Peran Cloud &Green Data Center dalam Lingkungan Berkelanjutan

22 Juli 2022

Peran Cloud &Green Data Center dalam Lingkungan Berkelanjutan

Cloud & Data Center Cloud 

Saat ini, isu industri data center cloud yang aman dan berkelanjutan dengan cepat menjadi prioritas di dunia teknologi. Pusat data hijau, termasuk neuCloud, juga memiliki andil dalam membuat lingkungan menjadi lebih baik.

Namun, beberapa pusat data tradisional beroperasi dengan cara yang melepaskan banyak karbon berbahaya. Jadi, pertama-tama mari kita lihat bagaimana sektor TI berkontribusi terhadap emisi karbon besar-besaran. Kemudian, kita akan melihat pusat data hyperscaling, membuatnya hijau, dan bagaimana neuCloud dan pusat data dapat menciptakan lingkungan yang aman.

Bagaimana TI Berkontribusi Emisi Karbon Yang Sangat Besar

Karena sektor TI terus berkembang, lebih banyak infrastruktur yang memungkinkan teknologi yang lebih baik memengaruhi lingkungan. Sebagian besar efek ini berakar pada pengembangan perangkat lunak dan layanan cloud. Kedua elemen tersebut saat ini menyebabkan emisi karbon yang masif karena tingkat konsumsi energi yang tinggi. 

Dengan teknologi yang lebih cepat seperti 5G, perangkat lunak ini akan menarik prosesor yang lebih cepat, lebih banyak data, dan memori. Ini berarti bahwa perangkat lunak membutuhkan lebih banyak listrik dan perangkat keras canggih untuk membuat segalanya lebih baik.

Akan ada peningkatan emisi karbon melalui penggunaan bahan baku, pelepasan gas rumah kaca, pengeluaran energi kumulatif, dan konsumsi air. Listrik yang digunakan di sektor TI untuk menjalankan perangkat keras terkadang berasal dari pembakaran batu bara dan gas alam, yang melepaskan lebih banyak gas rumah kaca.

Menurut sebuah studi oleh Steven Gonzalez Monserrate, satu pusat data dapat mengkonsumsi jumlah daya yang sama dengan yang ada di 50.000 rumah saat bepergian. Juga, penelitian lain yang dilakukan oleh Science mengatakan bahwa jumlah komputasi awan meningkat sebesar 550% dari 2010 hingga 2018. Sebagian besar aktivitas TI seperti AI, pembelajaran mesin, dan penambangan cryptocurrency menggunakan energi; dengan demikian, tidak akan aman bagi lingkungan di tahun-tahun mendatang.

Karena proses melepaskan lebih banyak karbon dari proses ini, pendinginan juga menjadi lebih mahal. Pada akhirnya, alam mendapatkan semua hal negatif dari kemajuan teknologi. 

Bagaimana neuCloud Membantu Menciptakan Lingkungan yang Aman

Bahkan dengan meningkatnya pelepasan karbon oleh pusat data tradisional, ada beberapa harapan bahwa TI dapat menjaga lingkungan tetap aman. NeuCloud dan pusat data modern lainnya memiliki berbagai cara untuk memiliki komputasi awan hijau dan pusat data.

Saat ini, neuCloud berfokus pada penggunaan lebih sedikit mesin untuk menjalankan pusat datanya. Teknologi server jarak jauh memiliki lebih banyak kapasitas dan menggunakan lebih sedikit daya melalui teknologi komputasi awan yang canggih. Jadi, penggunaan energi yang lebih sedikit menciptakan lingkungan yang lebih aman dan berkelanjutan.

Pusat data tradisional menggunakan mesin yang menjadi cepat panas. Ini berarti perusahaan membutuhkan lebih banyak energi untuk merawat peralatan. Kasus ini berbeda untuk pusat data modern dan neuCloud yang menggunakan server cloud karena mereka tidak memerlukan sistem kontrol iklim ruangan untuk dijalankan.

Sebagian besar pusat data besar, termasuk neuCentrix, cenderung lebih fokus pada penggunaan teknologi hemat energi. Juga, di neuCloud dan pusat data modern besar lainnya, orang mengakses semua yang sedang bepergian karena lebih sedikit dokumen. Ini menghemat jumlah pohon yang ditebang untuk membuat lebih banyak kertas.

Pusat Data Hyperscale dan Pusat Data Hijau

Pusat data yang berkinerja saat ini sangat tertarik untuk menggunakan energi yang bebas karbon dan terjangkau. Menggunakan pusat data yang lebih ramping dan lebih hijau adalah cara terbaik untuk membuat teknologi berkelanjutan bagi lingkungan. Perusahaan harus bertujuan untuk mendekarbonisasi sumber daya pusat data.

Sebuah laporan oleh International Data Corporation menunjukkan bahwa komputasi awan dapat menghentikan sekitar 1 miliar ton pelepasan Karbon (IV) Oksida pada tahun 2024. Ini akan terjadi jika bisnis memilih untuk berinvestasi di pusat data hemat energi.

Beberapa pusat data kecil dan tradisional menggunakan teknologi dan perangkat keras yang menghabiskan banyak energi. Hasilnya adalah pelepasan gas rumah kaca tingkat tinggi, termasuk karbon, yang menghancurkan lingkungan. Saat ini, sebagian besar pusat data dan neuCloud bertujuan untuk membuat dunia hijau lebih aman melalui teknologi komputasi awan. Meningkatkan pusat data dan membuatnya hijau akan membuat dunia berkelanjutan.


Apakah informasi ini membantu?

Let’s find out more
about Cloud & Data Center Article!

Artikel Terkait

Invalid date
Peran Cloud dalam Memperluas Kemampuan IoT
Cloud & Data CenterCloud

Cloud computing adalah teknologi yang telah membawa banyak perubahan positif ke banyak sektor.

Read More...

Artikel Populer

15 April 2022
Apakah Cloud Lebih Aman dan Lebih Aman?

Read More...