Pengenalan Ucapan dan Cara Kerjanya

30 Desember 2021

Pengenalan Ucapan dan Cara Kerjanya

Meluasnya penggunaan gadget dan perangkat pintar di kalangan pengguna semakin mendorong adopsi teknologi pengenalan suara. Menurut Globe Newswire, pasar pengenalan suara dan suara diperkirakan akan tumbuh dan mencapai USD 26,8 miliar pada tahun 2025, dengan CAGR 17,2% dari 2019 hingga 2025. Teknologi pengenalan suara diakui sebagai alat yang efektif dan nyaman untuk mengelola perangkat pintar. Tidak hanya itu, ini juga merupakan fitur yang sangat berguna dalam platform komunikasi teknologi yang sedang berkembang sebagai Layanan (CPaaS).


Apa Pengenalan Ucapan dan mengapa itu penting untuk bisnis Anda

Pengenalan ucapan adalah teknologi yang memungkinkan komputer atau program untuk mengubah kata-kata yang diucapkan dengan keras menjadi teks yang dapat dibaca. Ini dapat menangkap ucapan pengguna secara real-time, menuliskannya, dan mengubahnya menjadi teks tertulis. Teknologi ini menggabungkan berbagai penelitian dari berbagai bidang, termasuk ilmu komputer, teknik, dan linguistik. Perkembangan teknologi ini masih berlangsung, karena banyak perangkat lunak pengenalan suara saat ini memiliki kosakata yang terbatas dan hanya berfungsi dengan baik jika kata-kata diucapkan dengan sangat jelas. Namun, karena teknologi menjadi semakin canggih, teknologi pengenalan suara sekarang dapat memahami pidato yang lebih alami dengan bahasa dan aksen yang berbeda, membuat hasilnya lebih akurat dan karena itu meningkatkan efisiensi dan produktivitas bisnis dalam organisasi Anda.


Bagaimana cara kerja Speech Recognition?

Langkah pertama untuk menjalankan program Pengenalan Ucapan adalah menerapkan mikrofon yang dapat menerjemahkan getaran dari suara pengguna menjadi sinyal listrik, kemudian mengubahnya menjadi sinyal digital. Sinyal digital ini kemudian akan dianalisis oleh program pengenalan suara dan diklasifikasikan ke dalam kata-kata atau kalimat yang diakui oleh program. Program pengenalan suara menggunakan hubungan antara unit linguistik ucapan dan sinyal audio, dengan tujuan mencocokkan suara dengan urutan kata yang diprogram dalam sistem untuk menentukan kata-kata yang terdengar serupa. Dalam program yang lebih canggih, Speech Recognition juga mencakup model Markov tersembunyi untuk mengidentifikasi pola bicara dan karena itu meningkatkan akurasi. Tidak hanya itu, banyak program Pengenalan Suara juga mencakup metode seperti natural language processing (NLP) untuk membuat proses lebih efisien dengan menciptakan distribusi probabilitas untuk urutan. Untuk meningkatkan akurasi dalam hal tata bahasa, struktur, sintaksis, dan komposisi, banyak program Pengenalan Ucapan tingkat lanjut juga menerapkan AI dan pembelajaran mesin.


Menerapkan Pengenalan Suara untuk mendukung bisnis Anda

Ada tiga aplikasi yang paling umum untuk Pengenalan Ucapan, sistem dikte, sistem navigasi atau transaksional, dan sistem pengindeksan multimedia. Sistem dikte memungkinkan teknologi Pengenalan Ucapan untuk menuliskan kata-kata yang diucapkan oleh pengguna untuk ditranskripsi langsung ke dalam teks tertulis. Hal ini dapat digunakan untuk SMS, menulis surat, memiliki korespondensi bisnis, atau bahkan mengembangkan laporan. Sistem navigasi atau transaksional umumnya digunakan untuk memulai transaksi seperti pembelian barang, memesan layanan, atau memeriksa status transaksi. Last but not least, teknologi Pengenalan Suara dapat digunakan dalam sistem pengindeksan multimedia untuk mencari informasi dari audio atau video menggunakan kata kunci teks.


Dengan semakin banyak orang yang menggunakan perangkat pintar, teknologi Pengenalan Ucapan sekarang meningkat. Memahami apa itu Pengenalan Suara, cara kerjanya, dan mengapa penting bagi bisnis Anda akan membantu perusahaan membuat keputusan bijak dalam memasukkan teknologi ini dalam investasi CPaaS Indonesia mereka. Karena kebanyakan orang berbicara lebih cepat daripada yang mereka tulis, teknologi ini akan membawa efektivitas dan kenyamanan bagi pengguna dan karena itu membawa interaksi yang lebih bermakna dengan pelanggan Anda.


Apakah informasi ini membantu?

Artikel Terkait

28 September 2022
Menciptakan Pendidikan Tanpa Batas &Pengalaman Kelas melalui CPaaS
Cloud & Data CenterCloud

Model komunikasi berbasis cloud seperti CPaaS dapat membantu sekolah memberikan pengalaman pendidikan yang dipersonalisasi.

Read More...

Artikel Populer

15 April 2022
Apakah Cloud Lebih Aman dan Lebih Aman?

Read More...