Pecinta Film Wajib Mengenal Layanan OTT

28 November 2022

Pecinta Film Wajib Mengenal Layanan OTT

Pecinta Film Wajib Mengenal Layanan OTT

Pada masa pandemi kondisi perfilman baik luar negeri maupun dalam negeri mengalami masa yang suram karena kehilangan pengunjungnya. Banyak dari pecinta film mulai mengenal layanan OTT seperti Netflix, Disney+ Hotstar, Apple TV, Hulu, Viu, Vidio, atau Iflix. Menurut survei yang dilakukan oleh Media Partners Asia (MPA) pada Januari 2021, Netflix telah memiliki sekitar 850 juta pelanggan di Indonesia. Hal ini disusul dengan Disney+ Hotstar yang juga memiliki lebih dari 2,5 juta pelanggan.

Hal ini menunjukkan terjadi peningkatan jumlah orang yang mengenal layanan OTT melalui platform di atas. Dengan turunnya kondisi pandemi, sebagian besar orang masih menggunakan layanan OTT dibandingkan TV kabel dan satelit maupun pergi ke bioskop.

Namun, apakah Anda sudah mengenal layanan OTT dengan teknologi mutakhir di dalamnya? Dan tahukah Anda bagaimana sebenarnya platform ini bekerja?

Pemahaman Tentang OTT

Secara sederhana, OTT adalah media atau platform streaming, seperti film, acara televisi, maupun serial yang ditayangkan oleh berbagai Production House. Untuk mengaksesnya Anda cukup menggunakan perangkat, baik smartphone, PC, laptop, atau smart TV, yang tersambung melalui internet.

Over The Top atau yang kita kenal dengan istilah OTT sebenarnya mengacu pada metode penyampaian konten melalui internet. Dengan memahami definisi tadi, OTT dapat merujuk pada berbagai layanan, seperti streaming video dan audio, perpesanan, dan VoIP.

Penggunaan istilah Over The Top atau melewati platform konvensional, menunjukkan perbedaan signifikan dengan platform siaran, kabel, atau TV satelit, yang mengatur siaran tayangnya. Melalui metode ini, setiap pengguna dapat melakukan streaming konten apapun dengan waktu kapanpun selama perangkat terkoneksi dengan internet yang memadai.

Perbedaan OTT dan VOD

Apakah OTT sama seperti VOD (Video On Demand)? Berbeda tentunya! OTT merupakan layanan distribusi konten (video, film, dan TV) yang dikirim melalui internet, sedangkan VOD hanya memberikan layanan model konsumsi konten yang dapat diputar ulang sesuai permintaan. Jadi singkatnya, OTT juga memiliki fitur seperti VOD, sedangkan VOD hanyalah salah satu fitur dalam OTT.

Salah satu layanan OTT yang tidak terdapat dalam VOD adalah live streaming. Contohnya adalah pertandingan sepak bola Liga Inggris yang ditayangkan secara langsung pada Mola TV, salah satu penyedia layanan OTT, yang tidak dapat dianggap sebagai bagian dari VOD.

Alasan Platform OTT Menjadi Populer

OTT menjadi sangat populer hingga saat ini karena aksesibilitasnya. Cukup dengan koneksi internet berkecepatan tinggi dan perangkat terhubung yang mendukung aplikasi atau browser, seperti PC, smart TV, smartphone, dan tablet, Anda dapat menikmatinya.

Alasan kedua adalah harga yang subscription bulanan yang relatif murah untuk dapat menikmati berbagai konten dengan durasi 24/7 selama masa berlaku. Dengan karakteristik layanan OTT, setiap provider atau platform OTT dapat berkreasi dengan metode monetisasi mereka dengan beberapa metode untuk mendapatkan pemasukan, mulai dari Ad-Based Video On Demand (AVOD), Subscription-Based Video On Demand (SVOD), hingga Transactional Video On Demand (TVOD).

OTT Sebagai Sarana Meningkatkan Ekonomi Digital

Melalui layanan OTT di Indonesia dan jumlah pelanggan yang melonjak semenjak pandemi, secara tidak langsung membuat ekonomi digital di Indonesia turut naik. Peningkatan ekonomi digital diraih dari pajak sebesar 10% yang dikenakan pada platform OTT yang hadir di Indonesia.

Hal ini juga didukung dengan platform OTT yang juga menyediakan ruang bagi Production House tanah air untuk menayangkan konten mereka secara khusus di platform tersebut. Dengan hak siar tersebut, banyak SDM yang juga turut mendapatkan keuntungan dari platform OTT.

Banyak informasi dan perkembangan teknologi digital di sekitar Anda yang perlu dipahami lebih dalam. Hal ini memiliki potensi juga bagi perkembangan bisnis Anda. Ingin mengetahui berbagai informasi terkait teknologi digital terkini? Atau membutuhkan bantuan partner yang ahli di bidang teknologi digital? Hubungi Telkom DWS segera!

Apakah informasi ini membantu?

Artikel Populer

Mengelola Big Data dengan Telkom Big Box
29 Desember 2021

Mengelola Big Data dengan Telkom Big Box

Read More...