Pemantauan kesalahan jaringan vs kinerja jaringan

9 Juni 2022

Pemantauan kesalahan jaringan vs kinerja jaringan

Managed Service Managed Service 

Pemantauan kesalahan dan kinerja adalah dua komponen yang harus dimiliki setiap perusahaan IT. Meskipun mereka tampak serupa, ada perbedaan di antara mereka. Pemantauan kinerja pada dasarnya digunakan ketika jaringan lambat, sementara pemantauan kesalahan digunakan saat jaringan tidak berfungsi. 

Tapi, bagaimana Anda tahu bahwa jaringan Anda memiliki masalah kesalahan atau kinerja? Alat mana yang dapat Anda gunakan, dan apa pro dan kontra mereka? Baca terus saat kami mengungkap misteri di balik pemantauan jaringan dan bagaimana hal itu dapat membuat perjalanan administratif TI Anda lebih sempurna. 

Pemantauan Kesalahan Jaringan

Pemantauan kesalahan jaringan adalah proses mengidentifikasi kerusakan jaringan, mengisolasi dan berpotensi menyelesaikan masalah. Beberapa pemeliharaan paling umum dalam pemantauan kesalahan termasuk tes diagnostik, kesalahan firewall, kesalahan login, dan masalah alamat IP. 

Pemantauan kesalahan jaringan dapat dilakukan sebagai aktif atau pasif. 

Pemantauan Kesalahan Jaringan Pasif: Jenis pemantauan kesalahan ini bekerja dengan mengumpulkan peringatan kesalahan yang dikirim oleh perangkap Protokol Manajemen Jaringan Sederhana (SNMP) yang menunjukkan kelainan dalam jaringan. Ia bekerja dengan mengumpulkan data dari perangkat jaringan dan mentransmisikan semua kesalahan ke sistem pemantauan jaringan pusat. Namun, kekurangan utamanya adalah bahwa jika perangkat mengalami kegagalan total, tidak ada peringatan yang dapat dikirim, dan kesalahan mungkin memerlukan waktu untuk dideteksi. 

Pemantauan Kesalahan Jaringan Aktif: Jenis pemantauan kesalahan jaringan ini hadir untuk memecahkan masalah masalah pemantauan kesalahan jaringan pasif. Alih-alih bergantung pada perangkat untuk informasi tentang kesalahan, ia secara aktif memantau perangkat. 

Pro Pemantauan Kesalahan Jaringan

● Mudah diatur

● Menggunakan teknik penemuan otomatis untuk memindai kesalahan pada perangkat

● Ini dapat secara otomatis menyampaikan informasi dari alamat IP yang berbeda selama Anda memasukkannya ke dalam. 

Kontra Pemantauan Kesalahan Jaringan

● Pemantauan Kesalahan Jaringan Pasif lebih kompleks karena setiap perangkat harus diatur untuk mengirim peringatan individu ke sistem pemantauan. 

● Tidak semua perangkat dapat mengirim peringatan. 

Pemantauan Kinerja Jaringan

Pemantauan Kinerja Jaringan adalah proses mengumpulkan, mengukur, memecahkan masalah, dan mengoptimalkan metrik jaringan. Ini membantu admin jaringan mengelola data jaringan, mengukur variabilitas kinerja, dan mengidentifikasi kesalahan dan risiko. 

Pada dasarnya, pemantauan performa jaringan melacak latensi, bandwidth, kesalahan, dan throughput.  

Pro Pemantauan Kinerja Jaringan

● Ini membantu mendeteksi dan menghilangkan perilaku yang tidak biasa dalam suatu sistem sebelum diterjemahkan ke masalah yang lebih besar. 

● Ini menawarkan pengalaman pengguna yang lebih baik dengan mengurangi kesalahan dan latensi dalam lalu lintas jaringan.

● Ini membantu mengidentifikasi area masalah jaringan dan menunjukkan data tentang kinerja. 

● Sistem ini membantu mengidentifikasi aktivitas berbahaya dan ancaman keamanan. 

Kontra Pemantauan Kinerja Jaringan

● Beberapa alat mungkin rumit untuk diatur karena tidak dapat mengakses lapisan yang divisualisasikan. 

● Admin jaringan perlu memantau sistem otomatis untuk memastikannya berjalan secara efisien dan konstan. Terkadang ini bisa menjadi tugas yang menakutkan. 

● Terkadang mesin virtual mungkin tidak mengkomunikasikan data yang diperlukan, yang berarti pemantauan harus dilakukan. 

Pemantauan kinerja jaringan bisa lebih kompleks dan menantang daripada pemantauan kesalahan jaringan, tetapi kesulitannya dalam menyiapkannya membuatnya lebih baik dan lebih canggih. Pemantauan kesalahan jaringan juga berguna untuk mengidentifikasi kesalahan dan ancaman yang dapat menyebabkan masalah dalam suatu sistem.


Apakah informasi ini membantu?

Let’s find out more
about ‘Article headline’!

Artikel Populer

15 April 2022
Apakah Cloud Lebih Aman dan Lebih Aman?

Read More...