Persiapan Manajemen Risiko untuk 2022

5 Januari 2022

Persiapan Manajemen Risiko untuk 2022

'Apa pun yang bisa salah akan salah.'

Hukum Murphy yang terkenal tampaknya berlaku untuk banyak kesempatan, dari antrian lain yang bergerak lebih cepat (tidak peduli berapa kali Anda berubah) hingga kesalahan ketik yang menjadi terlihat hanya setelah email dikirim. Apakah itu takhayul belaka atau aforisme, cara berpikir pesimis seperti itu sebenarnya dapat berguna untuk pengembangan bisnis Anda. Dalam manajemen risiko, penting untuk memikirkan hal-hal yang bisa salah sehingga Anda dapat mencegahnya terjadi di tempat pertama. Begitu kita memasuki 2022, manajemen risiko lebih penting dari sebelumnya.


Manajemen Risiko untuk 2022: Apa yang harus dilakukan?

Menurut Tech Target, manajemen risiko harus mencakup kesalahan manajemen strategis, kewajiban hukum, kesalahan manusia, bencana alam, dan ancaman digital. Jika Anda seorang pemimpin, manajer, atau pemilik bisnis, Anda harus terbiasa dengan risiko ini. Tetapi jenis risiko ini adalah kategori umum. Untuk mempersiapkan 2022, para pemimpin institusi harus mengelola risiko spesifik yang mungkin muncul pada tahun itu. Carley Taslov dari Schneider Downs telah menyusun 12 risiko teratas yang akan dihadapi organisasi pada tahun 2022. Dalam artikel tersebut, cybersecurity, manajemen bakat, dan tata kelola organisasi adalah tiga aspek risiko teratas yang harus dipersiapkan oleh perusahaan.


Dalam manajemen risiko, ada langkah-langkah penting yang harus diambil dewan. Target Teknologi merangkum langkah-langkah ini sebagai berikut: (1) Menetapkan konteks ancaman potensial, (2) Mengidentifikasi dan mendefinisikan risiko, (3) Menganalisis risiko, (4) Mengevaluasi risiko (sesuai dengan selera risiko perusahaan), (5) Mengurangi risiko, (6) Memantau risiko, dan (7) Mengkomunikasikan risiko dengan pemangku kepentingan. Dalam setiap langkah manajemen risiko, dewan perusahaan perlu membuat keputusan yang tepat. Dan untuk membantu proses pengambilan keputusan ini, tidak ada yang lebih berguna daripada data.


Pentingnya Data dalam Manajemen Risiko untuk 2022

Data memegang peran penting untuk memberikan wawasan kepada para pemimpin tentang ancaman apa yang mengintai dan tindakan apa yang mungkin dapat diambil. Berikut adalah beberapa alasan mengapa data penting untuk manajemen risiko 2022 Anda.


1. Black swan events 

Roger Stewart dari IOA mencatat pentingnya mempertimbangkan peristiwa angsa hitam ketika mengelola risiko. Sederhananya, peristiwa angsa hitam adalah insiden tidak teratur dan tak terduga yang secara signifikan dapat mengganggu operasi bisnis karena konsekuensi besar yang mengikuti mereka. Peristiwa seperti wabah Covid-19, misalnya, adalah contoh dari ini. Bisnis harus mempertimbangkan kemungkinan ini ketika merencanakan manajemen risiko pada tahun 2022, karena insiden yang tidak diketahui dapat terjadi kapan saja. Di sini, data dapat berfungsi sebagai pedoman di tengah kekacauan.

 

2. Meningkatnya jumlah ancaman

Cybersecurity adalah masalah yang menjadi lebih penting, terutama ketika lalu lintas online meningkat. Bahkan, seperti disebutkan di atas, cybersecurity tercatat sebagai prioritas utama yang harus diperhatikan oleh bisnis untuk manajemen risiko pada tahun 2022. Proses manajemen data, terutama analitik data besar, dapat menjadi alat yang hebat bagi institusi untuk memperkuat protokol keamanan mereka. Platform seperti MSIGHT menyediakan bisnis dengan wawasan pelanggan yang dapat digunakan untuk meningkatkan langkah-langkah keamanan.


3. Katalog wawasan

Last but not least, data dapat dikompilasi sebagai katalog wawasan tentang batasan dan kesalahan. Data dapat memberikan informasi tentang batasan yang membatasi operasi Anda. Pada saat yang sama, informasi tentang batasan ini juga memberi Anda wawasan tentang apa yang mampu dilakukan organisasi Anda. Selain itu, data juga dapat memberi Anda informasi tentang kesalahan masa lalu – tidak hanya yang dibuat oleh bisnis Anda, tetapi juga yang dibuat oleh pesaing Anda. Dengan belajar dari kesalahan masa lalu yang disajikan dalam bentuk data, mungkin ada manajemen risiko yang lebih efektif.


Manajemen Risiko Dipermudah

Kami memahami bahwa manajemen risiko untuk 2022 bisa sangat luar biasa. Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan, dan kadang-kadang bisa membingungkan. Dan mendapatkan wawasan untuk manajemen risiko tidak selalu mudah. Untungnya, alat hebat seperti MSIGHT Telkomsel dapat membantu Anda mengumpulkan data sehingga Anda dapat mengelola risiko dengan lebih baik. Dalam manajemen risiko, wawasan dari pelanggan adalah aspek yang penting namun sering diabaikan. MSIGHT Telkomsel menghadirkan Katalog Big Data API yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan Anda, memberikan wawasan yang dapat digunakan untuk mengelola risiko secara lebih efektif dan lebih akurat.


Apakah informasi ini membantu?

Artikel Terkait

16 Februari 2022
Alat Kolaborasi yang Harus Dimiliki di 2022

Selama dekade terakhir, kita telah menyaksikan evolusi tempat kerja. Sistem hierarkis menjadi usang. Kantor kreatif telah berkembang di mana-mana di seluruh dunia.

Read More...

Artikel Populer

15 April 2022
Apakah Cloud Lebih Aman dan Lebih Aman?

Read More...