Pahami Perbedaan Cloud untuk Bisnis Anda

31 Oktober 2022

Pahami Perbedaan Cloud untuk Bisnis Anda

Bagi Anda yang memiliki bisnis, tentu optimalisasi teknologi terkini adalah salah satu langkah untuk mengembangkan bisnis. Salah satu teknologi yang perlu optimalkan adalah penggunaan cloud, di mana ada beberapa jenis cloud yang bisa organisasimu manfaatkan; mari kenali dulu perbedaan public cloud, private cloud, dan hybrid cloud.

Sadar atau tidak, banyak aktivitas yang Anda lakukan akhir-akhir menggunakan sistem cloud! Mulai dari bermain game, menonton serial film dan juga menyelesaikan pekerjaan kantor. Luar biasa bukan?!

Mengenali cloud dengan memahami perbedaan public cloud, private cloud, dan hybrid cloud, Anda akan lebih mudah untuk mengoptimalkan aspek kemajuan teknologi di bisnis Anda.

Mengenal Cloud Computing

Cloud computing adalah teknologi yang berfungsi menyimpan atau mengakses suatu program, aplikasi, atau data melalui internet. Hal ini merupakan sebuah terobosan baru di mana sebelumnya penyimpanan menggunakan hard drive di laptop, komputer, tablet atau smartphone, sekarang dapat diakses tanpa harus berfokus pada perangkat keras tertentu. 

Secara umum, cloud computing dapat dikategorikan menjadi tiga jenis, yaitu :

  • Public cloud, yaitu jenis cloud computing yang mengirimkan data melalui internet dan dibagikan ke seluruh organisasi atau perusahaan. Public cloud merupakan jenis cloud computing yang paling populer yang menawarkan banyak pilihan dalam hal solusi dan sumber daya computing untuk memenuhi kebutuhan organisasi atau perusahaan yang terus meningkat.
  • Private cloud, yaitu jenis cloud computing yang didedikasikan hanya untuk sebuah organisasi atau perusahaan tertentu. Private cloud merupakan jenis cloud yang dikhususkan untuk penggunaan satu organisasi atau perusahaan. Dengan menggunakan private cloud, Anda tidak berbagi sumber daya cloud computing dengan organisasi atau perusahaan lain.
  • Hybrid cloud, yaitu jenis cloud yang menggabungkan karakter dari public cloud maupun private cloud. Hybrid cloud merupakan jenis cloud yang menggabungkan public cloud dan private cloud, di mana sebuah perusahaan dapat menggunakan private cloud untuk IT internal perusahaan dan dilengkapi infrastruktur public cloud untuk mengakomodasi lonjakan traffic yang sesekali terjadi.

Perbedaan Public cloud, Private cloud, dan Hybrid cloud berdasarkan kelebihannya

Public cloud menawarkan kelebihan berupa :

  • Tingginya elastisitas dan skalabilitas;
  • Dikarenakan berbasis langganan, biaya relatif rendah;
  • Adanya opsi freemium, atau dengan metode langganan, di mana Anda dikenakan biaya berdasarkan apa yang Anda konsumsi.

Private cloud menawarkan kelebihan berupa :

  • Ekosistem yang eksklusif hanya digunakan oleh perusahaan Anda tidak dapat diakses oleh organisasi atau perusahaan lain;
  • Penyesuaian keamanan, di mana Anda dapat membuat peraturan yang ketat agar seluruh karyawan menjalankan protokol, konfigurasi, dan tindakan keamanan berdasarkan persyaratan;
  • Skala pemakaian yang dapat disesuaikan dengan meningkatkan kapasitas melalui penambahan resource hardware yang ada seperti SSD, Memory; 
  • Efisiensi performa di mana Anda dapat menggunakan Service Level Agreement yang tinggi sesuai dengan kebutuhan perusahaan;
  • Fleksibilitas infrastruktur di mana perusahaan Anda dapat menggunakan layanan cloud sebagai disaster recovery, untuk backup data dan aplikasi jika terjadi hal yang tidak diinginkan.

Keuntungan menggunakan hybrid cloud :

  • Opsi fleksibel yang beragam, di mana Anda dapat menerapkan kebijakan terkait distribusikan beban kerja di seluruh lingkungan infrastruktur publik dan pribadi berdasarkan persyaratan keamanan, kinerja, dan biaya;
  • Aspek keamanan yang dapat dipertimbangkan, di mana Anda dapat menggunakan lingkungan public cloud tanpa memaparkan beban kerja IT yang sensitif pada risiko keamanan; yang melekat;
  • Andal dalam pendistribusian data, di mana Anda dapat mendistribusikan data ke beberapa pusat data dengan performa yang optimal.
  • Biaya yang bisa dikendalikan, di mana Anda dapat mengalokasikan data yang sensitif menggunakan private cloud, sementara sisanya bisa disebar ke public cloud yang lebih terjangkau untuk menghemat biaya.

Dengan mengetahui perbedaan public cloud, private cloud dan hybrid cloud, Anda akan semakin mudah untuk mempertimbangkan jenis cloud yang akan diambil. Jika Anda membutuhkan partner dalam penggunaan cloud bagi bisnis Anda, percayakan Telkom DWS yang telah berpengalaman dalam bidang teknologi dan komunikasi!

Apakah informasi ini membantu?

Artikel Populer

29 Desember 2021
Mengelola Big Data dengan Telkom Big Box

Read More...