MSIGHT: Mendukung Program Inklusi Keuangan Bank Anda

5 Januari 2022

MSIGHT: Mendukung Program Inklusi Keuangan Bank Anda

Software As A Service Wholesale Big Data 

Pada tahun 2014, 2 miliar orang di seluruh dunia tidak memiliki rekening bank. Jumlahnya mengejutkan, mengingat ada 7,25 miliar orang pada tahun 2014, yang berarti bahwa lebih dari seperempat populasi tidak memiliki rekening bank. Masalah dengan ini adalah bahwa banyak dari orang-orang ini tidak memiliki akses ke fasilitas keuangan. Dengan kata lain, orang-orang ini dikecualikan secara finansial. Masalah ini membuat organisasi di seluruh dunia berusaha untuk mendistribusikan akses ke populasi ini, mendorong munculnya inklusi keuangan.


Inklusi Keuangan di Indonesia

Sebagai upaya untuk memberikan akses keuangan yang setara kepada kelompok sosial yang rentan, inklusi keuangan telah menjadi kampanye bagi lembaga perbankan di Indonesia. Bahkan, kampanye ini didukung oleh pemerintah sendiri. Pada 2017, 40 juta orang dewasa Indonesia tidak memiliki rekening bank, dan tingkat inklusi keuangan sekitar 50%. Laporan 2019 oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) melaporkan bahwa inklusi keuangan kami meningkat menjadi 76,1%. Dengan tingkat inklusi keuangan yang semakin cepat, lembaga keuangan dapat memperoleh manfaat dari alat Big Data yang dapat memastikan keberhasilan kampanye.


Potensi MSIGHT dalam Mendukung Kampanye Inklusi Keuangan

Sebagai platform Big Data, MSIGHT Telkomsel dapat menghasilkan wawasan besar bagi lembaga keuangan. Fitur MSIGHT termasuk Risk Insight, Mobility Insight, Lifestyle Insight, dan API Services. Fitur-fitur ini akan memungkinkan MSIGHT untuk mendukung strategi lembaga keuangan dalam mengembangkan inklusi keuangan. Lebih khusus lagi, fitur MSIGHT dapat mendukung kampanye inklusi keuangan dengan berbagai cara, termasuk namun tidak terbatas pada:


• Secara efektif menjangkau Kelompok yang Dikecualikan

Ini adalah inti dari inklusi keuangan. Karena inklusi keuangan bertujuan untuk menjangkau kelompok-kelompok yang rentan dan dikecualikan, mungkin ada tantangan dalam metode menjangkau kelompok-kelompok ini. MSIGHT, bagaimanapun, dapat melewati tantangan ini dengan menyediakan jumlah data yang lebih dari cukup. Dengan fitur MSIGHT, lembaga keuangan dapat mengumpulkan informasi sebelum mendekati kelompok-kelompok ini, memungkinkan mereka untuk merencanakan, mengembangkan, dan melaksanakan strategi komunikasi terbaik.

 

• Mengumpulkan Wawasan untuk Langkah-Langkah Inklusi Keuangan

Wawasan terbaik berasal dari kumpulan data yang besar. Semakin banyak data yang dimiliki seseorang, semakin baik rencana aksinya. Ketika lembaga keuangan membutuhkan wawasan yang relevan dari satu set besar data, mereka dapat menemukan alat seperti MSIGHT sangat membantu. Dengan database yang mencakup lebih dari 140 juta pelanggan, MSIGHT dapat memberikan informasi terbaik kepada lembaga keuangan. Data yang berkaitan dengan pergerakan, demografi, dan psikografis masyarakat akan berfungsi dengan baik untuk pengembangan kampanye inklusi keuangan.


• Mengurangi Risiko

Karena inklusi keuangan melibatkan lebih banyak orang, kampanye secara otomatis meningkatkan jumlah risiko yang dapat dimiliki lembaga keuangan. Menjalankan pemeriksaan latar belakang manual pada setiap konsumen adalah ukuran konvensional usang yang dapat memakan waktu lama. Dengan lebih banyak orang yang terlibat saat kampanye inklusi keuangan berkembang, wawasan risiko MSIGHT dapat memberikan analisis kepada lembaga keuangan tentang perilaku konsumen, memungkinkan perilaku masalah keuangan yang lebih aman.


• Pemasaran yang Lebih Baik

Agar kampanye berhasil, inklusi keuangan harus disertai dengan strategi pemasaran yang dapat berkomunikasi secara efektif kepada khalayak. Wawasan pemasaran yang buruk dapat menyebabkan komunikasi yang tidak efektif, yang akan membuang sejumlah besar uang. Di sisi lain, mengumpulkan informasi dari MSIGHT dapat memungkinkan lembaga keuangan untuk mengetahui kecenderungan dan preferensi pelanggan, yang pasti akan membantu dalam hal komunikasi pemasaran.


• Meningkatkan Kebijakan

Last but not least, MSIGHT dapat menawarkan wawasan untuk meningkatkan kebijakan yang terkait dengan kampanye inklusi keuangan. Ketika kita berbicara tentang pelanggan lembaga keuangan di negara dengan populasi yang beragam seperti apa yang dimiliki Indonesia, membentuk kebijakan yang efektif bisa sulit karena mungkin ada hambatan budaya dan sosial ekonomi. Sama seperti FINDEX Bank Dunia menggunakan data besar untuk mengembangkan inklusi keuangan di 150 negara, lembaga keuangan Indonesia dapat memperoleh manfaat dari data MSIGHT untuk kampanye yang sama secara nasional.


Apakah informasi ini membantu?

Let’s find out more
about Software As A Service Article!

Artikel Terkait

Invalid date
Mengumpulkan Data yang Tepat untuk Bisnis Anda

Dalam beberapa tahun terakhir, kita semua terobsesi dengan frasa buzz 'data besar'. Data selalu menjadi tulang punggung institusi manapun, terutama di era digital ini.

Read More...

Artikel Populer

15 April 2022
Apakah Cloud Lebih Aman dan Lebih Aman?

Read More...