Memahami Peran Data Center di Era Digital

27 Desember 2022

Memahami Peran Data Center di Era Digital

Memahami Peran Data Center di Era Digital

Di era digital, banyak kegiatan yang beralih bentuk juga menjadi serba digital dan terkoneksi internet. Namun sebagai pemegang keputusan perusahaan besar seperti Anda, tentu perlu memahami lebih lagi peran data center di era digital. Yuk kita pelajari selengkapnya.

Data Center dan Era Digitalisasi

Setelah era industri pertama pertama pada akhir abad ke-8 dan revolusi industri kedua pada pertengahan abad ke-19, era digital hadir sebagai bagian dari era industri ketiga. Era transformasi digital merupakan sebuah langkah dalam peningkatan kinerja dan pada perusahaan maupun individu yang mengubah cara kerja bisnis yang dilakukan dengan semakin memprioritaskan pelanggan, memberdayakan sumber daya, dan mengubah proses bisnis internal—dengan memanfaatkan keahlian dan teknologi digital.

Data center merupakan salah satu salah satu pilar utama yang berperan penting dalam perkembangan transformasi digital, terlebih bagi banyak perusahaan. Jika mesin uap menjadi faktor penting pada revolusi industri pertama dan minyak bumi menjadi penanda pada revolusi industri kedua, maka pada revolusi industri ketiga data center merupakan daya utama terjadinya transformasi digital.

Pada abad ke-19, data center dipahami hanya sekadar ruangan fisik yang penuh dengan peralatan komputer. Namun dengan memasuki era transformasi digital, ruangan tersebut berubah menjadi sesuatu yang virtual, ada di mana-mana, dan menyatu di kehidupan perusahaan dan individu. Perkembangan data center tersebut didukung dengan kemajuan digital lainnya, seperti big data, social network dan internet, perangkat mobile, cloud, dan Internet of Things.

Peran Data Center di Era Digital

Perusahaan Anda perlu mempertimbangkan penggunaan data center agar dapat beradaptasi di era digital ini. Berikut adalah beberapa peran data center di era digital.

  1. Data center berperan dalam mendukung percepatan pertumbuhan dan ekspansi bisnis Anda. Dengan menggunakan data center, perusahaan Anda dapat memasuki celah pasar yang baru dengan biaya overhead yang lebih rendah, mengurangi latensi pada end-user, dan nyaris tanpa hambatan. Secara sederhana, peran data center di era digital membantu Anda dalam menghemat waktu dan biaya diperlukan dalam menyewa sumber daya IT.
  2. Data center berperan dalam mewujudkan lingkungan ecogreen. Dengan peningkatan kapasitas dan lingkup sebuah bisnis, maka konsumsi sumber daya energi juga berpotensi meningkat pula. Sebaliknya, dengan penggunaan data center, maka perusahaan Anda akan mengurangi konsumsi sumber daya energi dan lebih ramah lingkungan.
  3. Data center berperan dalam meningkatkan aspek sekuritas dan akuntabilitas. Setiap perusahaan tentu ingin menjaga keamanan data milik konsumennya, maka Anda perlu mencari penyedia layanan data center yang telah memiliki sertifikasi keamanan global sebagai faktor penting. Maka dapat dipahami bahwa peran data center di era digital adalah membantu mengamankan data-data dari perusahaan Anda.

Dengan memahami peran data center di era digital, Anda tentu perlu mempertimbangkan penyedia layanan data center yang tepat bagi bisnis Anda. Telkom DWS dapat menjadi pilihan terbaik Anda! Dengan pengalaman di bidang teknologi dan informasi, kami dapat membantu kebutuhan digital Anda.

Apakah informasi ini membantu?

Artikel Populer

Mengelola Big Data dengan Telkom Big Box
29 Desember 2021

Mengelola Big Data dengan Telkom Big Box

Read More...