BerandaArtikelPeran Big Data untuk Industri Pariwisata dan Perhotelan
article-image

06 September 2022

Peran Big Data untuk Industri Pariwisata dan Perhotelan

Perusahaan dan hotel di sektor pariwisata dan perhotelan juga merangkul big data karena peran penting yang dimainkannya dalam transformasi digital. Big data menawarkan beberapa cara dalam membantu industri ini memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik dan menghasilkan lebih banyak pendapatan.

Juga, itu telah menyebabkan efektivitas dan perubahan yang sukses. Pada artikel ini, Anda akan mempelajari beberapa manfaat data besar dalam industri pariwisata dan perhotelan serta berbagai aplikasinya.

Bagaimana big data menguntungkan industri pariwisata dan perhotelan

Karena banyak keuntungan yang dimiliki big data di sektor pariwisata, perusahaan dapat mempersiapkan permintaan di masa depan, membuat keputusan berdasarkan bukti, mencapai pengalaman pelanggan yang lebih baik, dan meningkatkan strategi pemasaran mereka.

 Di bawah ini adalah lima cara utama big data dapat bermanfaat bagi industri perhotelan dan pariwisata:

  1. Sumber tepercaya – Dalam hal keandalan, big data adalah yang terbaik. Ini memberi Anda informasi nyata dan akurat dari berbagai sumber. Jadi, alih-alih membuat keputusan dari sampel, Anda dapat menyimpulkan dengan data yang representatif dan andal.

  2. Manajemen pendapatan – Jika strategi manajemen pendapatan menjadi masalah bagi hotel Anda, Anda dapat menggunakan big data bersama dengan data yang Anda kumpulkan, dan info yang tersedia di internet. Dengan cara ini, Anda akan dapat melakukan analisis prediktif yang akurat untuk mengetahui tingkat permintaan kamar hotel Anda.

  3. Pengalaman pelanggan – Ini adalah cara lain big data bermanfaat bagi industri perhotelan. Ini membantu tim layanan pelanggan dan pemilik hotel mengidentifikasi pendapat pelanggan yang trendi, dan juga belajar tentang kelemahan dan kekuatan mereka dalam prosesnya. Big data membantu mereka memahami apa yang disukai pelanggan dan di mana mereka dapat meningkatkannya.

  4. Model bisnis baru – Data adalah sumber daya yang tak terhitung banyaknya yang membantu sektor pariwisata untuk menemukan kembali model bisnis baru untuk menawarkan yang terbaik kepada pelanggan. Lebih baik lagi, analisis data membantu perusahaan memanfaatkan area dengan potensi pertumbuhan.

  5. Pemasaran yang ditargetkan – Perusahaan pariwisata dapat menggunakan data besar untuk mengelola keuangan mereka dan secara efektif menargetkan strategi pemasaran mereka. Dengan big data, pemasar mereka dapat mengidentifikasi peluang potensial dan dapat menargetkan demografi utama.

Gunakan kasus big data dalam industri pariwisata dan perhotelan

Big data memiliki kemampuan untuk mengoptimalkan operasi perjalanan, memberikan pengalaman tanpa batas, mempersonalisasi penawaran, dan membuka saluran pertumbuhan baru. Juga, ini berlaku dalam proses berikut

  • Menganalisis perilaku wisata – Mengelola tempat wisata sangat penting di sektor perhotelan dan data besar membantu dengan itu. Karena wisatawan suka menjelajahi restoran, berbelanja, dan berpartisipasi dalam acara atau festival lokal, mereka memiliki potensi pengeluaran yang tinggi. Dengan menganalisis data pada titik-titik ini, hotel dapat membuat keputusan strategis.

  • Mengalokasikan sumber daya lalu lintas – Setiap kali ada lalu lintas atau kemacetan di titik-titik objek wisata di wilayah Anda, Anda dapat menggunakan pendekatan analitik big data untuk menangani masalah tersebut. Beberapa pendekatan ini termasuk model fusi data, model pengelompokan lalu lintas, model pengoptimalan, dan model korelasional.

  • Riset pasar – Big data dapat membantu peneliti untuk melakukan konten terkait pariwisata. Misalnya, dapat memahami perilaku dan kebiasaan turis, tren pariwisata, dan skema tertentu yang mempengaruhi masuknya wisatawan.

  • Memperkirakan permintaan perjalanan – Pada dasarnya, permintaan pariwisata adalah tentang pengeluaran dan kedatangan turis. Big data dapat membantu Anda mengumpulkan dan melakukan analisis data pengeluaran dan kedatangan wisatawan tanpa bias.

 

Big data merupakan konsep penting dalam industri pariwisata dan perhotelan. Ini dapat membantu para pemimpin bisnis dan pemilik hotel untuk mengidentifikasi tren dan pola penting.  Selain itu, big data dapat membantu perusahaan pariwisata memberikan pengalaman pelanggan terbaik, meningkatkan manajemen pendapatan, dan mengoptimalkan upaya pemasaran yang bermanfaat. Oleh karena itu, Anda tidak akan menyesal berinvestasi di dalamnya.

Apakah informasi ini membantu?

Related Article