Protokol Kebakaran & Keselamatan untuk Pusat Data

27 Desember 2021

Protokol Kebakaran & Keselamatan untuk Pusat Data

Cloud & Data Center neuCentrIX DC 

Pada artikel sebelumnya, kami telah membahas lima hal yang perlu dipertimbangkan ketika memilih pusat data https://mycarrier.telkom.co.id/article/5-hal-yang-perlu-dipertimbangkan-saat-memilih-data-center. Salah satu faktor yang paling diabaikan dalam memilih pusat data adalah protokol kebakaran &keselamatan. Insiden kebakaran baru-baru ini yang terjadi di salah satu fasilitas pusat data terbesar di Jakarta mempengaruhi sejumlah perusahaan mapan, termasuk pasar online, penyedia hosting, penerbit game, dan beberapa perusahaan fintech. Ini memberikan pelajaran tentang pentingnya protokol kebakaran dan keselamatan. Dengan musim liburan yang semakin dekat, manajer pusat data harus memikirkan protokol kebakaran dan keselamatan yang memadai untuk mencegah kemalangan yang tidak diinginkan.


Apa saja contoh yang baik dari protokol kebakaran &keselamatan yang sangat baik untuk pusat data? Sederhananya, protokol ini harus memungkinkan Anda untuk memadamkan api secepat mungkin sehingga api tidak menyebar ke aset lain atau ruangan lain, apalagi bangunan lain. Dengan kata lain, protokol ini harus memungkinkan Anda untuk memprioritaskan keselamatan karyawan dan aset di pusat data. Jika Anda belum membuat rencana untuk protokol kebakaran dan keselamatan di pusat data Anda, berikut adalah beberapa faktor yang dapat Anda pertimbangkan untuk mencegah bahaya kebakaran.


  • Sistem Pencegah Kebakaran

Tidak ada protokol kebakaran dan keselamatan yang lengkap tanpa pemasangan sistem pencegah kebakaran. Pusat data memerlukan peralatan khusus yang melampaui kecukupan yang umum. Sprinkler, misalnya, harus menjadi sprinkler tipe kering yang menggunakan air, karena air yang bocor dapat merusak peralatan TI. Beberapa juga akan memilih sistem pencegah kebakaran agen bersih berbasis gas. Beberapa sistem ini bahkan ramah lingkungan dan tidak beracun, sehingga aman tidak hanya untuk karyawan tetapi juga lingkungan.


  • Konstruksi Bangunan Tahan Api

Selain memasang peralatan pemadaman api, pembangunan gedung data center juga harus direncanakan untuk menekan penyebaran api. Menurut Vanguard-fire.com, konstruksi bangunan harus melindungi struktur dan orang-orang di tiga tingkat: bangunan, ruangan, dan rak. Bahan tahan api juga harus digunakan dalam bukaan sehingga saluran asap dan penyebaran api dapat terhambat. Penggunaan bahan yang tidak dapat dikombinkan pada tingkat bangunan juga dapat menghasilkan firewall literal yang membuatnya lebih lama untuk api menyebar.


  • Inspeksi Bahaya Reguler

Pastikan Anda memeriksa peralatan dan sistem penekan api Secara teratur. Anda harus memeriksa lemak dan karat, yang dapat menurunkan efisiensi peralatan penekan api Anda. Anda juga harus memeriksa apakah alat pemadam kebakaran Anda dapat diisi ulang atau sekali pakai. Bahan kimia dalam alat pemadam sekali pakai akan kedaluwarsa dalam rentang waktu 12 tahun, dan alat pemadam harus dibuang dengan cara yang aman jika kedaluwarsa, karena bahan kimia dapat menyebabkan ledakan. Kepala sprinkler api juga perlu dibersihkan secara teratur. Jika tidak, sprinkler dapat mengalami kerusakan.


  • Instalasi Sakelar Darurat

Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk memasang sakelar darurat untuk skenario kebakaran. Saklar darurat dapat membantu Anda dalam banyak hal jika terjadi kebakaran. Misalnya, Anda dapat memasang sakelar yang mematikan semua peralatan dan perangkat listrik ketika kebakaran terjadi, yang secara signifikan dapat menunda penyebaran api dengan korsleting. Anda juga dapat mengatur sakelar darurat untuk menunda sistem pencegah kebakaran jika terjadi alarm palsu. Kasus kebakaran juga dapat melibatkan banyak asap, sehingga saklar darurat juga dapat dihubungkan ke lampu strobo yang dapat membantu karyawan mengevakuasi dengan mudah dalam jarak pandang rendah.


Meskipun sering diabaikan, protokol kebakaran & keselamatan harus diingat ketika menjaga pusat data. Insiden kebakaran tidak hanya menyebabkan downtime dalam jumlah panjang (yang menyebabkan kerugian yang signifikan), tetapi juga membahayakan keselamatan karyawan yang bekerja di pusat data. Dengan banyak perangkat listrik dan manajemen daya di pusat data, lingkungan dapat membangun panas dan arus, yang meningkatkan risiko kebakaran.


Dalam mewujudkan komitmen untuk memberikan layanan terbaik dan menjaga budaya keselamatan, semua fasilitas pusat data NeuCentrIX dirancang khusus untuk keandalan dan ketersediaan yang tinggi dan, oleh karena itu, dilengkapi dengan protokol dan kebijakan manajemen risiko menyeluruh untuk mematuhi rencana mitigasi. Selain itu, beberapa pusat data NeuCentrIX telah menerima Sertifikasi Desain ANSI / TIA-942 Tier 3 dari Asosiasi Industri Telekomunikasi (TIA), yang berarti pusat data kami menerapkan perlindungan kebakaran standar dan peralatan deteksi yang mencakup berbagai rincian termasuk sistem perlindungan kebakaran otomatis, sistem deteksi otomatis, dan alat pemadam portabel dan saluran selang.

Apakah informasi ini membantu?

Let’s find out more
about Cloud & Data Center Article!

Artikel Terkait

29 November 2021
Testimonial: Apa yang dikatakan klien kami tentang Pusat Data NeuCentrIX

Di dunia di mana data adalah segalanya, perusahaan modern bergantung pada solusi TI untuk mengelola data mereka sendiri dengan aman dan mudah.

Read More...
Invalid date
5 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Saat Memilih Data Center
Cloud & Data CenterneuCentrIX DC

Di dunia di mana data mendorong segala sesuatu dan interaksi sebagian besar terjadi secara online, lembaga telah beralih ke pusat data untuk mengelola operasi mereka. Perusahaan berbasis data biasanya memiliki lebih banyak wawasan dan membuat keputusan yang lebih baik.

Read More...

Artikel Populer

15 April 2022
Apakah Cloud Lebih Aman dan Lebih Aman?

Read More...