Mengelola Big Data dengan Telkom Big Box

21 April 2021

Mengelola Big Data dengan Telkom Big Box

Loading...

Pada era sebelumnya, minyak dan barang tambang adalah komoditas berharga. Sebagai seorang pengusaha, Anda dapat menukar hal-hal ini untuk mendapatkan keuntungan.

Sekarang, bisnis telah berubah. Data dinyatakan sebagai salah satu komoditas paling berharga saat ini, yang bahkan melampaui minyak &gas dalam nilai pasar.

Data, terutama yang merangkum perilaku manusia, dapat membantu bisnis untuk memutuskan masa depan mereka. Dari data, kita tahu apa yang dibutuhkan orang dan hal-hal apa yang dapat menarik mereka.

Dengan perkembangan teknologi, dapat membuat percepatan untuk mengambil data. Semakin kompleks dan komprehensif data, semakin banyak hal yang dapat dioptimalkan.

Bisnis yang Membutuhkan Data

Hampir setiap bisnis membutuhkan data, terutama untuk perusahaan besar dengan pasar yang besar. Data dapat menjadi komoditas perusahaan, vendor bisnis, pelanggan setia mereka, dan target pasar berikutnya.

Berikut adalah beberapa bidang bisnis yang sangat bergantung pada data:

1. Jasa Pertanian

2. Layanan Perbankan, Fi0cial, dan Asuransi

3. Layanan Energi &Sumber Daya

4. Layanan Kesehatan &Farmasi

5. Industri, Manufaktur, Layanan Bisnis

6. Jasa Logistik/Ekspedisi

7. Layanan Media &Komunikasi

8. Properti &Jasa Konstruksi

9. Layanan Pariwisata &Perhotelan

10. Layanan Transportasi

11. Pemerintah

Data besar harus diproses oleh sistem dengan baik, di mana output yang diharapkan adalah dokumen yang strategis untuk bisnis Anda.

Beberapa dokumen dan data dapat diakses oleh beberapa pemangku kepentingan dan staf TI, untuk memastikan pemrosesan data yang baik.

Sistem yang rapi dapat membantu pembuat keputusan untuk bertindak peran strategis mereka dengan mudah dan lebih efektif, berdasarkan informasi yang komprehensif.

Proses Big Box sebagai Platform Big Data

Telkom Divisi Wholesale Service memiliki Big Box sebagai platform untuk mengolah big data. Ada 3 jenis sumber daya data yang dapat diproses di Big Box:

1. Sumber Data Real-time

Sumber data ini berasal dari segala sesuatu yang terhubung dengan produk, manufaktur, rantai pasokan, dan konsumen.

Data akan tertelan dan dipantau di Big Box. Mereka dapat dihasilkan untuk tindakan real time atau akan diproses oleh sistem untuk menganalisis lebih dalam untuk keputusan lain.

2. Data publik

Data publik berasal dari situs web dan media sosial. Ini dapat menghasilkan pelanggan atau target pasar Anda. Data akan diproses oleh sistem untuk membantu Anda membuat rencana untuk strategi pemasaran.

3. Data transaksi perusahaan

Transaksi data dapat membantu Anda menganalisis arus kas bisnis Anda dan memeriksa apakah bisnis Anda berjalan dengan baik atau tidak.

Selain memproses big data Anda, Big Box juga dapat membantu Anda berkomunikasi dengan aman dan efektif dengan rekan kerja dan pelanggan Anda melalui beberapa fitur, seperti notifikasi SMS, SMS premium/OTP, OTP Vertikal, dan Voice UTP (Mengirim OTP melalui panggilan suara).

Sebagai BUMN, Telkom Divisi Wholesale Service membantu pemerintah memproses data Kementerian Kesehatan terkait Covid-19. Hal ini dapat membantu para pemangku kepentingan untuk membuat beberapa peraturan untuk mengurangi penyebaran virus.

Tidak hanya untuk Kementerian Kesehatan, The Big Box telah membantu beberapa perusahaan untuk mengelola big data mereka seperti Kimia Farma, Pertamina, Jasa Marga, Bank BRI, Universitas Gadjah Mada, dan Pegadaian. Alat yang dapat digunakan untuk sistem dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.

Apakah informasi ini membantu?

Let’s find out more
about ‘Article headline’!

Related Article

08 July 2020
Manfaatkan Big Data untuk Merencanakan New Normal 2

Dalam menghadapi 'New Normal', bisnis dapat memilih untuk terus beroperasi seperti biasa dan berharap yang terbaik, atau mereka dapat mengembangkan strategi yang memanfaatkan analisis data.

Read More...

Artikel Populer

10 November 2020
Apakah Cloud Lebih Aman dan Lebih Aman?

Read More...

back to top