Sebagai bagian dari dukungannya terhadap transformasi digital Indonesia dalam munculnya Revolusi Industri 4.0, Telkomsel terus mengembangkan solusi Mobile Consumer Insight (MSIGHT) kepada masyarakat. MSIGHT khususnya berfokus pada layanan big data telco, yang dioperasikan oleh Telkomsel secara business-to-business (B2B) dengan industri, termasuk perusahaan startup dan lembaga pemerintah, melalui dukungan dari Telkom DWS.
Menurut Vice President Telkomsel Data Insight and Interface Services Development, Mia Melinda, MSIGHT berupaya untuk menambah nilai bagi institusi pemerintah dan berbagai sektor industri seperti layanan fi0cial, transportasi, e-commerce, ritel, digital, periklanan dan masih banyak lagi, dengan meningkatkan kemampuannya dalam kemitraan teknologi.
Bagaimana MSIGHT dapat menambah nilai bagi industri dan lembaga pemerintah
Big data dapat digunakan untuk berbagai tujuan bisnis dan layanan publik. Big data mampu memantau perubahan lalu lintas pengunjung pusat, mengklasifikasikan konsumen berdasarkan profil tertentu, mengukur perilaku digital konsumen, memetakan pola pergerakan lintas lokasi konsumen serta sikap mereka terhadap produk dan layanan tertentu.
Dengan demikian, berbagai produk MSIGHT, yang terdiri dari wawasan risiko, wawasan mobilitas, wawasan gaya hidup dan pasar API, menawarkan berbagai manfaat bagi pelaku bisnis, yang mencakup dasar komunikasi pemasaran, intelijen bisnis dan penilaian risiko.
Lini produk wawasan risiko berfokus pada analisis profil risiko fi0cial pelanggan melalui skor kredit dan produk skor lokasi. Wawasan mobilitas, sementara itu memberikan wawasan tentang pola pergerakan pelanggan, ketika mereka bergerak atau tinggal di tempat-tempat tertentu. Wawasan ini diwakili oleh profiler pencakar langit. Wawasan gaya hidup, sementara itu, berfokus pada demografi dan minat pelanggan, diwakili oleh wawasan sindikasi. Akhirnya, pasar API hadir dalam API telco dan non-telco, yang keduanya dapat dikelola langsung oleh klien.
Jaminan privasi
Jika Anda pernah khawatir tentang nasib privasi data Anda di bawah sistem wawasan data tersebut, jangan khawatir, karena MSIGHT akan dapat mengelola informasi data besar yang telah dikumpulkan Telkomsel secara anonim dan agregat. Dengan melakukan proses ini secara efisien, MSIGHT mengubah data mentah menjadi informasi dan wawasan, yang diperbarui secara teratur.
Mengapa MSIGHT?
Kekuatan Telkomsel dalam penyediaan big data terletak pada basis pelanggannya yang menonjol: memiliki 178 juta pengguna yang mewakili mayoritas pengguna data internet di seluruh Indonesia. Selain itu, 99% populasi di Indonesia memiliki akses ke cakupan jaringan Telkomsel; dengan 85 +% untuk cakupan 3G dan cakupan 4G 80+. Dengan keunggulan tersebut, Badan Pusat Statistik (BPS) dan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) misalnya telah mempercayai solusi MSIGHT untuk membantu mereka melakukan studi penelitian makroekonomi mereka dengan lebih efisien.
Di tahun-tahun mendatang, kecakapan analisis MSIGHT hanya akan menjadi lebih baik, memenuhi kebutuhan berbagai sektor dan tujuan.
Apakah informasi ini membantu?
Pada 2014, 2 miliar orang di seluruh dunia tidak memiliki rekening bank. Jumlah itu mencengangkan, mengingat ada 7,25 miliar orang pada tahun 2014, yang berarti lebih dari seperempat populasi tidak memiliki rekening bank.
Read More...
Dalam beberapa tahun terakhir, kita semua terobsesi dengan frasa buzz 'data besar'. Data selalu menjadi tulang punggung institusi manapun, terutama di era digital ini.
Read More...
Salah satu cara untuk memverifikasi identitas seseorang adalah dengan memeriksa mobilitas seseorang. Tempat-tempat yang sering kita kunjungi (misalnya, rumah kita, kantor kita, kedai kopi favorit kita, dll.) dapat memberi tahu banyak tentang siapa kita dan apa yang kita lakukan.
Read More...
Dalam artikel sebelumnya [link], kita telah belajar apa itu MSIGHT. Singkatnya, MSIGHT menyediakan layanan data besar telco.
Read More...
Read More...
Read More...
Read More...
Read More...
TALK TO US