Mengatasi Gangguan Jaringan: Kisah Sukses Bestcamp Indonesia

27 Desember 2021

Mengatasi Gangguan Jaringan: Kisah Sukses Bestcamp Indonesia

Solusi cloud telah memungkinkan bisnis di seluruh dunia untuk mengembangkan operasi mereka dan menemukan praktik hemat biaya yang dapat secara signifikan memotong pengeluaran bisnis. Bekerja dengan penyedia cloud yang andal dapat memungkinkan bisnis untuk berhasil memperluas jangkauan mereka dan meningkatkan kualitas mereka. Dan pentingnya bit terakhir (kualitas) tidak dapat cukup ditekankan, terutama ketika bisnis seseorang bergerak di sektor ISP, di mana klien selalu menuntut yang terbaik. Berikut adalah kisah tentang bagaimana perusahaan berhasil mengatasi tantangan mereka setelah memanfaatkan layanan transit colocation, metro-e, dan IP kami.


Temui PT Bestcamp Prima Data, perusahaan yang bekerja di berbagai sektor, yaitu ISP, Software Development, Multimedia, Networking, ICT Education, Data Center, dan System Integrator. H. Imam Widodo memulai perusahaan sebagai Bestcamp Indonesia pada tahun 2002. Tiga tahun kemudian, mereka berekspansi ke Kalimantan Timur, dengan kantor pusat telah dibangun setahun sebelumnya di Samarinda dan kantor cabang di Tarakan, Berau, dan Balikpapan. Sejak tahun 2010, PT Bestcamp Multimedia telah resmi terdaftar sebagai perusahaan internet dan jaringan.


Sebagai perusahaan layanan internet dan jaringan, PT Bestcamp Prima Data bertujuan untuk menjadi perusahaan ICT terbaik di Indonesia. Dalam pernyataan misinya, perusahaan juga ingin menggunakan teknologi TI untuk membangun bangsa, berharap BAHWA TI dapat dimanfaatkan sebagai media pendidikan untuk menciptakan keadilan dan kemakmuran. Memiliki mayoritas klien mereka di sektor batubara dan sawit, perusahaan mengembangkan bisnisnya dengan berfokus pada pasar premium, selain menggabungkan produk lain seperti CCTV, Alarm, Apps, dan pasokan sumber daya manusia.


Tantangannya

ISP di seluruh dunia akan tahu betul bahwa klien mereka memiliki tuntutan yang sangat tinggi. PT Bestcamp Prima Data tidak asing dengan kasus seperti itu. Bahkan, karena sebagian besar klien mereka adalah perusahaan, mereka harus menjaga kinerja layanan mereka tetap tinggi. Seperti disebutkan sebelumnya, perusahaan batubara dan sawit membutuhkan kinerja yang dapat diandalkan meskipun lokasinya terpencil. Untuk menambahkan lebih banyak lagi, mereka tidak dapat mentolerir gangguan jaringan, tidak peduli seberapa kecil gangguannya. Ini adalah salah satu tantangan terbesar yang harus dihadapi PT Bestcamp Prima Data ketika memberikan layanan kepada klien mereka.


Bekerja sama dengan Telkom DWS

Menghadapi tantangan tersebut, PT Bestcamp Prima Data mulai mempertimbangkan untuk bekerja sama dengan mitra yang handal. Sebagai ISP, mereka membutuhkan fitur yang dapat memenuhi kebutuhan klien yang, seperti disebutkan di atas, tidak mentolerir gangguan. Juga, mereka membutuhkan sistem yang mencakup seluruh Indonesia, tetapi lebih khusus lagi seluruh Kalimantan. Di sinilah colocation NeuCentrIX, metro e, dan IP transit sangat berguna. Colocation memberikan keamanan dan daya tanpa gangguan, sementara jaringan metro-e mencakup area yang luas di seluruh kota. Sementara itu, transit IP yang cocok dapat memberikan konektivitas yang efisien dengan harga yang tepat.


Setelah bekerja sama dengan Telkom DWS, PT Bestcamp Prima Data berhasil meningkatkan bandwidth dari 100 mbps menjadi 1 Gbps melalui pemanfaatan colocation, metro e, dan ip transit yang efektif. Peningkatan bandwidth tersebut dicapai selama 3 bulan. Peningkatan bandwidth 1000% ini terbukti membantu untuk memenuhi kebutuhan klien mereka, memastikan keberlanjutan operasi bisnis. Dengan peningkatan tersebut, PT Bestcamp Prima Data bertujuan untuk mengambil takik karena mereka bertujuan untuk memiliki bandwidth 10 Gbps selama dua tahun ke depan.


Keberhasilan PT Bestcamp Prima Data adalah salah satu dari banyak cerita di mana layanan Telkom DWS dapat membantu bisnis Anda mengatasi tantangan dan berkembang lebih lanjut. Kami siap menjadi mitra yang membantu Anda menerobos tantangan Anda, jadi jangan ragu untuk menghubungi kami di marketingdws@telkom.co.id atau WA +62 821-4749-4005.

Apakah informasi ini membantu?

Artikel Populer

15 April 2022
Apakah Cloud Lebih Aman dan Lebih Aman?

Read More...