Memahami Cloud Server: Pengertian, Kelebihan dan Cara Kerjanya

25 November 2022

Memahami Cloud Server: Pengertian, Kelebihan dan Cara Kerjanya

Sudahkah Anda memahami apa itu cloud server dan manfaatnya bagi kemajuan bisnis Anda? Mari kita simak penjelasannya berikut ini.

Cloud server adalah server virtual yang bekerja dalam ekosistem cloud computing. Cloud server membuat, menyimpan, dan mengirimkan data melalui platform cloud computing di Internet. Cloud server memiliki semua perangkat lunak yang dibutuhkan untuk beroperasi sebagai entitas yang independen.

Seperti layanan cloud pada umumnya, semua data yang Anda butuhkan disimpan dalam ruang virtual di Internet; bukan di perangkat penyimpanan fisik seperti flash drive, memori komputer, atau DVD. Cara kerja Cloud server dengan menggabungkan beberapa server digabung jadi satu server raksasa. Misalnya, jika Anda memiliki 20 server di pusat data Anda, mereka digabungkan seperti satu server raksasa. Anda dapat membayangkan menggabungkan beberapa flash drive.

Cloud itu sendiri adalah istilah yang umum digunakan untuk beberapa server yang terhubung ke Internet yang disewakan sebagai perangkat lunak atau aplikasi. Hal ini dapat dilakukan dengan menggabungkan kumpulan server menjadi satu server dan mendistribusikan sumber daya ke komputer individu. Layanan berbasis cloud dapat mencakup hosting web, hosting data, atau perangkat lunak. Pada cloud computing, beberapa server terhubung untuk berbagi data.

Sejumlah keunggulan memakai cloud server adalah :

1. Sebagai tempat penyimpanan data pribadi, data aplikasi, bahkan data web hosting.

2. Mampu menjalankan berbagai aplikasi dan hosting untuk menghindari penggunaan memori pada perangkat keras Anda.

3. Server virtual jauh lebih mudah digunakan daripada penyimpanan fisik, karena Anda dapat mengaksesnya kapan saja, di perangkat apa pun (desktop, ponsel, tablet).

4. Cloud server dapat memberikan stabilitas dan keamanan untuk bisnis Anda karena masalah perangkat lunak yang mungkin timbul secara terpisah dari lingkungan Anda.

5. Cloud server tidak akan memengaruhi server Anda. Tidak seperti server fisik, jika pengguna lain membebani server, itu tidak akan memengaruhi cloud server.

6. Cloud server stabil, cepat, dan aman. Cloud server membantu Anda menghindari dampak dari masalah perangkat keras yang biasanya terjadi dengan server fisik. Cloud server juga merupakan opsi paling stabil untuk bisnis yang ingin menghemat anggaran.

Cloud server sangat bermanfaat, kita bisa mendapatkan lebih banyak sumber daya dan layanan lebih cepat, dengan budget yang lebih efisien dibandingkan server fisik. Jika usaha Anda berbasis pada situs web, perlu diketahui bahwa web yang dihosting di cloud juga dapat berjalan lebih cepat.

Cloud server juga menyediakan skalabilitas, di mana ia dapat ditingkatkan dengan sangat cepat dan mudah dengan menambahkan lebih banyak memori dan ruang penyimpanan.

Ada begitu banyak keunggulan cloud server bagi usaha Anda - sudah siap mengaplikasikannya? Konsultasikan kebutuhan Anda dengan Telkom DWS sekarang!

Apakah informasi ini membantu?

Artikel Terkait

7 Juni 2021
Cloud Server vs Dedicated Server: Mana yang Terbaik untuk Bisnis Anda?

Teknologi cloud dapat membantu memanfaatkan dan membuat bisnis Anda lebih efektif. Server cloud mana yang terbaik vs dedicated server?

Read More...

Artikel Populer

29 Desember 2021
Mengelola Big Data dengan Telkom Big Box

Read More...