Peran Big Data dalam Mengembangkan Smart City

24 Agustus 2022

Peran Big Data dalam Mengembangkan Smart City

Kota-kota yang tumbuh di dunia saat ini memanfaatkan solusi big data. Itu membuat mereka hebat ketika mereka menyimpan, menganalisis, dan mencadangkan data besar yang mereka kumpulkan dari daerah mereka.

Big data membuat dampak signifikan di kota-kota yang berinvestasi lebih banyak di dalamnya. Jadi, dalam artikel ini, berharap untuk memahami aspek-aspek penting yang dinikmati kota pintar dari big data. Tapi mari kita mulai dengan dasar-dasar kota pintar dan data besar.

Apa itu Kota Cerdas?

Ini adalah kota yang menggunakan sensor dan perangkat cerdas untuk mengumpulkan, menyimpan, dan menganalisis data. Informasi yang dikumpulkan kota-kota ini membantu menjalankan rencana dan mengelola sumber daya.

Selain itu, data membantu kota-kota meningkatkan layanan dan standar hidup. Tujuan utama kota pintar adalah meningkatkan fungsinya dan menghasilkan lebih banyak pendapatan. Ingat, itu terjadi ketika kota meningkatkan kualitas hidup warganya.

Bagaimana Big Data Memengaruhi Kota Cerdas

Kota-kota yang sudah berinvestasi lebih banyak dalam data besar menikmati banyak hasil yang luar biasa. Silakan lihat mereka.

1. Meningkatkan Keselamatan Publik

Agar kota mana pun dapat tumbuh, orang-orang yang tinggal di dalamnya harus memastikan bahwa mereka aman. Menganalisis data besar di kota-kota membantu pihak berwenang untuk memahami info historis dan geografis daerah yang rentan terhadap kejahatan. Jadi, menjadi lebih mudah bagi kota untuk mengetahui di mana harus berinvestasi lebih banyak dan membuat area tersebut aman bagi semua orang.

2. Manajemen Transportasi yang Lebih Baik

Mengelola lalu lintas di kota-kota modern menjadi tugas yang menantang bagi kota-kota. Tetapi data besar datang untuk menyelamatkan kota pintar dengan memungkinkan mereka mempelajari data transportasi masa lalu. Informasi tersebut membantu kota mengetahui tren apa yang dapat mengurangi kemacetan lalu lintas. Selain itu, kota pintar menggunakan big data untuk mengurangi jumlah kecelakaan.

3. Mempromosikan Pengeluaran yang Tepat

Setelah sebuah kota melakukan perbaikan yang tepat, harapkan untuk mencapai hasil yang akan membuatnya mendapatkan uang. Big data membantu kota-kota merencanakan anggaran mereka dengan baik dan secara efektif meningkatkan zona mereka.

4. Pertumbuhan Berkelanjutan

Kota pintar menggunakan big data untuk memantau perkembangannya. Menjadi lebih mudah bagi mereka untuk melakukan perbaikan yang diperlukan di berbagai bidang untuk membuat kota-kota tampak hebat. Teknologi ini membantu kota-kota dengan gambaran yang jelas tentang tempat-tempat yang tepat yang membutuhkan banyak pengembangan.

Contoh Aktivitas Kota yang Bisa Cerdas

Di bawah ini adalah beberapa kegiatan yang dinikmati kota pintar dari berinvestasi dalam big data.

  • Transportasi Cerdas

Smart city dapat menggunakan teknologi big data untuk mencegah kecelakaan lalu lintas dan jalan raya. Itu terjadi melalui aplikasi navigasi, sistem kontrol sinyal, dan kartu pintar untuk pengemudi.

  • Air dan Energi Cerdas

Di sini, kota-kota menggunakan data tentang konsumsi air dan energi. Analisis ini membantu pihak berwenang untuk mengatur persediaan dan menghindari pemborosan.

  • Perawatan Kesehatan Cerdas

Kota-kota menikmati penggunaan big data karena meningkatkan perawatan kesehatan. Rumah sakit dapat memeriksa masalah kesehatan melalui data yang dikumpulkan oleh teknologi perangkat cerdas dan sensor.

Penyimpanan Data Kota Cerdas

Penyimpanan data yang sangat besar di kota pintar sangat penting. Berikut adalah bagaimana kota-kota menyimpan data real-time dan yang diarsipkan.

1. Penyimpanan Cloud Cerdas

Penyimpanan cloud adalah salah satu mode terbaik dari penyimpanan data besar-besaran. Melalui solid-state drive di pusat data, kota-kota menggunakan cloud untuk menghapus info yang berlebihan dan mengamankan data melalui enkripsi. Selain itu, cloud memiliki lebih banyak opsi pembayaran daripada pusat data tradisional di tempat.

2. Penyimpanan Data Hibrid

Ini adalah kombinasi antara penyimpanan cloud pintar dan komputasi tepi. Penyimpanan ini membantu kota membuat pilihan bijak yang berasal dari peringatan waktu nyata dan sumber yang diarsipkan.

3. Komputasi Tepi

Teknologi ini sangat baik dan lebih murah untuk kota-kota yang ingin memproses data yang dekat dengan sumbernya. Ini lebih murah daripada streaming data ke lokasi terpencil. Di sini, kota-kota menggunakan kecerdasan buatan (AI) untuk memantau aktivitas dan mendeteksi masalah.

Kota pintar mendapatkan banyak manfaat dari big data yang mereka kumpulkan. Informasi ini berasal dari perangkat pintar dan sensor. Data besar membutuhkan penyimpanan yang tepat dan aman seperti cloud, komputer edge, dan penyimpanan data hibrid yang memungkinkan kota mengakses data. Selain itu, analisis dan penyimpanan data besar membantu kota-kota mengurangi kejahatan, meningkatkan kesehatan, mengetahui cara berinvestasi di kota, dan mengelola sumber daya.

Apakah informasi ini membantu?

Artikel Terkait

6 September 2022
Peran Big Data untuk Industri Pariwisata dan Perhotelan

Perusahaan dan hotel di sektor pariwisata dan perhotelan juga merangkul big data karena peran penting yang dimainkannya dalam transformasi digital.

Read More...
1 September 2022
Peran Big Data dalam Transformasi Digital
Cloud & Data CenterCloud

Berbagai organisasi kesulitan beradaptasi dengan berbagai perubahan yang datang dari pertumbuhan digital. Tetapi data besar datang sebagai penyelamat bagi banyak pekerja.

Read More...

Artikel Populer

15 April 2022
Apakah Cloud Lebih Aman dan Lebih Aman?

Read More...