Peran neuCloud dalam Pertumbuhan UMKM di Indonesia

14 Juni 2022

Peran neuCloud dalam Pertumbuhan UMKM di Indonesia

Cloud & Data Center Cloud 

Banyak bisnis yang terkena dampak parah dari pandemi. Namun, seiring dengan berjalannya dunia secara bertahap menuju pemulihan, tampaknya tahun 2022 akan menjadi tahun yang jauh lebih baik bagi kita semua, khususnya UMKM.

Laporan Future of Commerce oleh Shopify menyoroti tren bisnis 2022 yang harus diwaspadai UMKM. Tren termasuk berfokus pada perdagangan online dan menawarkan pengalaman pelanggan digital. Mayoritas pemilik UMKM di Indonesia tampaknya setuju dengan tren tersebut. Menurut Sandiaga Uno, hingga September 2021, 11 juta UMKM di Indonesia sudah go digital. Apakah Anda salah satunya?


Berbagai Jenis Layanan Cloud untuk UMKM

Gerakan digitalisasi UMKM masif ini didorong oleh berbagai teknologi; komputasi awan adalah salah satu yang paling penting. Dengan segala manfaat yang ditawarkannya, cloud computing telah menjadi alat yang bermanfaat yang memudahkan "go digital" bagi UMKM di Indonesia.

Ada berbagai jenis layanan cloud; masing-masing dari mereka dapat mendukung UMKM dengan cara yang berbeda. Software-as-a-Service (SaaS) menghadirkan aplikasi berbasis cloud melalui internet. Sebagian besar aplikasi SaaS berjalan langsung melalui browser web Anda, jadi tidak diperlukan unduhan atau instalasi. Platform-as-a-Service (PaaS) memberikan kerangka kerja bagi pengembang untuk membangun dan menggunakannya untuk membangun aplikasi berbasis cloud. Semua server, penyimpanan, dan jaringan disediakan oleh penyedia layanan Anda. Sementara itu, Infrastructure-as-a-Service (IaaS) menghadirkan infrastruktur komputasi awan, termasuk server, jaringan, sistem operasi, dan penyimpanan, melalui teknologi virtualisasi—seperti halnya "pusat data virtual".


neuCloud, penyedia layanan cloud Telkom Indonesia, siap mendukung UMKM di Indonesia dengan kemampuan IaaS kami. Untuk memenuhi kebutuhan spesifik Anda, neuCloud menawarkan tiga produk berbeda yang dapat Anda pilih. 

1. neuCloud dediCa

Ini adalah layanan komputasi awan pribadi yang cocok untuk UMKM yang lebih besar dan lebih mapan.. Dengan produk ini, Anda mendapatkan perangkat keras dan perangkat lunak khusus Anda sendiri tanpa membagikannya dengan pengguna lain. Ini menawarkan dua manfaat utama: kontrol penuh dan keamanan. 


2. neuCloud elastiCa

Ini juga merupakan layanan komputasi awan pribadi tetapi, tidak seperti dediCa, bergantung pada sumber daya bersama. Ini berarti Anda berbagi sumber daya yang sama (ruang, bandwidth, dll.) dengan pengguna lain. Ini menawarkan dua manfaat utama: fleksibilitas dan keterjangkauan, dan sangat bagus untuk UMKM yang lebih kecil atau mereka yang baru saja memulai.


3. neuCloud multiCa

Produk ini memungkinkan Anda untuk mengatur beberapa layanan cloud, pribadi dan publik (dari penyedia cloud seperti AWS, Google Cloud, dll.), Berdasarkan kebutuhan dan preferensi Anda. Ini menawarkan dua manfaat utama: kenyamanan dan keterjangkauan, sehingga paling cocok untuk UMKM yang berkembang pesat dengan lalu lintas yang terus meningkat.


Lima Cara neuCloud sebagai IaaS Bantu UMKM

Untuk UMKM, neuCloud menawarkan opsi teknologi yang lebih cerdas dan ramping yang mengurangi biaya dan meningkatkan produktivitas. Ada lima cara neuCloud membantu Anda memastikan pertumbuhan dan kesuksesan Anda.


Penghematan Biaya

neuCloud menjamin infrastruktur yang terjangkau, dan Anda hanya membayar untuk apa yang Anda gunakan. Anda tidak perlu membayar biaya untuk manfaat yang tidak Anda gunakan atau kapasitas yang tidak Anda butuhkan. Terlebih lagi, Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk pemeliharaan perangkat keras dan peralatan.


Skalabilitas dan Fleksibilitas 

Dengan neuCloud, Anda dapat meningkatkan dan menurunkan skala tergantung pada kebutuhan Anda. Fleksibilitas ini memungkinkan Anda untuk menanggapi perubahan permintaan atau peluang, termasuk saat Anda mengembangkan ukuran bisnis atau menjalankan inisiatif baru.


Waktu Pemasaran Lebih Cepat

Persaingan bisnis terus-menerus menjadi lebih ketat, dan pemasaran adalah salah satu cara terbaik untuk menjadi yang teratas. Dengan skalabilitas yang ditawarkan neuCloud, Anda dapat memasarkan diri Anda lebih cepat ke pelanggan potensial mana pun.


Keandalan dan Ketersediaan

Dengan langkah-langkah redundansi yang diterapkan oleh neuCloud, infrastruktur Anda tidak akan terpengaruh oleh situasi yang tidak terduga, seperti kegagalan peralatan atau bencana, memastikan konikuiditas bisnis Anda. Anda juga dapat mengaksesnya di mana pun Anda berada selama Anda memiliki jaringan.


Fokus pada Pertumbuhan Bisnis

Dengan neuCloud, Anda dapat menghabiskan lebih banyak waktu untuk mengembangkan bisnis Anda daripada membuat keputusan TI yang lebih kecil. Dengan lebih banyak waktu dan sumber daya, Anda dapat fokus pada pengembangan aplikasi dan solusi Anda.


Bagaimana denganmu? Bagaimana neuCloud dapat mendukung bisnis Anda? Cari tahu lebih lanjut tentang neuCloud https://mycarrier.telkom.co.id/cloud-data-center/cloud/neucloud-special-section!


Apakah informasi ini membantu?

Let’s find out more
about ‘Article headline’!

Artikel Terkait

29 Juni 2022
Mengoptimalkan Cloud Experience untuk pelanggan Anda
Cloud & Data CenterCloud

Pengalaman pengguna pelanggan cloud menjadi salah satu faktor penting yang meningkatkan persaingan di antara penyedia layanan cloud. Setiap bisnis harus memahami kebutuhan pengguna akhirnya agar mereka berhasil.

Read More...

Artikel Populer

15 April 2022
Apakah Cloud Lebih Aman dan Lebih Aman?

Read More...