentanan berkala, audit sistem, dan menerapkan tambalan untuk memperbaiki risiko keamanan. Tidak hanya itu, penting juga untuk tetap mengikuti peraturan industri, menjaga kepatuhan, dan memastikan bahwa data cloud Anda memiliki praktik terbaik berikut tentang cara melindungi data dan informasi Anda.


Mengikuti tren teknologi untuk pindah ke cloud, termasuk menerapkan CPaaS Indonesia, sangat penting bagi perusahaan untuk memahami apa itu keamanan cloud dan apa praktik terbaik untuk menerapkan teknologi ini. Memastikan kebijakan yang komprehensif, budaya keamanan organisasi, dan solusi keamanan cloud sangat penting bagi bisnis untuk memastikan data cloud berkualitas tinggi aman dan terlindungi dengan baik.


Apakah informasi ini membantu?

Related Article