BerandaArtikelPeran Data Center bagi Perbankan di Indonesia
article-image

06 June 2024

Peran Data Center bagi Perbankan di Indonesia

Seiring dengan berkembangnya teknologi membuat data menjadi hal penting yang harus dikelola dengan baik karena memberikan keuntungan & kemudahan perusahaan dalam mengembangkan bisnisnya. Sektor perbankan turut bertransformasi memberikan layanan yang aman dan efisien bagi para nasabahnya dengan bantuan teknologi yang ada. Data center hadir menjadi bagian transformasi digital perbankan di Indonesia yang dapat menjadi ruang penyimpanan data para nasabah. Data Center hadir tidak hanya sekedar ruang penyimpanan data bagi para penggunanya, kira - kira apa saja sih manfaat Data Center bagi perbankan ? 

1. Keamanan Data

Data center memiliki sistem keamanan data yang bisa di atur oleh penggunanya. Akses terbatas dan password yang hanya diketahui oleh pihak berwenang serta apabila terjadi bencana alam tidak akan membuat data tersedia hilang / rusak karena sistem data telah di backup

2. Meminimalisir biaya perusahaan

Data perusahaan yang disimpan secara fisik memerlukan ruangan yang mana seiring berkembangnya perusahaan akan menghasilkan banyak data untuk disimpan. Hal ini apabila tetap dilanjutkan dalam jangka panjang akan membutuhkan biaya yang besar. Melalui data center yang tidak memakan banyak ruang dan memberi keamanan data bagi perusahaan, hal ini akan memberikan kesempatan perusahaan mengalokasikan dana untuk pengembangan bisnis lainnya. 

3. Pengembangan bisnis

Data center bagi perbankan berisi informasi para nasabah yang dapat diolah perusahaan menjadi langkah strategis perluasan bisnis. Perusahaan dapat menarik investor dari data yang ada dan memberikan jaminan keamanan data serta penggunaan dana investor yang optimal dari adanya data center yang dikelola perusahaan. 

Berbagai manfaat dari penggunaan Data Center sangat membantu para penggunanya.  neuCentrIX sebagai pusat data dan layanan cloud dari Telkom hadir dengan kapasitas besar, jangkauan luas serta konektivitas tanpa batas yang akan membantu memperluas ekosistem digital perusahaan Kamu. neuCentrIX yang bertujuan menjadi Global Digital Hub telah terbukti menjadi Pemenang Penghargaan The Best Data Center dalam Selular Award 2021 yang akan membantu pengelolaan data perusahaan Kamu. Jadi tunggu apa lagi. Yuk, maksimalkan data Anda dengan neuCentrIX.

Apakah informasi ini membantu?

Related Article