Menciptakan Budaya Belajar &Keterlibatan Karyawan

23 March 2021

Menciptakan Budaya Belajar &Keterlibatan Karyawan

Loading...

"Semua orang menginginkan perubahan, tetapi tidak ada yang ingin berubah." Kutipan terkenal ini telah dikaitkan dengan banyak orang, dari rapper Nathan Feuerstein hingga penulis Leo Tolstoy. Ini adalah pepatah bijak yang menggambarkan dunia apa itu. Orang ingin hal-hal berubah menjadi lebih baik, tetapi orang-orang begitu terbiasa dengan kebiasaan kita sehingga perubahan terlalu sulit bagi kita. Setiap kali kita harus memperbaiki sesuatu tentang diri kita sendiri, kita cenderung mundur dan memperlakukannya dengan rasa takut, jika bukan ketidakpercayaan yang tidak masuk akal.


Atau mungkin tidak.


Pada tahun 2019, Harvard Business Review menemukan bahwa banyak pekerja benar-benar memiliki pandangan positif tentang perubahan di masa depan. Mereka bersemangat, pada kenyataannya, untuk memperoleh keterampilan yang diperlukan bagi mereka untuk beradaptasi dengan perubahan. Namun demikian, laporan itu juga menemukan bahwa para pekerja ini menyadari hambatan yang dapat menghalangi mereka untuk beradaptasi. Di sinilah para pemimpin bisnis harus melompat dan menawarkan bantuan, terutama melalui penciptaan budaya belajar dan keterlibatan karyawan.


Membangun Budaya Belajar

Tim yang mudah beradaptasi adalah tim yang terus belajar. Inilah sebabnya mengapa penting bagi para pemimpin bisnis untuk membuat budaya belajar yang baik bagi tim mereka. Menurut Harvard Business Review, budaya belajar harus berkembang dari kursus satu arah untuk "memasukkan pembelajaran di tempat kerja melalui kepegawaian proyek dan rotasi tim". Ini menopang kehidupan belajar di dalam perusahaan. Budaya belajar yang baik juga terbayar, karena membantu perusahaan mempertahankan omset yang lebih rendah dan retensi yang lebih tinggi.


Beberapa waktu yang lalu, kami menulis sebuah artikel tentang membangun budaya belajar. Singkatnya, budaya belajar yang baik menempatkan anggota tim dalam sebuah organisasi di jantung perencanaan itu. Alat dan metode pembelajaran harus memungkinkan pekerja untuk membekali diri dengan keterampilan yang diperlukan yang mempersiapkan mereka untuk perubahan. Budaya belajar yang baik dapat menghabiskan banyak waktu, sumber daya, dan energi. Namun, mengingat dukungan yang tepat dari para pemimpin bisnis, pembelajaran dapat menciptakan tim yang tangguh dan mudah beradaptasi.


Keterlibatan Karyawan selama Perubahan

Tim yang mudah beradaptasi adalah tim yang siap untuk perubahan. Namun, jika tim tidak diberitahu tentang kemungkinan atau perubahan yang akan datang, bagaimana tim dapat beradaptasi dengan baik – terutama ketika perubahan seringkali sulit dan menyakitkan. Inilah sebabnya mengapa Harvard Business Review merekomendasikan agar karyawan terlibat dan mendapat informasi selama saat-saat perubahan. Gallup juga menemukan bahwa pekerja yang terlibat membantu perusahaan untuk tidak hanya beradaptasi secara memadai, tetapi juga tumbuh luar biasa.


Contoh kasus: ketika ING Belanda mengubah dirinya sendiri, perusahaan terus memberi tahu pekerjanya tentang alasan mereka berubah dan hal-hal yang dapat diharapkan oleh pekerja, bahkan jika mereka tidak sesuai dengan model baru. Akibatnya, karyawan yang bergabung dengan ING baru berkomitmen untuk mendukung misi perusahaan, sementara mereka yang tidak menerima bantuan ING Belanda untuk mencari pekerjaan baru. Keterlibatan transparan membantu tim ING beradaptasi dan bahkan berkembang.


Perubahan akan selalu datang dan pergi pada saat-saat yang tidak terduga. Ketika perubahan pasti akan terjadi, tim yang baik harus cukup mudah beradaptasi sehingga tidak hanya dapat menahan perubahan, tetapi juga melihat perubahan sebagai kesempatan untuk tumbuh. Namun, tim ideal ini tidak akan ada tanpa bantuan dari para pemimpin bisnis. Untuk menciptakan tim yang mudah beradaptasi, para pemimpin bisnis harus terlebih dahulu menciptakan budaya belajar yang baik sambil menjaga tim mereka mendapat informasi dan terlibat selama saat-saat perubahan.


Apakah informasi ini membantu?

Let’s find out more
about ‘Article headline’!

Related Article

21 April 2021
Perempuan di Sektor Teknologi

Apa programmer komputer pertama, orang yang meletakkan dasar untuk WiFi saat ini, dan pencipta STP Internet Protocol memiliki kesamaan? Jika jawaban Anda adalah 'mereka semua memiliki komputer', Anda salah.

Read More...

Artikel Populer

10 November 2020
Apakah Cloud Lebih Aman dan Lebih Aman?

Read More...

back to top