Modal Manusia dalam Organisasi

27 Mei 2022

Modal Manusia dalam Organisasi

Karyawan adalah aset penting dalam suatu organisasi dan bukan hanya biaya melakukan bisnis. Itu sebabnya kami mengakui mereka sebagai sumber daya manusia karena nilai-nilai jangka panjang mereka. Mereka unik, dan sebuah organisasi tidak dapat memisahkan mereka dari pengetahuan dan kemampuan mereka. Jadi, untuk memastikan produksi yang memadai, karyawan harus dikelola dengan hati-hati. Misalnya, bisnis dapat berinvestasi dalam pendidikan mereka.   

Bisnis yang mendukung pertumbuhan karyawan dapat mengembangkan program hubungan karyawan yang efektif. Hal ini juga dapat memungkinkan pekerja untuk berpartisipasi dalam pengambilan keputusan. Dengan melakukan itu, omzet karyawan akan berkurang sekaligus meningkatkan nilai sumber daya manusia mereka. Untuk memahami lebih lanjut tentang modal manusia, di bawah ini, kita akan melihat tren SDM baru-baru ini, SDM digital dan perilaku organisasi.

Tren SDM terkemuka untuk tempat kerja 2022

Apakah Anda ingin menyusun strategi HR di tempat kerja Anda? Tren SDM berikut akan membantu Anda membuat keputusan berdasarkan informasi dan membentuk perusahaan Anda pada tahun 2022:

Kesehatan karyawan akan segera menjadi masa depan pekerjaan: - Kesejahteraan seorang karyawan tidak lagi menjadi manfaat bagi pekerja. Sebaliknya, ini adalah kesempatan majikan untuk mendukung karyawan mereka baik dalam pekerjaan maupun kehidupan pribadi. Ini tidak hanya untuk produktivitas yang lebih baik tetapi juga untuk organisasi yang sehat. 

Model kerja hibrida: - Sekarang semuanya kembali normal setelah pandemi, model kerja hibrida akan cocok untuk meningkatkan produktivitas karyawan. Itu membuat masa depan tempat kerja lebih fleksibel dengan memungkinkan karyawan untuk bekerja dari kantor beberapa hari dan yang lainnya dari jarak jauh. 

Upskilling dan reskilling: - Untuk meningkatkan kepuasan, produktivitas, dan kinerja karyawan, transformasi keterampilan diperlukan. Jadi, SDM harus fokus pada reskilling karyawan mereka untuk mempelajari keterampilan baru. Juga, mereka dapat berlatih upskilling untuk membantu karyawan mengkhususkan diri dalam keterampilan inti. 

Keterampilan kekuatan sangat penting: - Keterampilan ini termasuk keterampilan digital dan manusia. Dengan pelajaran yang dipetik pada tahun 2021, kami membutuhkan keterampilan seperti itu untuk membantu kami mengembangkan ketahanan untuk beradaptasi dengan lingkungan kerja yang selalu berubah. Selain itu, keterampilan kelancaran digital / teknologi seperti menggunakan Zoom, WebEx, dan Strivr diperlukan.

Apa itu HR digital? Bagaimana bedanya?

Selama beberapa tahun terakhir, "SDM Digital" telah menjadi diskusi dalam manajemen sumber daya manusia. Tapi, apa artinya dan bagaimana dampaknya terhadap industri SDM? SDM digital adalah transformasi digital yang mempengaruhi sumber daya manusia saat ini. Ini membantu organisasi dalam mengubah proses SDM operasional menjadi berbasis data dan otomatis. 

Misalnya, alih-alih melakukan hal-hal dengan cara SDM yang biasa, organisasi dapat menggunakan aplikasi swalayan dan e-sign, rekrutmen otomatis, gamification pelatihan, dan wawancara jarak jauh dan virtual. Selain itu, SDM digital mencakup teknologi rumit seperti pembelajaran mesin, kecerdasan buatan, dan analitik SDM. 

Pentingnya Perilaku Organisasi

Perilaku organisasi adalah tentang bagaimana karyawan berinteraksi satu sama lain, kepuasan kerja mereka dan apa yang memotivasi mereka. Secara umum, ini menggambarkan dinamika perilaku antara individu dan kelompok dalam sebuah perusahaan. 

Oleh karena itu, jika Anda seorang pemimpin bisnis, penting untuk memahami dinamika ini untuk mencapai tujuan jangka pendek dan jangka panjang. Selain itu, protokol dan saluran komunikasi akan meningkat selain memiliki lingkungan tempat kerja yang nyaman. 

Terbukti, masa depan pekerjaan ada di tangan para pemimpin bisnis, khususnya manajer SDM. Mereka harus menunjukkan empati, ketahanan, transparansi dan kelancaran digital. Juga, untuk meningkatkan efektivitas karyawan mereka, mereka perlu memiliki pemahaman yang mendalam tentang perilaku organisasi. 


Apakah informasi ini membantu?

Let’s find out more
about ‘Article headline’!

Artikel Populer

15 April 2022
Apakah Cloud Lebih Aman dan Lebih Aman?

Read More...