Memanfaatkan Data Historis

13 January 2021

Memanfaatkan Data Historis

Loading...

Mengikuti tren global, bisnis di Indonesia telah mulai memanfaatkan pengumpulan data untuk meningkatkan ketepatan operasi bisnis mereka, terutama untuk tujuan pemantauan dan evaluasi produk / layanan, di atas kegiatan riset pasar dan analisis bisnis tradisional. Statistik dari OmniSci, misalnya, memperkirakan bahwa pusat data akan tumbuh sebesar 11 persen di seluruh Indonesia selama lima tahun ke depan.


Pada saat yang sama, OmniSci juga mengatakan bisnis Indonesia masih perlu meningkatkan upaya mereka untuk mendapatkan wawasan yang kaya dari data berlimpah yang mereka miliki. Perusahaan dapat mulai memanfaatkan data historis mereka untuk meningkatkan kualitas produk dan layanan mereka setiap hari, mingguan dan bulanan.


Mengapa data historis?

Data historis mengacu pada pengumpulan data yang melibatkan peristiwa dan keadaan masa lalu dari berbagai dokumen (seperti, antara lain, posting media sosial, korespondensi email, catatan harian dan persediaan). Data tersebut biasanya dianalisis dan disintesis untuk membantu bisnis membuat keputusan mengenai operasi sehari-hari, memecahkan masalah dan memprediksi tren di masa depan. Ini dapat membantu bisnis mengubah operasi sehari-hari mereka dan melakukan penyesuaian berdasarkan evaluasi real-time dan kegiatan pemantauan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan memenuhi kebutuhan mereka. Data historis juga melengkapi penelitian pasar jangka panjang yang lebih banyak dan kegiatan analisis bisnis yang bertujuan untuk melihat gambaran yang lebih besar, sementara juga mengurangi biaya dan proses analisis yang tidak efisien. Nilai data, bagaimanapun, berkurang dari waktu ke waktu, sehingga data historis dibagi menjadi dua jenis: data panas yang sering diakses, yang penting untuk keputusan cepat dan dengan demikian disimpan pada perangkat keras yang cepat dan mahal seperti Flash, serta data dingin yang lebih tua dan lebih jarang digunakan, yang umumnya disimpan pada platform penyimpanan yang lebih murah.


Contoh aplikasi data historis

Penerapan data historis dapat membantu Anda terus menyesuaikan operasi bisnis Anda dengan perubahan keadaan real-time di antara konsumen yang terjadi setiap hari, mingguan dan bulanan. Jika Anda adalah operator transportasi umum misalnya, Anda dapat menggunakan data setiap hari untuk mengidentifikasi jam sibuk di siang hari untuk menyediakan lebih banyak armada dan menentukan jam mana Anda perlu mengoperasikan hanya beberapa armada. Jika Anda mengoperasikan restoran, Anda dapat meningkatkan efisiensi upaya pemasaran sosial Anda dengan menganalisis hari-hari dalam seminggu orang berada dalam mood untuk makanan yang nyaman dan pada jam mana mereka menemukan diri mereka lebih mood untuk beberapa kue kering dan kopi sehingga Anda benar-benar dapat menawarkan orang yang tepat item menu tertentu pada waktu tertentu. Dengan cara ini, Anda tidak hanya akan dapat tetap relevan dengan kebutuhan pelanggan Anda, Anda dapat membuat keputusan lebih cepat tentang kegiatan bisnis yang tepat, menargetkan orang yang tepat pada waktu yang tepat. Pada saat yang sama, data historis juga dapat mencegah kemungkinan cacat produk atau layanan di masa depan dengan memberikan wawasan tentang faktor risiko masa lalu untuk cacat tersebut. Dengan cara ini, data historis juga membantu Anda membuat perkiraan yang lebih baik.


Bagaimana solusi data besar dapat membantu

Tentu saja, seperti yang dinyatakan OmniSci: memiliki data saja tidak sendirian. Untuk memanfaatkan data historis dalam pengambilan keputusan Anda, menurut Emtec Digital, Anda harus mengambil langkah-langkah ini: memetakan strategi, mengidentifikasi area tertentu untuk berkonsentrasi, membangun kuesioner untuk mencapai tujuan yang diperlukan, mengidentifikasi kumpulan data yang tepat serta mengumpulkan dan menganalisis dataset melalui teknologi. Menggunakan perangkat lunak yang tepat benar-benar penting untuk mencapai fungsi-fungsi ini.


Apakah informasi ini membantu?

Let’s find out more
about ‘Article headline’!

Related Article

15 April 2021
Visualisasi data untuk memicu pertumbuhan
Cloud & Data CenterInternational DC

Manusia dapat lebih memahami informasi yang disajikan dalam bentuk visual. Dengan menggunakan bentuk, pola, dan warna, orang dapat memahami situasi kompleks dan sulit yang nyata dengan sangat cepat.

Read More...

Artikel Populer

10 November 2020
Apakah Cloud Lebih Aman dan Lebih Aman?

Read More...

back to top