Mengamankan sistem TI Anda sebelum liburan panjang

29 Desember 2021

Mengamankan sistem TI Anda sebelum liburan panjang

Libur Panjang Idul Fitri akan datang. Kami yakin bahwa Anda telah bersemangat menunggu liburan panjang, karena akhirnya akan memberi Anda istirahat dan relaksasi yang telah Anda rindukan.


Namun, sebelum Anda mulai mengambil liburan Anda, Anda perlu menyadari bahwa banyak peretas dengan senang hati menunggu liburan panjang juga. Tidak harus karena mereka ingin menikmati waktu luang, tetapi terutama karena liburan selalu merupakan waktu terbaik untuk menyerang sistem TI, karena selama liburan, karyawan biasanya tidak memeriksa email kerja mereka untuk pemberitahuan kegiatan yang mencurigakan.


Meskipun pedagang kecil sangat rentan terhadap serangan ini, usaha besar dan kecil sama-sama harus ekstra hati-hati tentang mereka. Agar tidak kembali bekerja terperangah setelah menemukan sistem Anda dilanggar oleh beberapa peretas, ubah kata sandi Anda sekarang. Juga, perbarui perangkat lunak Anda. Tinjau siapa yang memiliki akses jarak jauh ke server pusat Anda dan apakah mereka orang yang dapat dipercaya.


Kami akan melalui to-do-list secara lebih mendalam di bawah ini.


Mengubah kata sandi Anda

Jika Anda tidak secara teratur mengubah kata sandi sistem Anda, terutama ketika mereka lemah (mudah ditebak), pada dasarnya Anda menyiapkan diri untuk pelanggaran keamanan. Datangnya musim liburan yang panjang adalah momentum besar bagi Anda untuk mengubah kata sandi Anda. Juga, pastikan bahwa kata sandi Anda cukup kompleks, yang terdiri dari serangkaian panjang kata, angka dan simbol untuk menyulitkan peretas masuk ke sistem Anda.


Memperbarui perangkat lunak Anda

Alih-alih menundanya sampai tiba saatnya bagi Anda untuk kembali bekerja, lebih baik lakukan sebelum Anda memulai liburan panjang Anda. Para peretas mungkin mengambil keuntungan dari kelelahan Anda, mengetahui bahwa Anda akan menunda melakukan ini sampai saatnya untuk kembali bekerja. Jadi, untuk mengakalinya, tetap mengikuti versi perangkat lunak terbaru yang tersedia di pasar yang dapat melindungi Anda dari kerentanan yang terkenal. Lebih baik melakukannya sekarang daripada menunggu liburan berakhir, karena pada saat itu, sudah terlambat bagi Anda.


Perhatikan siapa yang memiliki akses jarak jauh

Sekarang saatnya untuk memilah pihak ketiga yang dapat mengakses sistem Anda dari jarak jauh. Mungkin mereka adalah konsultan ahli atau pekerja paruh waktu. Anda harus selalu mengawasi kegiatan mereka dan datang dengan mekanisme untuk menjaga hak istimewa mereka di cek, terutama selama liburan. Juga, jangan lupa untuk memblokir akses konsultan pihak ketiga / paruh waktu yang persyaratannya telah berakhir. Seringkali, pelanggaran keamanan terjadi karena kelalaian kecil, seperti tidak memilah orang-orang yang telah meninggalkan perusahaan dari sistem.


Pastikan Anda telah memeriksa semua "kotak" perlindungan TI sebelum Memulai liburan anda yang telah lama ditunggu-tunggu. Selamat berlibur, ngosong-ngookan! Tetap aman dan tetap sehat!


Apakah informasi ini membantu?

Artikel Terkait

16 Februari 2022
Alat Kolaborasi yang Harus Dimiliki di 2022

Selama dekade terakhir, kita telah menyaksikan evolusi tempat kerja. Sistem hierarkis menjadi usang. Kantor kreatif telah berkembang di mana-mana di seluruh dunia.

Read More...

Artikel Populer

15 April 2022
Apakah Cloud Lebih Aman dan Lebih Aman?

Read More...