Pahami Pelanggan Anda Lebih Lanjut dengan SMS A2P

28 Desember 2021

Pahami Pelanggan Anda Lebih Lanjut dengan SMS A2P

Terlepas dari keberhasilan SMS yang meluas dan fakta bahwa miliaran pesan teks dikirim setiap hari di seluruh dunia, kebanyakan orang di sektor bisnis masih berpikir bahwa SMS hanya dapat digunakan sebagai alat pemasaran dan bukan untuk dukungan pelanggan.

Berdasarkan penelitian oleh Statista, hanya tujuh persen pelanggan yang mengatakan bahwa mereka telah menggunakan SMS untuk berkomunikasi dengan bisnis.

Ini berarti bahwa meskipun SMS juga merupakan mode komunikasi yang kuat untuk layanan pelanggan, masih banyak bisnis yang tidak memanfaatkan SMS sepenuhnya untuk meningkatkan layanan dan keterlibatan pelanggan mereka.

Dukungan pelanggan SMS adalah dukungan apa pun yang diberikan oleh perusahaan kepada pelanggan melalui pesan teks. Ini benar-benar virtual dan tidak memerlukan interaksi tatap muka dari komunikasi verbal.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Gigaom menunjukkan bahwa rata-rata pesan teks dibaca 98% dari waktu, secara signifikan lebih tinggi dari email, yang hanya 22%. Ini menunjukkan bahwa pelanggan merasa nyaman dengan SMS.

Oleh karena itu sudah waktunya bagi bisnis untuk menjadi akrab dan berinvestasi dalam saluran komunikasi ini juga.

Membangun loyalitas dari percakapan teks dengan pelanggan Anda

Penelitian yang dilakukan oleh RingCentral menunjukkan bahwa 79% pelanggan tidak senang dengan layanan pelanggan mereka saat ini yang tersedia bagi mereka, 89% orang menginginkan opsi layanan pelanggan lain, dan 78% orang yang mengirim sms berharap mereka dapat melakukan percakapan teks dengan bisnis.

SMS adalah cara cepat dan nyaman untuk mengkomunikasikan masalah. Dengan menggunakan saluran ini, agen layanan pelanggan Anda dapat merespons pelanggan lebih cepat daripada yang dapat mereka lakukan dengan panggilan langsung.

Tidak hanya itu, SMS juga memungkinkan pelanggan Anda untuk merekam percakapan, sedangkan dengan panggilan langsung, percakapan yang direkam hanya tersedia untuk agen layanan pelanggan.

SMS menempatkan kekuatan komunikasi di tangan pelanggan, sehingga meningkatkan loyalitas, kepuasan, dan kebahagiaan dari pelanggan.

Pahami apa yang diinginkan pelanggan Anda dengan melakukan jajak pendapat

Jika pelanggan memiliki pengalaman buruk dengan bisnis, hanya 1 dari 26 orang yang akan memutuskan untuk mengeluh, sebuah studi oleh GrooveHQ.

Sementara 91% orang lain akan memutuskan untuk tidak pernah menggunakan bisnis Anda lagi. Ini menunjukkan betapa pentingnya layanan pelanggan yang baik sebenarnya.

Teknologi SMS A2P menyediakan platform netral di mana pelanggan dapat merasa bebas untuk mengekspresikan pendapat mereka yang sebenarnya tentang bisnis Anda.

Anda dapat menggunakan SMS untuk melakukan jajak pendapat untuk lebih memahami seberapa puas pelanggan Anda dengan bisnis Anda. Tidak hanya menyediakan lingkungan yang aman bagi pelanggan Anda untuk jujur,

SMS juga merupakan alat yang hebat untuk komunikasi dua arah dengan pelanggan Anda, karena memiliki tingkat respons yang tinggi sebesar 45%, secara signifikan lebih tinggi jika dibandingkan dengan email yang hanya 6%.

Mengurangi kehilangan kesempatan dengan pesan pengingat

Jika Anda menjalankan bisnis yang berorientasi layanan, Anda dapat menggunakan SMS untuk mengirim pengingat janji temu sederhana yang dapat membantu mengurangi no-show dan meningkatkan pengalaman pelanggan.

Untuk e-commerce, SMS juga dapat digunakan untuk mengingatkan pelanggan Anda untuk menyelesaikan transaksi bisnis mereka.

Hidup kadang-kadang bisa sibuk dan pelanggan akan sangat menghargai sedikit bantuan dari Anda untuk mengingatkan mereka tentang janji dan kebutuhan mereka.

Layanan yang baik secara keseluruhan mendapatkan loyalitas pelanggan dan sangat penting untuk kesuksesan perusahaan Anda. SMS dapat menjadi alat yang hebat untuk meningkatkan pengalaman pelanggan dan membantu Anda membangun layanan yang akan menyenangkan basis pelanggan Anda.

SMS nyaman, fleksibel, dan pribadi, memungkinkan Anda untuk membangun percakapan yang bermakna dan berdampak dengan pelanggan Anda.


Apakah informasi ini membantu?

Artikel Terkait

22 September 2020
Komunikasi Berbasis Target Lokasi untuk Efisiensi yang Lebih Baik

Menurut data intelijen real-time GSMA, saat ini, ada 5,22 Miliar orang yang memiliki perangkat seluler di dunia.

Read More...

Artikel Populer

15 April 2022
Apakah Cloud Lebih Aman dan Lebih Aman?

Read More...