Pentingnya Keamanan dan Kesederhanaan Data Center untuk Bisnis

30 Desember 2021

Pentingnya Keamanan dan Kesederhanaan Data Center untuk Bisnis

Bisnis saat ini sangat bergantung pada pusat data mereka untuk berjalan lancar dan optimal. Banyak perusahaan memilih untuk membangun pusat data mereka dengan alasan bahwa TI tidak lagi menjadi pusat biaya dan telah berubah menjadi pusat layanan untuk bisnis mereka. Namun, penyedia pusat data colocation juga telah menjadi pilihan populer bagi perusahaan yang perlu memiliki pusat data yang andal dan hemat biaya untuk mendukung operasi mereka.

Ada berbagai aspek yang membuat infrastruktur pusat data yang baik, dan dua yang paling penting adalah keamanan dan kesederhanaan. Dengan perubahan dan perkembangan yang cepat dalam dunia bisnis, kedua aspek ini telah menjadi lebih penting bagi banyak perusahaan.


Keamanan dan Reliabilitas

Pusat data tidak diragukan lagi rentan terhadap serangan, pelanggaran, dan ancaman baik secara fisik maupun virtual. Pencurian data, perubahan data, dan ancaman cybersecurity lainnya seperti virus, pembajakan, DoS, dan perusahaan risiko DDoS secara fi0cially dan dapat menyebabkan kerusakan merek yang tidak dapat diperbaiki – dua hal yang dengan mudah merusak bisnis apa pun. Untuk menghindari kemungkinan ini, diperlukan langkah-langkah keamanan yang memadai untuk mencegah serangan dan pelanggaran ini.

Carrier-neutrality adalah sifat dari pusat data colocation dan penting untuk keamanan pusat data. Menjadi carrier-neutral berarti bahwa pusat data independen dan tidak dimiliki atau dikendalikan oleh penyedia layanan Internet tertentu, alih-alih memungkinkan beberapa penyedia jaringan untuk mengakses pusat data. Hal ini memungkinkan pemilik pusat data atau pengguna untuk memiliki berbagai konektivitas untuk dipilih dan tidak hanya mengandalkan satu penyedia dengan semua keterbatasannya termasuk bandwidth, kecepatan, dan downtime.

Sebagai bagian dari mitigasi risiko, netralitas operator memastikan bahwa perusahaan dapat menjaga operasi mereka tetap berjalan bahkan di bawah ancaman. Memiliki beberapa operator yang terhubung ke pusat data berarti bahwa mereka dapat memastikan bahwa bahkan ketika satu operator mengalami pemadaman layanan, operator lain dapat menjaga jaringan tetap dan berjalan dan terhubung tanpa hambatan. Selain itu, dengan memadukan beberapa penyedia layanan Internet bersama-sama, operasi pusat data dapat dilindungi dari serangan DDoS yang melumpuhkan dan ancaman cybersecurity lainnya.

Selain serangan virtual, berbagai thread ke infrastruktur data center mereka juga bisa menjadi masalah serius bagi bisnis. Dengan demikian, penting untuk memberikan langkah-langkah keamanan dan pemantauan yang terus aktif dan standar untuk melindungi premis pusat data termasuk pintu terkunci, kode akses, sidik jari, CCTV, batasan akses karyawan, personel keamanan di tempat, dan perubahan kata sandi reguler. Ketika semua tindakan ini dilaksanakan secara konsisten, setiap pelanggaran fisik baik dari faktor internal maupun eksternal dapat dicegah.

Kesederhanaan dan Fleksibilitas
Perusahaan yang lebih besar tumbuh dan semakin kompleks operasi bisnis mereka, semakin mereka menghargai kesederhanaan dalam semua kegiatan mereka, termasuk dalam manajemen pusat data mereka. Ini berarti bahwa operasi pusat data sederhana dan tugas manajemen, modifikasi tanpa kerumitan, dan kemudahan dalam tumbuh berdasarkan tuntutan bisnis sangat penting.

Fasilitas carrier-neutral menyediakan teknologi yang membuat operasi dan pengelolaan pusat data lebih mudah. Dengan koneksi ke penyedia layanan cloud, pertukaran Internet, beberapa penyedia layanan Internet, dan jaringan pengiriman konten, penyedia pusat data colocation memastikan fleksibilitas dan kesederhanaan yang penting bagi sebagian besar perusahaan. Ketika mereka perlu membuat perubahan dan penambahan atau pindah karena persyaratan bisnis, mereka dapat melakukannya tanpa terlalu banyak sakit kepala dengan bantuan koneksi yang tersedia ini.


Meskipun terbatas, pusat data lokal operator tunggal memberikan manfaat mereka sendiri bagi pengguna. Meskipun demikian, netralitas operator, koneksi khusus, dan teknologi tertentu membuat penyedia pusat data kolokasi menjadi pilihan yang lebih baik untuk bisnis dalam hal keamanan dan keandalan serta kesederhanaan dan fleksibilitas.

Apakah informasi ini membantu?

Artikel Terkait

Invalid date
Cara Mengamankan Lingkungan Data Center Kami

Cara Mengamankan Lingkungan Data Center Kami

Read More...

Artikel Populer

15 April 2022
Apakah Cloud Lebih Aman dan Lebih Aman?

Read More...