Peran Cyber Security dalam Peluang Bisnis

9 November 2022

Peran Cyber Security dalam Peluang Bisnis

Banyak pakar IT dan pemimpin perusahaan sadar pentingnya pentingnya cyber security, apakah Anda salah satunya? Jika belum, sekarang adalah waktu yang tepat bagi Anda untuk memahami pentingnya cyber security dalam peluang bisnis.

Perlu diketahui secara data statistik dari Cloudwards, terdapat banyak kasus mengenai perusahaan yang ambruk gara-gara serangan ransomware hanya dalam 14 detik. Maka sadarlah bahwa dalam satu cyber attack dapat menyebabkan bisnis Anda mengalami stagnasi, bahkan lebih buruknya lagi adalah kebangkrutan.

Pentingnya cyber security bukanlah beban yang Anda harus keluarkan untuk sebuah budget tambahan dari infrastruktur IT. Justru sebaliknya, cyber security memiliki peran vital dalam pertumbuhan bisnis.

Berikut adalah tiga alasan perusahaan Anda perlu memperhatikan pentingnya cyber security yang kuat :

1. Klien Sudah Mulai Memperhatikan Keamanan Data Mereka

Dalam riset yang dilakukan oleh Vodafone, 89% stakeholder perusahaan sepakat bahwa meningkatkan cyber security akan membuat klien mereka lebih loyal dan percaya. Hal ini semakin diperkuat dengan banyaknya artikel yang memberitakan tentang cyber attack dan pelanggaran keamanan, maka klien Anda cepat atau lambat akan lebih sadar soal keamanan layanan dan produk digital. 

2. Partner Bisnis Anda Menginginkan Cyber Security

Partner bisnis dan investor potensial juga tidak mau mengalami kerugian karena cyber attack yang mungkin terjadi. Maka sangat mungkin bahwa partner bisnis maupun investor Anda akan meminta perusahaan Anda memiliki cyber security.

3. Cyber Security Telah Menjadi Bagian Dari Strategi Perusahaan

Cyber security yang kuat merupakan bagian dari fondasi strategi bisnis Anda. Contohnya pada aktivitas migrasi data dan aplikasi di cloud maupun perencanaan untuk melebarkan sayap bisnis lebih mengglobal, cyber security merupakan bagian yang turut menunjang.

Dalam berbagai jenis penggunaan, baik secara individu maupun kelompok, cyber security memiliki peran yang penting. Mari kita pahami bersama peran cyber security berdasarkan jenis penggunaannya :

  • Untuk penggunaan individu, cyber security berperan dalam mengamankan data pribadi Anda agar tidak diakses oleh siapapun kecuali Anda atau orang-orang lain yang memiliki akses.
  • Untuk penggunaan bisnis kecil, cyber security berperan dalam memastikan data kartu kredit Anda agar terlindungi dengan benar serta keamanan data klien agar terlindungi.
  • Untuk penggunaan perusahaan pemilik bisnis online, cyber security berperan dalam menjaga server Anda dari akses-akses yang tidak dikenal dari luar.
  • Untuk penggunaan penyedia layanan shared, cyber security berperan dalam melindungi banyak data center dan menampung server virtual yang menjadi milik pengguna atau perusahaan yang berbeda.
  • Untuk penggunaan bagi instansi pemerintah, cyber security berperan dalam membangun klasifikasi data berbeda sesuai dengan hukum, kebijakan, prosedur, dan teknologinya masing-masing.

Risiko Kurangnya Pemahaman Peran Cyber Security

Jika Anda merasa bahwa perusahaan Anda dapat berjalan tanpa menggunakan Cyber Security, maka Anda perlu memahami risiko bila Anda tidak menggunakan Cyber Security.

  • Risiko finansial, di mana Anda berpotensi mengalami kerugian finansial karena hacking, yaitu hilangnya uang dari rekening oleh seorang hacker. Anda juga memiliki potensi kerugian finansial tidak langsung, yaitu hilangnya kepercayaan klien terhadap perusahaan Anda karena sistem keamanan yang lemah.
  • Risiko profesional, di mana Stakeholder C-level dapat memberikan sanksi karena bobolnya keamanan perusahaan melalui cyber attack.
  • Risiko bisnis, di mana perusahaan Anda berpotensi mengalami kerugian atas hilangnya partner bisnis karena lemahnya cyber security.

Dengan memahami peran cyber security, Anda dapat mengantisipasi ancaman cyber attack dan dapat meningkatkan produktivitas dan mengendalikan biaya produksi dengan lebih baik. Hubungi kami sekarang untuk meningkatkan cyber security dalam organisasi Anda!

Apakah informasi ini membantu?

Artikel Terkait

25 November 2022
Risiko Keamanan Siber Dalam Sektor Pendidikan

Pada era ketika kegiatan pembelajaran online sudah semakin umum bagi masyarakat, sudahkah Anda memperhatikan risiko keamanan siber di sektor pendidikan?

Read More...

Artikel Populer

29 Desember 2021
Mengelola Big Data dengan Telkom Big Box

Read More...