Memahami Pentingnya Cyber Security di Era Revolusi Industri 4.0

10 November 2022

Memahami Pentingnya Cyber Security di Era Revolusi Industri 4.0

Pernah mengetahui informasi terkait cyber attack yang terjadi di rekan-rekan sekitar Anda? Tentu sangat merugikan para korban, terlebih jika cyber attack tersebut terjadi pada perusahaan. Di sinilah pentingnya cyber security!

Mencegah lebih baik daripada mengobati, maka mencegah cyber attack merupakan hal yang dapat Anda lakukan. Bagaimana caranya? Dapat dengan menggunakan cyber security.

Oleh sebab itu, kita akan bersama-sama memahami pentingnya cyber security terlebih kaitannya dalam bisnis Anda.

Mengenal Definisi Cyber Security

Cyber security merupakan sebuah teknologi, proses dan praktik yang dirancang untuk melindungi jaringan, komputer, program dan data dari serangan, kerusakan atau akses yang tidak Anda ketahui. 

Cyber security adalah salah satu upaya untuk melindungi informasi terkait bisnis Anda dari cyber attack berbagai bentuk apapun yang mengganggu kerahasiaan (confidentiality), integritas (integrity), dan ketersediaan (availability) informasi.

Ketika banyak perusahaan sudah banyak bertransformasi menuju sistem kerja berbasis digital, maka pentingnya cyber security akan sangat dibutuhkan dalam menyimpan, mengakses dan mengambil informasi penting.

Elemen yang Ada Pada Cyber Security

Untuk memahami pentingnya cyber security, Anda perlu memahami adanya elemen-elemen yang ada dalamnya, yaitu:

1. Dokumen security policy, yaitu dokumen standar yang dijadikan acuan dalam menjalankan semua proses terkait keamanan informasi

2. Information infrastructure, yaitu media yang berperan dalam kelangsungan operasi informasi meliputi hardware dan software.

3. Perimeter defense, yaitu media yang berperan sebagai komponen pertahanan pada infrastruktur informasi, seperti IDS, IPS, dan firewall.

4. Network monitoring system, yaitu media yang berperan untuk memonitor kelayakan, utilisasi, dan performance infrastruktur informasi.

5. System information and event management, yaitu media yang berperan dalam melakukan monitoring berbagai kejadian di jaringan Anda.

6. Network security assessment, yaitu elemen cyber security yang berperan sebagai mekanisme kontrol dan memberikan measurement level keamanan informasi.

7. Human resource dan security awareness, yaitu sumber daya manusia dan pemahamannya pada keamanan informasi.

Jenis Cyber Attack yang Terjadi di Era Revolusi Industri

Cyber attack yang semakin beragam dapat diklasifikasikan empat jenis, di mana dengan pengetahuan yang tepat Anda akan semakin memahami pentingnya cyber security.

- Denial of service adalah serangan yang memanipulasi sistem, jaringan, maupun aplikasi sehingga kinerja perangkat Anda menjadi sangat berat dan menguras daya. Ketika sistem IT pada bisnis Anda terkena serangan tersebut, hacker akan menuntut uang tebusan untuk mengembalikan ke kondisi semula.

- Malware dan virus adalah program jahat yang sengaja disusupkan melalui e-mail, website mencurigakan, maupun aplikasi pada perangkat keras yang dihubungkan ke dalam piranti sistem perusahaan. Dampak dari virus yang masuk akan merusak data yang ada, menyembunyikan data, atau bahkan merusak maupun menghapusnya.

- Botnest dan Zombie adalah serangan komputer yang terhubung ke jaringan central. Dampak botnets dikenal dengan istilah zombies karena keberadaan perangkat sudah di bawah kendali peretas. Botnet tersebut dibuat dengan tujuan mencuri data Anda dan meningkatkan kemampuan enkripsinya sehingga sulit untuk dideteksi.

Scareware adalah salah satu tipe scam yang umumnya digunakan oleh hacker untuk menipu pengguna perangkat karena bentuknya yang seperti pop-up peringatan dari sistem. Ketika Anda salah memencet tombol, Anda akan diarahkan untuk melakukan tindakan tertentu yang sifatnya penipuan.

Dengan memahami pentingnya cyber security, Anda akan mengetahui pentingnya menjaga dan mencegah penyalahgunaan akses maupun pemanfaatan data dalam sistem TI. Lakukan aktivasi cyber security dalam sistem TI bisnis Anda bersama Telkom DWS, partner terbaik Anda di bidang teknologi komunikasi!

Apakah informasi ini membantu?

Artikel Populer

29 Desember 2021
Mengelola Big Data dengan Telkom Big Box

Read More...