Prospek Cloud Gaming Di Masa Lalu, Saat Ini, dan Masa Depan

28 Desember 2021

Prospek Cloud Gaming Di Masa Lalu, Saat Ini, dan Masa Depan

Bermain game AAA yang dirilis dalam 5 tahun terakhir pada perangkat anggaran rendah mungkin terdengar tidak masuk akal, tetapi bagaimana jika kami memberi tahu Anda bahwa itu benar-benar mungkin? Penemuan yang relatif baru "Cloud Gaming" ada di sini, dan itu akan mengubah cara kita bermain. Dengan cloud gaming, gamer tidak perlu membeli perangkat keras mewah dan mutakhir dengan CPU super cepat dan GPU terbaru untuk mengalami game premium. Yang mereka butuhkan hanyalah perangkat dengan koneksi internet yang layak, dan cloud akan melakukan sisanya untuk mereka.


Apa itu Cloud Gaming?

Seperti namanya, cloud gaming adalah game dengan teknologi cloud. Pada dasarnya, seorang pemain mengontrol mesin dari jarak jauh melalui perangkat yang terhubung ke internet. Mesin kemudian memainkan permainan untuk orang tersebut, dan kemudian permainan itu sendiri disiarkan dalam bentuk video untuk pemain untuk streaming. Ini seperti streaming Let's Plays di YouTube, tetapi alih-alih menonton orang bermain game, Anda menjadi pemain sendiri. Inilah sebabnya mengapa cloud gaming tidak mengharuskan Anda untuk memiliki PC atau laptop gaming kelas atas.


Meskipun cloud gaming masih merupakan teknologi yang sedang berkembang, idenya mungkin jauh lebih tua dari yang Anda kira. Cloud gaming telah bersama kami sejak akhir 2000-an. Salah satu pelopor pertama dalam memberikan layanan cloud gaming adalah OnLive, yang diluncurkan pada pertengahan 2010. Sayangnya, teknologi pada saat itu tidak mampu mendukung layanan, menciptakan kelambatan input. Perusahaan juga mengalami masalah internal, dan Sony membeli OnLive pada tahun 2015 sebelum menutupnya hanya beberapa minggu setelah akuisisi.


Keadaan Cloud Gaming saat ini

Namun, dengan perkembangan teknologi dan konektivitas internet, layanan cloud gaming menjadi semakin tersedia, terutama di bagian dunia di mana bandwidth tidak banyak menjadi masalah. Sejak itu, kereta musik layanan cloud gaming memulai perjalanannya. Pada bulan Oktober 2015, GeForce Now meluncurkan versi beta-nya. Layanan cloud gaming dimulai di Indonesia pada tahun 2017. Google Stadia dan Xbox Cloud Gaming menyusul pada tahun 2019. GeForce Now kemudian mulai go public pada tahun 2020.


Namun, terlepas dari kemajuan teknologi dan meningkatnya jumlah layanan cloud gaming, masih ada beberapa masalah yang dialami gamer cloud pada tahun 2021. Yang pertama, masalah klasik adalah latensi. Kedua, meskipun relay audio tidak banyak masalah, kualitas video mungkin hanya terbatas pada 360p hingga 720p, yang bisa merepotkan untuk game FPS / TPS. Selain itu, cloud gaming membutuhkan koneksi internet yang stabil dan cepat mulai dari setidaknya 10-50 Mbps. Banyak bagian dunia belum memiliki hak istimewa ini.


Prospek Masa Depan Cloud Gaming

Saat ini, pengalaman terbaik dari cloud gaming hanya dapat berlaku untuk game single-player, story-mode. Beberapa pengulas yang menguji cloud gaming untuk game kompetitif melaporkan penurunan dalam FPS dan kualitas gambar. Namun, ini bisa berubah sangat cepat. Dengan 5G yang dikembangkan di banyak bagian dunia, itu akan datang dengan kecepatan internet yang jauh lebih baik secara keseluruhan mulai dari 100 Mbps hingga 20 Gbps. Ketika infrastruktur 5G dapat mendukung semua orang di mana saja, masalah saat ini yang kita miliki dengan cloud gaming tidak akan ada lagi.


Sedangkan untuk prospek bisnis, masa depan cloud gaming cerah. Di Indonesia, popularitas video game telah menurun secara signifikan selama dekade terakhir. Di antara 200 pengguna smartphone di Indonesia, 50 juta memainkan Mobile Legends pada 2018, sementara 100 juta aktif bermain PUBG Mobile pada Mei 2021. Angka-angka menunjukkan bahwa antusiasme Indonesia untuk bermain game tinggi. Sayangnya, tidak banyak gamer Indonesia yang memiliki hardware high-end. Cloud gaming, bagaimanapun, dapat menjembatani kesenjangan dan memungkinkan pemain Indonesia untuk mendapatkan pengalaman bermain game baru berbasis cloud.


Apakah informasi ini membantu?

Artikel Terkait

Invalid date
Cara Memasukkan Cloud Gaming ke dalam Sistem Pembelajaran
Cloud & Data CenterCloud

Sektor game terus berkembang setiap hari, dan itu akan segera menjadi salah satu cara terbaik untuk mendidik orang.

Read More...

Artikel Populer

15 April 2022
Apakah Cloud Lebih Aman dan Lebih Aman?

Read More...