Peran CDN dalam OTT dan Perkembangannya

28 November 2022

Peran CDN dalam OTT dan Perkembangannya

Peran CDN dalam OTT dan Perkembangannya

Apakah Anda adalah orang yang menikmati menonton film dari layanan OTT seperti Netflix, Disney+ Hotstar, Apple TV, Hulu, Viu, Vidio, atau Iflix? Tahukah Anda akan peran CDN dalam OTT?

Sebagian besar dari pelanggan platform OTT di atas mungkin belum terlalu mengenal apa itu OTT, terlebih peran CDN dalam OTT. Maka dari itu, Telkom DWS sebagai penyedia Digital Wholesale Service akan berbagi insight kepada Anda.

Mengenal OTT

Over-the-Top atau yang disingkat dengan istilah OTT mengacu pada metode penyampaian konten melalui internet. Sebagian dari kita mungkin mengenal produk OTT berupa film, acara televisi, maupun serial yang ditayangkan oleh berbagai Production House. Nyatanya konten yang disampaikan pun beragam, seperti streaming video dan audio, perpesanan, dan VoIP. 

Istilah Over-the-Top atau melewati merujuk pada pemahaman bahwa platform terkini yang melampaui platform konvensional. Hal ini menunjukkan perbedaan signifikan dengan platform siaran, kabel, atau TV satelit, yang mengatur siaran tayangnya. Melalui layanan OTT, setiap pengguna dapat melakukan streaming konten apapun dengan waktu kapanpun selama perangkat terkoneksi dengan internet yang memadai.

Mengenal CDN

Content Delivery Network atau CDN merupakan jaringan server untuk menyimpan data yang ditempatkan secara strategis di beberapa data center pada lokasi yang berbeda-beda. Umumnya CDN digunakan untuk membantu platform OTT guna memberikan pengalaman pengguna yang sempurna melalui dua fitur utama, yaitu content caching dan beberapa points of presence.

Fitur content caching CDN pada OTT membantu agar konten disimpan pada titik terdekat dengan pengguna akhir. Sementara itu, fitur points of presence CDN membantu memastikan setiap permintaan konten yang dibuat oleh pengguna tersedia melalui server terdekat. Dengan kedua fitur CDN tersebut, permintaan pengguna OTT akan dilayani lebih cepat sehingga dapat mengurangi latensi dan meningkatkan kecepatan buffering.

Peran CDN dalam OTT

Performa terbaik yang dirasakan oleh pengguna OTT terjadi melalui peran CDN dalam OTT sebagai berikut:

1. Content Traffic Management, di mana CDN mengelola masuk dan keluarnya konten OTT, memindahkannya dari server asal ke jaringan ISP akhir, lalu mengirimkannya ke perangkat yang terhubung dengan IP. 

2. Session Management, di mana CDN memantau dan mengelola sesi streaming, mulai dari aspek IP address, jenis perangkat, dan bitrate.

3. Content Storage, di mana CDN menyimpan berbagai macam aset dengan performa tinggi, baik itu penyimpanan jangka panjang — seperti aset VOD (film, serial TV, dll.) — serta penyimpanan jangka pendek — seperti episode serial TV yang diunduh atau konten langsung yang dapat diputar ulang.

4. Content Management, di mana CDN memastikan efisiensi penyimpanan dan bandwidth dengan menggunakan model operasional First In First Out.

5. Load Balancing, di mana CDN bertanggung jawab untuk mengirimkan konten dengan pembagian beban secara merata di antara server cache yang mengirimkan konten tertentu.

6. Platform Monitoring, di mana CDN memantau semua hardware, software, dan jaringan guna mengarahkan permintaan streaming dengan tepat.

Scale-out Management, di mana CDN berfungsi mengintegrasikan kapasitas baru (dengan membawa cache baru secara online dan menambahkannya ke grup server) ke dalam jaringannya sehingga memperluas streaming dan kapasitas penyimpanan dengan lancar.

Banyak informasi dan perkembangan teknologi digital di sekitar Anda yang perlu dipahami lebih dalam. Hal ini memiliki potensi juga bagi perkembangan bisnis Anda. Ingin mengetahui berbagai informasi terkait teknologi digital terkini? Atau membutuhkan bantuan partner yang ahli di bidang teknologi digital? Hubungi Telkom DWS segera!

Apakah informasi ini membantu?

Artikel Populer

Apakah Cloud Lebih Aman dan Lebih Aman?
15 April 2022

Apakah Cloud Lebih Aman dan Lebih Aman?

Read More...