Menangkap Peluang dengan Pertumbuhan VOD

28 Desember 2021

Menangkap Peluang dengan Pertumbuhan VOD

Pada Bulan Juni 2021, Instagram mengumumkan keputusan bisnis mereka untuk fokus menjadi platform video, melampaui model bisnis berbagi foto asli mereka. Sejak keputusan itu dibuat, pengguna Instagram dapat menemukan fitur video baru seperti gulungan, filter baru, dan alat lain untuk membuat video pendek. Mengingat semakin populernya pesaing lain seperti TikTok, YouTube, dan platform video lainnya, meningkatnya permintaan untuk video juga menandakan pertumbuhan VOD.


Apa itu VOD?

VOD adalah singkatan dari Video-on-Demand. Pada dasarnya, istilah ini mengacu pada konten video pra-rekaman yang dapat diakses oleh pengguna di mana saja dan kapan saja, yang juga merupakan salah satu keuntungan VOD. Jika penyedia hiburan yang lebih konvensional (seperti jaringan TV kabel) memiliki program terjadwal, pengguna VOD dapat menonton video apa pun yang mereka inginkan. Sederhananya, VOD memberi pengguna lebih banyak kebebasan untuk memilih. Relatif tanpa hambatan oleh keputusan eksekutif TV, pembuat VOD juga sekarang dapat memiliki lebih banyak kemandirian dalam membuat konten.


Tidak mengherankan, bisnis dengan cepat menangkap peluang yang diberikan oleh VOD. Saat ini, ada tiga model monetisasi VOD. Platform seperti Netflix, dan Disney + adalah contoh SVOD (Subscription VOD), di mana pengguna membayar langganan bulanan untuk mengakses video di platform. TVOD (Transactional VOD), di sisi lain, adalah model bayar per tayang di mana pengguna membayar berdasarkan video yang mereka tonton. Sementara itu, dalam model AVOD (Advertising VOD) seperti YouTube, perusahaan membayar pembuat konten dengan menempatkan iklan di video mereka.


Proyeksi pertumbuhan VOD saat ini dan masa depan pada Skala Global dan Nasional

Dengan popularitasnya, VOD menciptakan pasar dengan kemungkinan dinamis yang mengamati. Saat ini, tampaknya VOD sangat menguntungkan pengguna bisnis. Menurut laporan Animoto pada tahun 2020, 85% pemasar menemukan video sangat efisien dalam mendapatkan perhatian pengguna. Bahkan, iklan video dikatakan sebagai cara paling efektif untuk memperkenalkan konsumen dengan merek tempat mereka melakukan transaksi. Demikian pula, Uscreen.TV melaporkan bahwa situs web yang menyediakan video untuk pengunjung mereka mengalami 157% pertumbuhan pencarian lalu lintas.


Meskipun ada perkembangan pesat dalam pertumbuhan VOD saat ini, tampaknya popularitas VOD di antara pengguna dan perusahaan akan terus meningkat bahkan sampai bertahun-tahun dari sekarang. Cisco Annual Internet Report memprediksi bahwa "video online akan mencapai 82% dari semua lalu lintas internet pada tahun 2022". Statista juga memprediksi bahwa pengguna global VOD akan mencapai 2 juta pada tahun 2025, yang menandai peningkatan 25% dari tahun 2020. Wawasan bisnis Fortune juga melaporkan bahwa secara global, pasar VOD akan bernilai $ 159,62 miliar pada tahun 2027.


Sedangkan untuk pasar Indonesia, pertumbuhan VOD tampaknya paralel perkembangan VOD global. Menurut Bisnis.com, pandemi Covid-19 mendorong pengguna Indonesia untuk mencari hiburan di luar apa yang ditawarkan perusahaan TV nasional. Laporan dari Pusat Masyarakat Digital UGM mendukung klaim ini, karena penetrasi pengguna VOD diperkirakan akan mencapai 17,7% pada tahun 2025, yang akan menghasilkan peningkatan 15,7% dalam laba tahunan untuk bisnis VOD. Angka-angka ini menandai peluang bagi manajer bisnis untuk mengembangkan bisnis mereka menggunakan layanan video.


Peluang yang ditawarkan oleh VOD untuk Pengguna dan Manajer Bisnis

Dari data, kita dapat melihat bahwa VOD menimbulkan peluang berharga bagi pengguna dan manajer bisnis. Di saat pandemi global terjadi dan pasokan hiburan konvensional terbatas, pengguna dapat beralih ke VOD. Alat VOD seperti Wholesale TV Box dapat memungkinkan Anda untuk menonton video dari sejumlah platform di SMART TV Anda. Sementara itu, manajer bisnis dapat bekerja dengan penyedia Sistem Manajemen Video (VMS) yang andal untuk meningkatkan penjualan, kesadaran merek, dan hubungan pelanggan mereka.



Apakah informasi ini membantu?

Artikel Populer

15 April 2022
Apakah Cloud Lebih Aman dan Lebih Aman?

Read More...