Menciptakan Pengalaman Kesehatan yang Lebih Baik dengan SMS A2P

28 December 2021

Menciptakan Pengalaman Kesehatan yang Lebih Baik dengan SMS A2P

Unified Communication Messaging Hub 
Loading...

Era digital telah mengubah setiap sudut kehidupan kita, salah satunya adalah bagaimana kita mengelola dan mengakses layanan kesehatan. Secara keseluruhan, perawatan kesehatan kami telah berkembang begitu banyak sejak menjadi digital. Menurut penelitian McKinsey, nilai perawatan kesehatan digital Asia senilai $ 37 miliar pada tahun 2020 akan menjadi $ 100 miliar pada tahun 2025. Hal ini didukung oleh investasi dalam kesehatan digital Asia, yang mengalami pertumbuhan CAGR 38% selama paruh kedua tahun 2010-an. Sebanyak perawatan kesehatan kami meningkat dalam nilai kuantitatif, itu juga telah meningkat dalam hal kualitas, disarankan oleh munculnya inovasi baru, seperti telemedicine.


Munculnya E-Health dan Telemedicine

Dariya Lopukhina dari Health Works Collective mencatat bahwa pemerintah di seluruh dunia telah memfasilitasi cara bagi TI untuk mendukung perawatan kesehatan. Di Jerman, misalnya, ada proyek kartu kesehatan elektronik. As mengeluarkan Teknologi Informasi Kesehatan untuk Undang-Undang Kesehatan Ekonomi dan Klinis. Program Nasional NHS Inggris untuk TI juga memainkan peran dalam mengintegrasikan TI dan perawatan kesehatan. Selain dukungan pemerintah ini, dunia juga telah menyaksikan telemedicine yang berkembang pesat dan aplikasi e-kesehatan lainnya.


Indonesia tentu juga belajar dari krisis Covid-19 pada 2020 dan 2021, di mana hampir semua tempat tidur rumah sakit hampir ditempati. Puncak okupansi tempat tidur di Jawa terjadi pada Juli 2021, di mana 90% tempat tidur rumah sakit ditempati. Hal ini mendorong pemerintah Indonesia untuk mendukung layanan telemedicine, terutama bagi pasien Covid-19 yang tidak memerlukan perawatan segera karena memiliki gejala yang kurang parah. Sejak krisis, e-health dan telemedicine Indonesia mengalami pertumbuhan yang signifikan, karena meningkatnya permintaan.

 

Tantangan Saat Ini untuk Perawatan Kesehatan

Meskipun mengalami pertumbuhan eksponensial, ada tantangan yang dapat menghambat perkembangan sistem perawatan kesehatan kita. Misalnya, McKinsey mencatat bahwa harapan konsumen meningkat seiring dengan peningkatan pengeluaran mereka untuk kesehatan dan kebugaran. Ketika pelanggan membayar lebih, mereka menuntut layanan yang lebih nyaman dan aman. Berbicara tentang keamanan, ada juga kekhawatiran mengenai privasi dalam telemedicine, seperti yang dicatat oleh Rahul Varshneya dari Arizona Telemedicine Program.


Integrasi SMS A2P sebagai Dukungan untuk Industri Kesehatan

Jika masalah modern membutuhkan solusi modern, maka masalah teknologi dalam industri perawatan kesehatan juga membutuhkan solusi teknologi. Di sinilah banyak manajer kesehatan beralih ke SMS A2P, alat yang dapat mendukung mereka dalam mengatasi tantangan. Karena kegunaannya, pasar SMS A2P global di industri perawatan kesehatan saja diperkirakan mencapai USD 5,3 miliar pada tahun 2022. Meskipun penyedia layanan kesehatan konvensional belum memanfaatkan manfaat SMS A2P, banyak lainnya telah mengalami fasilitas SMS A2P, seperti:


• Cara Mudah beriklan

Sebuah studi oleh Dataintelo menemukan bahwa layanan SMS A2P digunakan oleh penyedia layanan kesehatan untuk menciptakan peningkatan keterlibatan pelanggan dan kualitas layanan. Dengan SMS A2P, penyedia layanan kesehatan dapat berbagi informasi, penawaran, dan promosi kepada pelanggan dengan cara yang jauh lebih mudah.

• Keamanan yang Lebih Baik

Seperti disebutkan sebelumnya, keamanan adalah salah satu perhatian utama dalam lanskap kesehatan digital saat ini. A2P SMS, bagaimanapun, dapat memberikan solusi untuk tantangan ini. A2P SMS umumnya digunakan untuk otentikasi dua faktor, yang dapat dengan aman mengirim kode satu kali yang hanya dapat diakses oleh pengguna tertentu.

• Pengingat dan Pemberitahuan yang Lebih Efektif

SMS A2P dapat secara efektif mengingatkan pelanggan penyedia layanan kesehatan tentang penunjukan mereka. Ini juga meningkatkan efisiensi pemesanan sambil mencegah pelanggan kehilangan janji temu mereka. Selain menghemat waktu semua orang, SMS A2P juga dapat memberi tahu pelanggan tentang pembaruan penagihan, memberi mereka informasi jika ada perubahan.


SMS A2P untuk Perawatan Kesehatan Anda

Pandemi ini tidak hanya menciptakan pertumbuhan nilai pasar perawatan kesehatan, tetapi juga meningkatkan harapan pelanggan. Selain meningkatnya permintaan pelanggan, ada juga tantangan dan kekhawatiran mengenai layanan dan praktik e-health. Untuk mengatasi masalah ini dan mengatasi tantangan ini, A2P SMS dapat menjadi alat yang ampuh yang mendukung manajemen perawatan kesehatan Anda, karena meningkatkan efisiensi layanan dan pengalaman pelanggan. Anda dapat bekerja sama dengan Telkom DWS saat ini untuk mendapatkan dukungan yang sangat baik dan layanan berkualitas tinggi dari pelopor layanan SMS A2P.


Cari tahu informasi lebih lanjut tentang kesempatan ini dengan menghubungi kami di marketingdws@telkom.co.id.

Apakah informasi ini membantu?

Let’s find out more
about ‘Article headline’!

Related Article

11 November 2020
Mencapai Tujuan Kampanye Anda dengan SMS

Menerapkan bisnis yang gesit, perusahaan saat ini mencari alat kampanye pemasaran yang dapat dengan cepat menjangkau pelanggan potensial mereka tanpa menghabiskan terlalu banyak.

Read More...

Artikel Populer

10 November 2020
Apakah Cloud Lebih Aman dan Lebih Aman?

Read More...

back to top