Peran Security Cyber dalam Bisnis Anda

28 Desember 2022

Peran Security Cyber dalam Bisnis Anda

Peran Security Cyber dalam Bisnis Anda

Apakah perusahaan Anda pernah mengalami serangan cyber? Tentu hal tersebut membuat Anda cemas. Oleh sebab itu Anda perlu memahami peran security cyber dalam bisnis Anda.

Dengan berkembangnya teknologi, kejahatan pun juga merambah di dunia cyber. Hal ini dapat dilihat dengan ancaman cyber yang semakin bertambah akibat teknologi yang kian canggih dan maju membuat ancaman semakin mudah dilakukan.

Menurut data Kaspersky, sebuah perusahaan keamanan cyber ternama, pada tahun 2022 terdapat lebih dari 11 juta percobaan serangan cyber yang terjadi. Hal ini disebabkan banyaknya masyarakat yang menggunakan di internet dengan tidak cermat. Salah satu ancaman cyber yang sedang marak terjadi belakang ini adalah melalui email atau pesan teks lainnya yang memberikan link untuk diklik; tindakan ini disebut dengan phishing.

Gambaran Peran Security Cyber

Serangan cyber tentunya berbahaya bagi keamanan data perusahaan. Namun Anda tidak perlu khawatir, terlebih jika Anda melakukan antisipasi dengan menggunakan cyber security. Cyber security adalah sebuah tindakan yang dilakukan untuk melindungi sistem jaringan dari serangan dan akses ilegal, terlebih dalam koneksi melalui internet.

Dapat dianalogikan konsep dari cyber security sama seperti CIA yang mengacu pada penerapan dalam memastikan kerahasiaan (Confidentiality), integritas (Integrity), dan ketersediaan (Availability) sistem atau informasi. Penerapan konsep CIA inilah gambaran sederhana dari peran security cyber.

Perwujudan Peran Security Cyber dalam Menjaga Data pada Bisnis Anda

Umumnya upaya penerapan peran cyber security dikenal dengan tiga jenis, yakni cloud security, network security, dan information security. Berikut penjelasannya!

  • Cloud security merupakan perwujudan peran security cyber dalam melindungi data diri atau perusahaan yang tersimpan di cloud. Bentuk ancaman cloud security yang banyak ditemui adalah penyalahgunaan serta pencurian data, dan pembajakan traffic. Oleh sebab itu peran sebagai cloud security memastikan keamanan data, yang biasanya bisa dilakukan dengan menggunakan firewall, VPN hingga enkripsi data.
  • Network Security merupakan perwujudan peran security cyber dalam melindungi jaringan internal dengan meningkatkan sistem keamanan network atau jaringan. Keamanan jaringan tentunya sangat penting dilakukan mengingat tingginya traffic per[utaran data yang terjadi setiap hari melalui jaringan internal. Peran network security juga berguna untuk melindungi aset perusahaan Anda dari ancaman cyber crime dengan menggunakan antivirus dan firewall, atau menggunakan two factor authentication.
  • Information Security merupakan perwujudan peran security cyber dalam melindungi informasi data pribadi dengan mencegah akses ilegal, penggunaan atau modifikasi, serta penghancuran informasi yang tidak sah. Umumnya ancaman ini banyak dijumpai bagi pengguna mobile banking atau aplikasi yang membutuhkan data diri untuk mengaksesnya. Maka bentuk pencegahannya adalah dengan autentikasi, logging, dan enkripsi data.

Jadi, apakah Anda sudah memahami peran security cyber dalam bisnis Anda? Anda tentu membutuhkan layanan yang pemasangan security cyber yang tepat dengan kebutuhan Anda, maka konsultasikan kebutuhan Anda dengan Telkom DWS!

Apakah informasi ini membantu?

Artikel Populer

Mengelola Big Data dengan Telkom Big Box
29 Desember 2021

Mengelola Big Data dengan Telkom Big Box

Read More...