Peran IoT dalam Industri Ritel

26 Agustus 2022

Peran IoT dalam Industri Ritel

Pertumbuhan teknologi saat ini dapat memecahkan blok antara merek, barang, dan pelanggan. Hal ini dapat terjadi melalui Internet of Things (IoT), yang terus memiliki nilai tinggi di sektor ritel.

Pada artikel ini, kita akan membahas kasus penggunaan IoT di sektor ritel dan manfaatnya. Tapi pertama-tama, mari kita pahami cara kerja IoT di sektor ritel.

Cara Kerja IoT di Industri Ritel

Hari ini dan di masa depan, Anda harus mengharapkan IoT menjadi salah satu aspek terbesar yang menentukan kesuksesan banyak bisnis. Cara teknologi menghubungkan sektor ritel menjadikannya fitur utama.

Tidak setiap perusahaan ritel akan mendapatkan aplikasi IoT yang diperlukan untuk menyelesaikan masalah bisnis mereka. Namun, perusahaan penyedia layanan IoT dapat memberikan solusi fantastis untuk membantu bisnis mendapatkan banyak laba atas investasi (ROI). Solusi ini juga akan membantu banyak organisasi ritel memecahkan masalah yang terkait dengan layanan pelanggan.

Kasus Penggunaan IoT di Industri Ritel

Pada tahun 2025, perkirakan ukuran pasar IoT dunia di industri ritel akan mencapai $35.5 miliar pada tahun 2025. Itu karena kemajuan teknologi mendorong pengecer untuk berinvestasi lebih banyak di IoT. Berikut adalah kasus penggunaan IoT yang akan Anda dapatkan di sektor ritel.

1. Penempatan Produk

Saat merencanakan di mana harus memasang taruhan pada penjualan, pengecer perlu mengetahui tempat-tempat dengan sebagian besar pembeli. Di sini, penjual dapat menempatkan sensor kamera untuk mengetahui berapa banyak orang yang masuk dan keluar dari toko.

2. Keamanan

Anda dapat menggunakan perangkat seperti kamera dan sensor CCTV untuk membantu toko dalam menjaga keamanan dan integritas toko. Berinvestasi di dalamnya membantu mengetahui seberapa dapat dipercaya karyawan dan pembeli Anda.

3. Kebersihan

Sebagian besar penjual harus mengetahui area yang membuat banyak orang dan kemacetan. Ini membantu merencanakan bagian-bagian yang mendapatkan prioritas utama selama desinfeksi. Perangkat IoT seperti sensor akan memberikan dorongan besar di toko ritel.

4. Perawatan Peralatan

Di toko Anda, Anda mungkin memiliki peralatan yang tidak berfungsi dan menghancurkan beberapa produk Anda. Anda dapat menggunakan sensor untuk menguji dan mengetahui apakah mesin Anda dalam keadaan baik atau tidak. Jadi, ini membantu Anda menyervis mesin Anda tepat waktu dan memungkinkannya bertahan lama.

5. Pemantauan Rantai Dingin

Penggunaannya paling baik untuk pengecer yang menjual bahan makanan. Anda dapat menggunakan sensor suhu pada kontainer pengiriman untuk mengetahui suhu real-time barang Anda.

6. Restock Persediaan

Keduanya menggunakan pengecer fit yang menggunakan rak pintar. IoT memberi penjual Identifikasi Frekuensi Radio (RFID) untuk melacak inventaris barang. Misalnya, jika pembeli mengambil sebungkus garam dari rak, karyawan akan diberi tahu tentang satu item lebih sedikit di rak. Ini membantu untuk mengetahui jumlah dan jenis barang yang akan diisi ulang.

7. Robot

Robot di sektor IoT membantu membebaskan banyak peran dari karyawan manusia. Jadi, orang dapat fokus pada tugas-tugas lain untuk membuat toko Anda berkinerja baik.

8. Label Harga

Di sini, IoT memungkinkan penjual untuk menggunakan label harga digital. Ini menghemat lebih banyak sumber daya yang akan Anda gunakan untuk mencetak tag setiap kali Anda mengubah harga.

9. Pelacakan Keranjang

Sebagai pengecer, Anda dapat melacak menggunakan gerobak yang ada dengan sensor gerak dan perangkat lunak pelacakan aset. Ini menunjukkan lokasi real-time dan tepat dari gerobak dan barang Anda, terutama selama pengiriman.

Manfaat IoT dalam Industri Ritel

Di bawah ini adalah manfaat yang dibawa IoT ke industri ritel. Mereka akan membuat Anda menerapkan IoT dalam bisnis ritel Anda hari ini.

● Pengalaman Pelanggan yang Ditingkatkan

Perangkat IoT membantu Anda mengetahui di mana Anda dapat meningkatkan dalam penyediaan pasokan dan layanan. Kamera dan sensor membuat karyawan Anda tahu bahwa Anda sedang memantau mereka. Jadi, mereka akan membuat pilihan luar biasa di tempat kerja.

● Mengoptimalkan Aktivitas Rantai Pasokan

Sebagai supervisor, IoT membantu Anda mengetahui barang-barang terlaris Anda di berbagai toko. Selain itu, Anda akan mengetahui cara terbaik untuk meningkatkan kinerja rantai pasokan Anda menggunakan perangkat IoT.

● Menghadirkan Pengalaman Kreatif Online dan Di Dalam Toko

Toko ritel Anda akan mendapatkan keuntungan dari layanan digital seperti merek dan toko fisik pada saat yang bersamaan. Ini menciptakan pengalaman yang luar biasa bagi pelanggan, karyawan, dan Anda sebagai pemiliknya.

● Mempromosikan Manajemen Toko yang Tepat

Melalui IoT, Anda dapat mengetahui jumlah pasti saham Anda dan tahu kapan harus melakukan restock. Anda akan mengurangi risiko kesalahan dan biaya tambahan untuk membeli barang.

● Mengurangi Tenaga Kerja di Toko

Teknologi ini memungkinkan karyawan Anda memiliki lebih sedikit pekerjaan dan fokus pada peran lain. Ini melalui perangkat fantastis seperti robot dan sensor.

Saat ini, banyak pengecer fokus untuk berinvestasi lebih banyak di IoT untuk meningkatkan kinerja toko mereka. Mereka mencari bantuan dari penyedia layanan IoT untuk melihat bisnis mereka berkembang. Harapkan perusahaan penyedia layanan IoT akan meningkat di tahun-tahun mendatang. IoT memberikan banyak solusi untuk masalah yang Anda hadapi. Beberapa di antaranya termasuk meningkatkan pengalaman pelanggan, mengurangi kerugian, dan manajemen yang tepat.


Apakah informasi ini membantu?

Artikel Populer

15 April 2022
Apakah Cloud Lebih Aman dan Lebih Aman?

Read More...