Peran Cloud Gaming di Masa Depan Industri Gaming

26 Agustus 2022

Peran Cloud Gaming di Masa Depan Industri Gaming

Software As A Service Wholesale Cloud Gaming 

GameQoo bekerja sama dengan Telkom DWS dan Tech di Asia, sukses menyelenggarakan webinar bertajuk The Future of Gaming Industry: Major Challenges for the Gaming Industry pada tahun 2022. Diadakan maret lalu, webinar ini menampilkan tiga tokoh terkemuka di industri game Indonesia sebagai pembicara: Adam Ardisasmita, CEO Arsanesia dan VP Asosiasi Game Indonesia; Lee Marvin, Wakil Presiden Gamification dari Agate International; dan Izzudin Al Azzam, CEO GameQoo. Para pembicara tidak hanya menyoroti tantangan utama tetapi juga peluang yang tersedia di industri game lokal.

Tantangan Utama dalam Industri Game Lokal

Para narasumber menyebutkan beberapa tantangan besar yang dihadapi oleh pengembang dan publisher game di Indonesia. Namun, semua tantangan itu berbicara tentang satu hal: persaingan yang ketat. Dibandingkan dengan perusahaan game global besar, perusahaan lokal terbatas terutama di 4 bidang: dana, infrastruktur, bakat, dan upaya pemasaran. Keterbatasan ini membuat perusahaan game lokal berjuang bahkan di dalam negeri.

Future-Proofing Bisnis Anda dengan Mengeksplorasi Peluang

Ada beberapa cara untuk bertahan dalam kompetisi, tetapi salah satu kuncinya adalah kemampuan untuk melihat ke depan dan memanfaatkan peluang yang tersedia. Saat ini ada tiga peluang untuk dijelajahi oleh pengembang dan penerbit game lokal kami: memilih untuk bersaing secara global daripada secara lokal, berfokus pada pasar khusus, dan beralih ke alternatif game yang berbeda, termasuk menjelajahi media game baru atau mencoba model bisnis baru.

Marvin dan Adam menyoroti dua teknologi yang sedang naik daun yang perlu diwaspadai oleh perusahaan game di Indonesia: blockchain dan cloud gaming. Game blockchain, atau juga dikenal sebagai game play-to-earn, diharapkan dapat memungkinkan gamer untuk mendapatkan uang dalam bentuk cryptocurrency saat bermain. Sementara itu, cloud gaming menawarkan media baru dan model bisnis baru yang dapat mereka jelajahi untuk mempublikasikan game mereka. Kedua teknologi ini mungkin masih berkembang saat ini, tetapi keduanya memiliki potensi besar untuk menjadi pemimpin pasar masa depan.

Cloud Gaming dan Bagaimana Ini Membantu Perusahaan Game

Cloud gaming memberikan cara baru bagi perusahaan game di Indonesia untuk mendapatkan keuntungan dalam persaingan industri yang ketat melalui dua fitur utama. Fitur pertama adalah akses game yang mudah. Dengan cloud gaming, gamer dapat bermain di perangkat apa pun yang mereka pilih—seluler, PC, atau TV—dari mana saja selama ada koneksi internet yang andal. Fitur kedua adalah model bisnis berbasis langganan. Model bisnis memastikan keterjangkauan dan fleksibilitas.

Fitur utama ini memungkinkan cloud gaming  untuk memberikan berbagai manfaat kepada perusahaan game.

● Cloud gaming menyediakan media bagi perusahaan game untuk merilis game mereka ke publik.

● Cloud gaming memungkinkan perusahaan game untuk melayani berbagai jenis pengguna (gamer seluler, gamer PC, dan gamer konsol) melalui satu platform.

● Cloud gaming memungkinkan perusahaan game untuk memastikan kenyamanan dan fleksibilitas bagi penggunanya.

● Cloud gaming memungkinkan perusahaan game untuk mendapatkan lebih banyak pendapatan.

Dengan cloud gaming, perusahaan game dapat memperoleh lebih banyak pendapatan dengan tiga cara. Cloud gaming menarik lebih banyak kelompok pengguna yang menghasilkan lebih banyak pendapatan. Cloud gaming juga membantu meminimalkan biaya pengembangan karena perusahaan game tidak perlu mengeluarkan biaya ekstra untuk menyesuaikan game mereka untuk platform yang berbeda—pengembangan satu kali untuk berbagai platform. Akhirnya, model berbasis langganan yang lebih terjangkau dan fleksibel yang ditawarkannya memungkinkan pengguna untuk lebih percaya diri dalam menggunakan layanan, yang mengarah ke lebih banyak pendapatan.

GameQoo dan Perannya dalam Mendukung Perusahaan Game Lokal

Sebagai satu-satunya platform cloud gaming di Indonesia, GameQoo menutup kesenjangan antara perusahaan game di Indonesia dan pasar dengan menawarkan mereka media baru untuk mempublikasikan game mereka. Dengan berkolaborasi dengan GameQoo, perusahaan game bisa mendapatkan semua manfaat dari cloud gaming seperti yang disebutkan sebelumnya.

Namun, sebagai perusahaan startup yang dibina oleh Telkom Indonesia, GameQoo menawarkan lebih dari sekadar manfaat tersebut. GameQoo memungkinkan perusahaan game untuk menjangkau audiens yang lebih besar melalui eyeball Telkom Indonesia (Indihome dan Telkomsel). GameQoo juga didukung oleh konektivitas yang kuat yang disediakan oleh Telkom Indonesia.


Tertarik untuk berkolaborasi dengan GameQoo? Hubungi kami sekarang!


Apakah informasi ini membantu?

Let’s find out more
about Software As A Service Article!

Artikel Terkait

Invalid date
Langganan GameQoo sekarang tersedia di Dunia Games!
Software As A ServiceWholesale Cloud Gaming

Jika Anda tertarik dengan game, tetapi Anda tidak memiliki PC berspesifikasi tinggi, jangan khawatir, teknologi cloud gaming GameQoo membuat Anda tertutup! Langganan GameQoo sudah tersedia di Dunia Games, platform Indonesia untuk berita game dan penjualan voucher.

Read More...

Artikel Populer

15 April 2022
Apakah Cloud Lebih Aman dan Lebih Aman?

Read More...