Mengatasi Masalah Stabilitas Data: Kisah Sukses PDAM Surabaya

24 Maret 2022

Mengatasi Masalah Stabilitas Data: Kisah Sukses PDAM Surabaya

PDAM, kependekan dari Perusahaan Daerah Air Minum, merupakan unit usaha milik daerah yang bergerak dalam mendistribusikan air bersih untuk masyarakat. PDAM berada di setiap provinsi, kabupaten, dan kotamadya di seluruh Indonesia.

Bisnis air bersih ini telah berdiri sejak tahun 1900. Namun, visinya adalah menjadi perusahaan air bersih modern. Dengan mengikuti tren teknologi dan penerapan IoT, PDAM ingin memastikan pengelolaan keuangan yang transparan untuk kesejahteraan masyarakat, membangun masyarakat yang menggunakan air dengan bijak, menyediakan air minum yang efisien dan berkelanjutan, serta membangun lingkungan kerja yang mengedepankan integritas dan prestasi.

Dengan dukungan Telkom DWS, PDAM Surabaya berupaya meningkatkan pengalaman pelanggan digital serta meningkatkan manajemennya. 

Tantangan

Dengan tren penerapan teknologi yang terus berkembang di segmen bisnis apa pun, PDAM berusaha untuk memodernisasi layanannya juga. Tujuannya untuk memberikan pelayanan yang lebih baik bagi pelanggan PDAM dan menjaga kualitas pekerjaan dalam organisasinya. Namun, ada beberapa tantangan yang mereka hadapi untuk dapat memberikan pengalaman pelanggan digital yang lebih baik.

Karena kantor PDAM terletak di beberapa kabupaten dan kotamadya, perlu untuk memantau jaringan berbagai lokasi ini. Hal ini penting untuk evaluasi kinerja masing-masing PDAM di Surabaya.

Dengan memaksimalkan website mereka, PDAM Surabaya juga perlu rutin memantau domain dan subdomain untuk memastikan bahwa halaman tersebut dapat dioperasikan dengan baik. Selain itu, ada juga kebutuhan yang terus meningkat untuk pemantauan server / pusat data PDAM Surabaya. Sementara itu, pemeliharaan proaktif diperlukan untuk mengatasi masalah layanan dan mempertahankan kinerja yang sangat baik.

Bekerja sama dengan Telkom DWS

Telkom DWS menawarkan beberapa solusi untuk PDAM Surabaya. Solusi pertama adalah melalui Netmonk, penyedia aplikasi pemantauan jaringan di Indonesia. Ini membantu perusahaan untuk memenuhi semua kebutuhan aplikasi pemantauan jaringan. Netmonk menawarkan satu alat pendekatan semua tujuan, di mana ada tiga modul yang tersedia dalam satu aplikasi. Ini membantu menciptakan manajemen bisnis yang efisien dan memudahkan tim TI untuk melakukan operasi sehari-hari. 

Telkom DWS juga menyediakan fitur laporan otomatis yang membantu meningkatkan waktu penulisan laporan dengan memungkinkan tim membuat laporan komprehensif periode tertentu dalam format PDF dalam satu klik. Selain itu, fitur pemeliharaan proaktif di semua modul dan fitur pemeliharaan prediktif dalam modul Pemantauan Jaringan membantu tim TI melakukan pemeliharaan dan operasi rutin.

Solusi lain adalah menjaga stabilitas data yang tersimpan dalam database, membuat proses audit lebih mudah diakses. Hal ini dimungkinkan dengan fitur API Monitoring, yang memantau fungsionalitas dan ringkasan kinerja antara satu aplikasi dan yang lainnya. Dengan fitur ini, PDAM Surabaya dapat secara otomatis membuat laporan audit kinerja website atau status API dalam bentuk PDF. 

Fitur bot Telegram yang ditawarkannya juga mendorong pemeliharaan proaktif karena bot telegram yang digunakannya. Dengan cara ini, tim terkait dapat segera menanggapi masalah dan menyelesaikannya dengan segera.

Semua solusi hebat ini semakin ditingkatkan dengan detail cermat yang disediakan oleh Telkom DWS, seperti grafik waktu respons dan status naik/turun. Produk digital lain dari Telkom yang dapat membantu PDAM Surabaya adalah Funneling dan Pageview dari Google Analytics. 

Fitur ini akan membuat korelasi antara laporan situs web atau pemantauan API dengan kinerja situs web berdasarkan data Google Analytics. Dengan laporan ini, masalah akan dapat diatasi segera setelah diakui, membuat pemeliharaan dan manajemen situs web lebih mudah ditangani.

Keberhasilan PDAM Surabaya hanya satu di antara banyak kisah sukses lain yang dimiliki Telkom DWS. Layanan Telkom akan membantu setiap pergeseran bisnis ke tren IoT, mengatasi tantangan, dan memperluas bisnis mereka lebih jauh. 

Cari tahu kisah sukses lainnya dengan layanan DWS Telkom di https://mycarrier.telkom.co.id/.

Apakah informasi ini membantu?

Artikel Populer

15 April 2022
Apakah Cloud Lebih Aman dan Lebih Aman?

Read More...