Peran big data di sektor keuangan

13 September 2022

Peran big data di sektor keuangan

Big data adalah teknologi populer yang secara signifikan berdampak pada pengembangan produk, pemasaran, dan retensi klien, di antara layanan lainnya. Karena itu, sektor keuangan juga mempertimbangkan big data untuk mendukung fungsi intinya.

Karena industri seperti perbankan, sekuritas, dan layanan investasi memiliki tingkat pertumbuhan tercepat, mereka membutuhkan data besar untuk mengatur kumpulan besar info yang mereka gunakan. Akibatnya, pengambilan keputusan menjadi lebih mudah. Selain itu, pemberi pinjaman online dan bank dapat menganalisis potensi risiko pelanggan dengan mudah. Artikel ini lebih lanjut membahas bagaimana big data berdampak pada layanan keuangan dan manfaatnya terhadap berbagai sektor keuangan.

Bagaimana big data mempengaruhi layanan keuangan

Data tumbuh oleh Exabyte setiap tahun, dan lembaga keuangan harus memanfaatkan data besar untuk mendapatkan keunggulan kompetitif yang signifikan. Berikut adalah beberapa cara big data menyentuh layanan keuangan:

1. Manajemen penipuan: - Organisasi yang menawarkan layanan keuangan adalah yang paling terpengaruh dalam hal aktivitas penipuan. Mereka berisiko besar kehilangan jutaan dolar. Ini sangat mungkin terjadi jika alat analitik prediktif yang tepat seperti big data tidak diterapkan untuk mengidentifikasi dan mencegah penipuan.

2. Perdagangan dan operasi: - Dengan data besar, organisasi keuangan dapat mengumpulkan dan menganalisis data dari berbagai sumber secara real-time. Big data memungkinkan hal ini terjadi sebelum eksekusi perdagangan. Selain itu, mengoptimalkan big data membantu front office mendapatkan wawasan yang lebih besar tentang manajemen kas, keandalan mitra pengimbang, risiko perdagangan, dan eksposur. Oleh karena itu, big data umumnya meningkatkan bagaimana berbagai organisasi moneter beroperasi.

3. Kepatuhan terhadap peraturan: - Berinvestasi dalam solusi big data melindungi dan melindungi perusahaan keuangan Anda dari berbagai pelanggaran. Ini dapat membantu dengan mengukur kepatuhan terhadap peraturan dan memantau konten yang tidak terstruktur seperti email, obrolan IM, dan panggilan telepon. Big data menggabungkannya secara algoritmik sedemikian rupa sehingga tim kepatuhan dapat mengetahui potensi konflik yang membahayakan perusahaan keuangan dan trader Anda.

Manfaat menerapkan big data di beberapa sektor keuangan

Saat ini, sebagian besar sektor keuangan menggunakan kemampuan berbasis data dan analitis untuk tumbuh, meningkatkan profitabilitas, meningkatkan efisiensi, dan menurunkan biaya. Itu belum semuanya. Ilmu data hadir dengan beberapa manfaat. Di bawah ini kita akan membahas bagaimana berbagai sektor keuangan dapat memperoleh manfaat dari big data.

Bank

 ❖ Peningkatan peluang bisnis – Bank dapat menghasilkan sumber pendapatan dan model bisnis baru dengan mengumpulkan data pelanggan dengan bantuan analitik data.

 ❖ Penargetan dan personalisasi pelanggan yang lebih baik – Bank dapat memberikan layanan terbaik dengan sepenuhnya memahami apa yang dibutuhkan pelanggan. Selain itu, mereka dapat memberikan penawaran yang lebih personal karena pelanggan tidak memiliki masalah dalam membagikan detail mereka dengan bank. 

 ❖ Peningkatan produktivitas dan pengambilan keputusan – Bank dapat memberikan respons yang lebih akurat dan lebih cepat karena analitik big data yang canggih. Selain itu, pengambilan keputusan menjadi lebih baik setiap hari.

 ❖ Peningkatan penilaian risiko – Big data memberikan detail yang lebih besar, yang membantu bank untuk memiliki penilaian risiko yang lebih baik terhadap pemohon kredit mereka.

Asuransi

❖ Manajemen klaim yang lebih baik – Perusahaan asuransi dapat memprioritaskan klaim yang kompleks dan lurus melalui alat analitik data. Ini memberikan penyelesaian yang lebih cepat untuk di muka dan lebih banyak perhatian pada klaim yang kompleks.

 ❖ Lebih berkomitmen untuk membantu pelanggan – Bahkan pemegang polis dengan premi yang lebih rendah dapat dihargai ketika profil risiko mereka meningkat. Akibatnya, para pemegang polis ini didorong untuk memperbaiki gaya hidup mereka.  

 ❖ Reservasi untuk kerugian – Big data membantu menghitung kerugian yang akurat dan memperkirakan klaim karena mungkin sulit untuk memahami ukuran, kompleksitas, dan durasi klaim.

Serikat kredit

 ❖ Peningkatan target dan loyalitas pelanggan – Alat analitik data membantu menemukan anggota yang membutuhkan layanan dan memudahkan untuk mendekati mereka seiring waktu. Setelah itu selesai, perusahaan Anda dapat menawarkan pelanggan yang ditargetkan layanan terbaik untuk mendapatkan loyalitas mereka.

 ❖ Tingkatkan keanggotaan – Karena analitik data menyediakan interaksi yang dipersonalisasi dengan pelanggan target, keanggotaan dalam serikat kredit meningkat. Itu membuat pelanggan merasa lebih terhubung pada tingkat individu.

Singkatnya, big data telah berkontribusi pada pertumbuhan banyak industri, termasuk sektor keuangan. Misalnya, lembaga seperti bank, serikat kredit, dan perusahaan asuransi menginvestasikan banyak uang dalam alat analisis untuk meningkatkan operasi bisnis mereka. Jika Anda belum berinvestasi dalam satu, lihat apa yang ditawarkan big data kami.

Apakah informasi ini membantu?

Artikel Terkait

8 Juli 2020
Manfaatkan Big Data untuk Merencanakan New Normal 2

Dalam menghadapi 'New Normal', bisnis dapat memilih untuk terus beroperasi seperti biasa dan berharap yang terbaik, atau mereka dapat mengembangkan strategi yang memanfaatkan analisis data.

Read More...

Artikel Populer

15 April 2022
Apakah Cloud Lebih Aman dan Lebih Aman?

Read More...