Pengenalan Suara: Mengubah cara orang berkomunikasi

30 Desember 2021

Pengenalan Suara: Mengubah cara orang berkomunikasi

Dalam lingkungan digital saat ini, teknologi pengenalan suara telah menjadi konsep yang semakin populer yang digunakan oleh pengguna dan perusahaan di seluruh dunia. Menurut kepala eksekutif Google, 20% pencarian Google di smartphone saat ini dimasukkan melalui suara, bukan teks. Teknologi ini sekarang digunakan di berbagai perangkat dan saluran komunikasi yang berbeda, memungkinkan sistem untuk mengidentifikasi kata-kata yang diucapkan dan mengubahnya menjadi sinyal yang dapat dipahami oleh mesin, untuk kemudian diterjemahkan ke dalam informasi yang berguna yang dapat membantu pengguna. Sebagian besar perusahaan yang telah menerapkan Platform Komunikasi sebagai Layanan (CPaaS) telah secara bertahap mengadopsi fitur ini karena dapat membantu memperkaya pengalaman pelanggan dan mengurangi biaya organisasi dan karena itu meningkatkan produktivitas dan profitabilitas perusahaan. Pada 2017, ukuran pasar global untuk pengenalan suara berada di USD 6,39 miliar dan diperkirakan akan mencapai USD 29,28 miliar pada 2026 dengan CAGR 19,9% dari 2019 hingga 2026. Mengapa teknologi pengenalan suara menjadi semakin populer? Berikut adalah manfaat yang dapat diberikan bisnis Anda.


Memberikan pengalaman pelanggan yang hebat dengan meningkatkan interaksi swalayan

Salah satu kontribusi yang paling berharga dari pengenalan ucapan untuk bisnis adalah kemampuan untuk meningkatkan fitur swalayan di saluran komunikasi perusahaan dan karena itu meningkatkan pengalaman pelanggan. Pengenalan ucapan dapat membantu pelanggan untuk memasukkan informasi rinci mereka, tanpa berinteraksi dengan agen langsung. Ini akan mengurangi waktu antrian pelanggan, dan karena itu meningkatkan kepuasan pelanggan. Sementara bagi perusahaan, fitur swalayan ini akan membantu mengurangi biaya organisasi dan memungkinkan karyawan Anda untuk fokus pada tugas yang lebih produktif.


Menghemat waktu, meningkatkan efisiensi, dan membuat komunikasi lebih mudah

Pengenalan suara juga dapat meningkatkan efisiensi operasional dalam bisnis Anda dengan menyediakan dan kemudahan komunikasi. Ini akan meningkatkan kecepatan perputaran dokumen karena dapat menghasilkan dokumen dalam waktu kurang dari setengah waktu yang dibutuhkan untuk mengetik. Tidak hanya itu, berfokus pada ucapan dan dokumentasi digital dapat mengurangi jumlah dokumen yang diperlukan untuk melakukan operasi bisnis dalam organisasi dan karena itu menyederhanakan seluruh proses bisnis.


Alat komunikasi kritis untuk tunanetra dan pendengaran

Menerapkan pengenalan suara juga dapat menjadi keputusan strategis bagi bisnis yang condong ke lingkungan digital yang lebih inklusif. Ada banyak orang dengan gangguan penglihatan, masalah mobilitas, dan cacat fisik lainnya yang bergantung pada teknologi ini untuk menggunakan komputer dan perangkat digital lainnya, yang memungkinkan mereka untuk menulis dokumen sepenuhnya hands-free. Selain itu, kemampuan untuk mengubah audio menjadi teks juga merupakan alat komunikasi penting bagi gangguan pendengaran. Dengan pengenalan suara, teknologi dapat digunakan lebih inklusif dan karena itu berkontribusi untuk menutup kesenjangan digital.


Mengetahui tren saat ini dan semua manfaat yang disebutkan di atas, teknologi pengenalan suara akan menjadi fitur yang berkembang pesat dan kuat di banyak alat komunikasi, termasuk CPaaS Indonesia. Kunci untuk teknologi yang muncul ini adalah memproses, menafsirkan, dan memahami sinyal ucapan dan mengubahnya menjadi informasi yang dapat diandalkan bagi pengguna. Meningkatkan efisiensi bisnis, memberikan pengalaman pelanggan yang hebat, dan memungkinkan perusahaan untuk membangun saluran komunikasi yang lebih inklusif dan mudah diakses, pengenalan suara akan mengubah cara orang berkomunikasi menjadi lebih baik.


Apakah informasi ini membantu?

Artikel Terkait

Invalid date
Apa yang Perlu Diketahui Pemimpin Bisnis sebelum menggunakan CPaaS
Cloud & Data CenterCloud

Communications Platforms as a Service (CPaaS) adalah teknologi yang baru-baru ini semakin populer. Ini karena kemampuannya untuk memungkinkan bisnis memodifikasi proses komunikasi mereka.

Read More...

Artikel Populer

15 April 2022
Apakah Cloud Lebih Aman dan Lebih Aman?

Read More...