Pentingnya Data Center di Sektor Fi0cial dan Perbankan

30 Desember 2021

Pentingnya Data Center di Sektor Fi0cial dan Perbankan

Operasi bisnis modern sangat bergantung pada data dan konektivitas. Perusahaan, terutama mereka yang menangani fi0ce dan telekomunikasi memproses sejumlah besar informasi setiap hari, dan bagi mereka, setiap kegagalan dalam memberikan layanan pada akhirnya akan menyebabkan hilangnya klien dan keuntungan. Karena bisnis ini terus memproduksi dan memanfaatkan data, mereka membutuhkan akses cepat dan aman ke data. Oleh karena itu, mereka membutuhkan pusat data yang dapat diandalkan untuk dapat berfungsi dengan baik.

Karena mereka memberikan kelincahan bisnis, memungkinkan otomatisasi, memungkinkan keamanan yang lebih baik, dan meningkatkan efisiensi dalam semua aspek, pusat data selalu menjadi aset penting dalam perbankan dan fi0ce selama bertahun-tahun. Namun, kepentingan mereka sekarang lebih penting dari sebelumnya, dan ada dua alasan penting mengapa.

Pusat Data Memungkinkan Pemulihan Data

Perusahaan-perusahaan di sektor perbankan dan fi0cial bergantung pada pemrosesan dan penyimpanan data untuk memberikan layanan terbaik, sehingga semua jenis ancaman terhadap data yang disimpan harus dihindari dengan segala cara karena secara langsung mempengaruhi operasi mereka dan berisiko kehilangan klien. Bencana, baik alam maupun buatan manusia, adalah salah satu penyebab utama kehilangan data. Tidak seperti aset fisik yang dapat dibangkitkan melalui asuransi jika terjadi kebakaran atau bencana alam, data yang hilang tidak dapat diperbaiki kecuali Anda memiliki cadangan mereka. Inilah sebabnya mengapa pencadangan data adalah perlindungan dan antisipasi langkah pertama yang harus dilakukan bisnis untuk memastikan operasi mereka berjalan lancar.

Pusat data off-premise, baik layanan milik sendiri atau colocation, telah menjadi pilihan populer di kalangan perusahaan perbankan untuk melindungi data mereka dari kerusakan, pencurian, kegagalan perangkat lunak, dan bencana. Opsi ini memungkinkan perusahaan untuk menyimpan data mereka dari area yang tidak aman dan rentan terhadap bencana, juga organisasi dapat mengambil data jika rusak atau terganggu. Selain itu, menggunakan pusat data colocation memberi perusahaan peluang yang lebih baik untuk menghindari pelanggaran data perusahaan karena penyedia colocation saat ini menerapkan protokol keamanan terbaru, luas, dan ketat baik dalam infrastruktur fisik maupun cybersecurity.

 

Pusat Data Sangat Penting untuk Kepatuhan

Kepatuhan terhadap peraturan mengacu pada kepatuhan terhadap kebijakan, aturan, dan prosedur yang menciptakan peraturan yang harus diikuti bisnis selama operasi mereka. Di Indonesia, peraturan tertentu membuat lembaga fi0cial jujur, transparan, dan fokus pada kesejahteraan pelanggan daripada secara eksklusif pada profitabilitas mereka sendiri. Oleh karena itu, penting bagi lembaga fi0cial untuk memperhatikan kepatuhan terhadap peraturan ini. Lembaga fi0cial diminta untuk merancang dan menerapkan langkah-langkah manajemen data berbasis risiko dengan perlindungan data pelanggan sebagai prioritas utamanya. Ini berarti bahwa bank dan bisnis serupa harus mengumpulkan, menyimpan, menganalisis, dan memberikan pemberitahuan dengan aman tentang penipuan, kejahatan dunia maya, dan jenis kerugian pelanggan lainnya sedekat mungkin dengan real-time untuk melakukan penilaian risiko berkelanjutan.

 

Selain itu, Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 82 Tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik* ("PP 82/2012") mengatur kewajiban Penyelenggara Sistem Elektronik pada umumnya dan Penyelenggara Sistem Elektronik untuk pelayanan publik. Penyedia Sistem Elektronik untuk pelayanan publik antara lain diwajibkan menyediakan pusat data dan pusat pemulihan bencana di wilayah Indonesia, dan harus mendapatkan Sertifikasi Kelayakan Sistem Elektronik dari Menteri, dan harus terdaftar di kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang komunikasi dan informatika. Kepatuhan terhadap persyaratan peraturan ini adalah alasan lain mengapa pusat data dan keahlian pusat data sangat penting dalam perbankan modern.


 

Dunia bisnis modern, termasuk perbankan dan fi0ce bergerak sangat cepat sesuai dengan tuntutan permintaan informasi yang luar biasa. Dengan kepatuhan dan persyaratan yang selalu berubah setelah pertumbuhan dan perkembangan ini, banyak perusahaan menaruh kepercayaan mereka pada pusat data yang memiliki fasilitas yang aman dan terjamin, karena ini memainkan peran penting dalam mencapai kepuasan pelanggan yang diharapkan.


*Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 82 tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik (PSTE)

Apakah informasi ini membantu?

Artikel Populer

15 April 2022
Apakah Cloud Lebih Aman dan Lebih Aman?

Read More...