Peran Cloud dalam Memperluas Kemampuan IoT

10 Agustus 2022

Peran Cloud dalam Memperluas Kemampuan IoT

Cloud & Data Center Cloud 

Cloud computing adalah teknologi yang telah membawa banyak perubahan positif ke banyak sektor. Ini telah membuat penyimpanan, transmisi, dan manajemen data jauh lebih mudah dikelola, aman, dan cepat. Namun, cloud juga telah digunakan untuk memperluas kemampuan Internet of Things. 

Volume besar data yang dibuat oleh perangkat IoT dan banyaknya transaksi yang mereka lakukan menempatkan permintaan yang luar biasa pada sumber daya internet. Hal ini mendorong integrasi IoT dengan komputasi awan. Saat ini, ada hubungan besar antara komputasi awan dan IoT. Ketersediaan layanan cloud sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan IoT dan teknologi terkait.

Pada artikel ini, kami memberi tahu Anda lebih banyak tentang komputasi awan dan integrasi IoT dan bagaimana hal itu akan meningkatkan konektivitas dan kemajuan teknologi. 

Peran Cloud dalam Operasi IoT

Cloud memiliki banyak hal tentang IoT dan memainkan peran penting dalam memastikan efisiensi dan skalabilitas IoT. Berikut adalah beberapa fungsi komputasi awan dalam operasi IoT. 

1. Aktifkan penyediaan layanan jarak jauh

Komputasi awan dikenal karena kontribusinya untuk membuat pemrosesan daya, penyimpanan data, dan aplikasi berjalan jauh lebih mudah. Ini adalah langkah besar untuk membuat perangkat IoT berjalan dengan lancar. Ini juga memotong kebutuhan akan infrastruktur di tempat - yang mungkin membutuhkan biaya lebih banyak untuk dikelola. Cloud menawarkan berbagai layanan yang penting untuk perangkat IoT. Ini termasuk Platform sebagai Layanan (PaaS), Perangkat Lunak sebagai Layanan (SaaS), dan Infrastruktur sebagai Layanan (IaaS). 

2. Meningkatkan skalabilitas

Cloud memberikan peluang tak terbatas untuk skalabilitas hosting aplikasi. Ini tidak dapat dikatakan untuk pengembang yang bergantung pada infrastruktur di tempat. Alasan terbatasnya pertumbuhan infrastruktur lokal adalah tingginya biaya pembelian perangkat keras, konfigurasi tinggi, dan pemeliharaan rutin.  Bergantung pada cloud membuatnya lebih mudah untuk menjalankan perangkat IoT karena itu hanya berarti membeli lebih banyak ruang penyimpanan dan layanan tambahan. Fleksibilitas ini memungkinkan Anda untuk meningkatkan skala operasi Anda dan menghabiskan lebih sedikit untuk operasi IoT. 

3. Keamanan yang lebih baik

Salah satu masalah paling menantang yang dihadapi oleh operator IoT dan industri teknologi secara keseluruhan keamanan data. Nah, cloud menawarkan peluang yang lebih baik bagi perangkat IoT untuk memiliki keamanan yang lebih baik. Ini menyediakan sistem otentikasi dua faktor yang melindungi semua data sensitif - hanya memungkinkan akses oleh personel yang berwenang. 

4. Memungkinkan kolaborasi tanpa batas

Komputasi awan menyediakan konektivitas jaringan yang tersebar luas, yang menghubungkan banyak pengembang IoT. Komputasi awan memungkinkan pengembang produk IoT untuk bekerja sama secara efisien. Pengembang membuat aplikasi IoT menggunakan platform IoT cloud dan dapat berkolaborasi dengan orang-orang di tempat yang berbeda pada proyek yang sama. Kolaborasi memungkinkan penyelesaian proyek tepat waktu dan barang-barang berkualitas tinggi. Selain itu, program dapat berbagi data melalui platform cloud.

Big Data Yang Mendukung IoT dan Cloud

Big Data berfungsi sebagai platform analitik untuk data yang diperoleh oleh perangkat berkemampuan IoT. Lokasi penyimpanan jaringan disediakan oleh Cloud Computing, yang menggunakan platform Cloud. Banyak prospek pertumbuhan eksponensial untuk perusahaan terjadi ketika ketiga teknologi ini diterapkan bersama.

Menggunakan Big Data, Cloud, dan IoT dapat membantu perusahaan Anda sukses. Ini memungkinkan komunikasi real-time dan akurasi data antara perangkat dan manusia sambil menawarkan surga yang aman untuk penyimpanan dan analisis IoT-Big Data.


Apakah informasi ini membantu?

Let’s find out more
about Cloud & Data Center Article!

Artikel Terkait

15 September 2022
IoT untuk meningkatkan efisiensi tempat kerja

Saat ini, Internet of Things (IoT) telah mengubah setiap aspek kehidupan kita, dari cara kita berinteraksi hingga cara kita bekerja. Ini memungkinkan orang untuk bekerja sama dengan bantuan teknologi, yang mengarah pada peningkatan produktivitas.

Read More...

Artikel Populer

15 April 2022
Apakah Cloud Lebih Aman dan Lebih Aman?

Read More...